uefau17.com

4 Fakta Jokowi dan Presiden UEA Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo - News

, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Senin (14/11/2022) pagi. Dalam peresmian tersebut juga dilakukan penanaman pohon sala sebagai simbol persahabatan antar kedua negara. 

Jokowi dan Presiden UEA sempat menyapa masyarakat yang begitu antusias berkumpul di depan masjid saat tiba pada pukul 07.20 WIB. Keduannya tersenyum sambil melambaikan tangan.

Jokowi tak sendiri, tampak turut mendampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Menteri BUMN Erick Thohir, dan sejumlah pejabat lainnya. Sementara, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambutnya saat tiba di halaman masjid.

Untuk diketahui, Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan hadiah untuk Jokowi dari Presiden UEA MBZ usai melakukan lawatan kerja ke Indonesia pada tahun 2019.

Momen diresmikannya Masjid Sheikh Al Zayed, sempat disampaikan putra pertama Presiden Jokowi, Gibran lewat akun akun Twitter @gibran_tweet. 

"Masjid Raya Syeikh Zayed akan menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia," kata putra pertama Jokowi itu. 

Sedikit mengintip keistimewaan yang dimiliki bangunan masjid yang didominasi oleh warna putih tersebut. Pertama, menjadi simbol persahabatan antar kedua negara, simbol moderasi beragama, dan akan berfungsi sebagai pusat kegiatan dakwah serta destinasi wisata religi baru di Kota Solo. 

Sementara, dari segi arsitektur, bangunan masjid memiliki empat menara dengan tinggi masing-masing sekitar 160 meter. Diisi oleh 82 kubah yang terbuat dari marmer putih, sedangkan untuk kubah terbesar berada di ruang salat utama.

Ada pun gaya arsitektur Masjid Raya Sheikh Zayed mengadopsi unsur Maroko, Andalusia, dan Mameluke.  Lantas, berapa jumlah jemaah yang bisa ditampung dalam masjid yang merupakan hadiah untuk Jokowi tersebut? 

Berikut sedert fakta seputar diresmikannya Masjid Raya Sheikh Zayed oleh Presiden Jokowi dan UEA sebagai simbol persahabatan antar kedua negara: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Jokowi Sambut Presiden UAE di Bandara Adi Soemarmo

Sebelum diresmikan, Presiden Jokowi menyambut langsung Presiden Uni Emirat Arab (UAE) Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan (MBZ) di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022).

Mohammed Bin Zayed menginjakkan kakinya di Jawa Tengah setelah turun dari pesawat kepresidenan UAE dan disambut langsung oleh Presiden Jokowi di bawah tangga pesawat, sebagaimana dipantau dari siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi, yang mengenakan batik coklat dan peci hitam, bersama Mohammed Bin Zayed saling menyapa dengan mencium pipi kanan dan kiri. Jokowi kemudian memperkenalkan para pejabat yang mendampinginya kepada Mohammed, yakni Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Mohammed terlihat berbincang dengan Gibran untuk beberapa saat. Presiden UAE itu juga disambut pasukan kehormatan Paspampres dan para petugas yang mengenakan pakaian adat khas berbagai daerah di Tanah Air.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Mohammed memasuki kendaraan VVIP yang sama dan meninggalkan bandara.

3 dari 5 halaman

2. Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Raya

Sebelum diresmikan, baik Jokowi dan MBZ melakukan salat sunnah terlebih dahulu. Setelah itu, keduanya melakukan penandatangan di sebuah prasasti.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa. Jokowi dan MBZ lalu menuju halaman masjid untuk melakukan penanaman pohon sala. Acara pun diakhiri dengan foto bersama.

Kantor Staf Presiden mengatakan bahwa anggaran dan desain dari masjid tersebut ditanggung oleh pemerintah UEA. Adapun desain Masjid ini nantinya akan menggambarkan persahabatan Indonesia-UEA.

Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo ini tampak sangat megah dan besar. Masjid ini didominasi oleh warna putih, dengan sedikit sentuhan warna emas.

4 dari 5 halaman

3. Bisa Menampung 10 Ribu Jemaah

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Adib, mengatakan bahwa Masjid Raya Sheikh Zayed ini merupakan miniatur dari Masjid Sheikh Zayed yang ada di Abu Dhabi, UEA.

Masjid hadiah untuk Presiden Jokowi tersebut dibangun di atas lahan seluas 3 hektare dengan kapasitas sekitar 10 ribu jemaah. 

"Ini adalah merupakan hibah atau hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab untuk Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo," kata Adib dikutip dari siaran pers, Senin (14/11/2022).

Menurut dia, masjid tersebut nantinya akan dikelola oleh Badan Pengelola Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang dibentuk oleh pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Agama.

5 dari 5 halaman

4. Jokowi Ajak MBZ Mampir ke Rumah Pribadinya di Solo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak Presiden Uni Emirate Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) untuk sarapan di rumah pribadinya yang ada di Solo, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022).

Momen ini terjadi usai Jokowi dan MBZ meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo pada Senin pagi tadi.

Berdasarkan foto dari Fotografer Pribadi Presiden, MBZ bergerak menuju kediaman pribadi Presiden Jokowi yang ada di kawasan Kampung Sumber Solo untuk makan pagi bersama. Dalam foto itu, tampak Jokowi didampingi putra sulungnya yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.  

Kemudian, ada putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep. Ada pula menantu Jokowi yang juga Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Mereka tampak mengenakan baju batik. Jokowi dan MBZ terlihat duduk di meja makan. Keduanya juga tampak berbincang bersama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat