uefau17.com

BRIN Anugerahkan Habibie Prize 2022 Kepada 4 Sosok Inovasi IPTEK dan Kebudayaan - News

 

, Jakarta - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menganugerahan Habibie Prize 2022 kepada empat orang yang dinilai memiliki pengaruh dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Tanah Air. Menurut Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, Habibie Prize bukan sekedar penghargaan melainkan memiliki misi penting dalam hal inovasi.

"Kita ucapkan apresiasi kepada bapak ibu dewan juri pemberian nilai yang sangat profesional dan kredibel melalui tujuh tahapan dan terpilihlah empat penerima pada tahun ini. Semoga penghargaan ini semakin memotivasi generasi yang akan datang,” kata Handoko saat penganugeragan seperti dikutip dari siaran daring Youtube Channel BRIN, Kamis (10/11/2022).

Handoko mengatakan, Habibie Prize sudah dilaksanakan sejak 1999, bekerja sama dengan Yayasan SDM-IPTEK. Penghargaan ini diyakini Handoko adalah cerminan dari sosok Habibie yang telah menjadi pendorong motivasi bagi generasi bangsa untuk terus berkontribusi dalam memajukan IPTEK.  

“Karya inovasi BJ Habibie menjadi pengingat dari generasi ke generasi, bahwa putra-putri Indonesia bisa sejajar dengan negara lain,” yakin Handoko.

Ia berharap, Habibi Prize akan terus diberikan kepada mereka yang memberikan kontribusi demi terciptanya ekosistem riset yang kondusif bagi perkembangan IPTEK dan inovasi di masyarakat. 

“Saya berpesan, para periset tentu kita harus mendekatkan diri dalam memberi literasi IPTEK yang lebih baik kepada masyarakat sesuai dengan kepakaran di bidang masing-masing,” Handoko menutup.

Sebagai informasi, Habibie Prize 2022 diberikan kepada mereka yang telah memberikan kontribusi pada empat bidang IPTEK dan Inovasi, yaitu Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi, Ilmu Dasar, Ilmu Rekayasa, dan Ilmu Filsafat, Agama, dan Kebudayaan.

Diketahui, para penerima Habibie Prize 2022 adalah mereka yang telah melewati berbagai penilaian aspek kapasitas, aspek pengelolaan karya, invensi dan atau inovasi, aspek jejaring dan kolaborasi, serta aspek dampak dalam memberikan manfaat yang luas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Empat Orang Penerima Penghargaan

Berikut Empat Orang yang Menerima Penghargaan Habibie Prize 2022: 

1. drg. Ika Dewi Ana, M. Kes, Ph.D., Departemen Ilmu Biomedika Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, yang bersangkutan menerima penghargaan di bidang Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi

2. Prof. Dr. Okky Karna Radjasa, M.Sc., Organisasi Riset Kebumian dan Maritim Badan Riset dan Inovasi Nasional, yang bersangkutan menerima penghargaan di bidang Ilmu Dasar

3. Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc., Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia, yang bersangkutan menerima penghargaan di bidang Ilmu Rekayasa

4. Naufan Noordyanto, S.Sn., M.Sn., Departemen Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital Institut Teknologi Sepuluh Nopember, yang bersangkutan menerima penghargaan di bidang Ilmu Filsafat, Agama, dan Kebudayaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat