uefau17.com

Tol Layang MBZ Arah Cikampek Masih Tetap Padat di Hari Kedua Lebaran - News

, Jakarta Hari kedua Lebaran, Tol Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek mengalami peningkatan volume kendaraan, Selasa (3/5/2022).

Dikutip dari akun Twitter @RadioElshinta, antrean kendaraan roda empat mulai mengular pada pukul 09.00 WIB. Sementara, arah Jabodetabek ramai lancar.

"Tol Jakarta - Cikampek padat, layang MBZ dan juga jalur bawahnya padat, mulai berlaku contraflow. Arah Jabodetabek ramai lancar," demikian informasi yang dilaporkan, Selasa.

Jalan Tol Layang Mohammed bin Zayed (MBZ) kembali dibuka arah Cikampek, sebelumnya diinformasikan pihak Jasa Marga akun resmi Twitter-nya.

"Lalu lintas Jalan Layang MBZ dari Cawang, Kalimalang, dan Jatiasih arah Cikampek DIBUKA NORMAL Kembali," cuit Jasa Marga, Sabtu, 30 April 2022.

Sehari sebelumnya, sempat diberlakukan buka tutup untuk menghindari kepadatan di Km 48 hingga pukul 02.00 WIB.

"Kondisi di lapangan pada dini hari ini sampai dengan pukul 02.00 WIB, masih didapatkan besarnya arus kendaraan dari jalan tol Jakarta menuju ke arah timur," Jelas Jasa Marga. 

Karena hal itu, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi meminta agar masyarakat tetap tertib dengan aturan yang dilakukan secara situasional tersebut.

Dan pada hari ini, Selasa, 5 Mei, Tol Layang MBZ kembali ditutup. Penutupan tersebut dilakukan karena kembali terjadi kepadatan yang dimulai pada pagi tadi, pukul 09.00 WIB. 

Berikut update situasi Tol Layang MBZ Arah Cikampek yang mulai padat di hari kedua Lebaran: 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tol Layang MBZ Padat di Hari Kedua Lebaran

Jalan tol layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek mengalami kepadatan di hari kedua libur lebaran 1443 Hijriah. Pukul 09.00 WIB, antrean kendaraan mulai mengular di jalan tersebut.

Kondisi tersebut diperkuat oleh informasi Jasa Marga yang menyampaikan bahwa tol Jakarta Cikampek Cikunir KM09 - KM 10 mengalami kepadatan volume kendaraan.

Sementara Cikarang Timur KM 39 - Karawang Timur KM 49 juga mengalami kondisi serupa.

"Kepadatan antrian di lajur masuk Contraflow KM 47 dan di lajur pertemuan jalur atas," info Jasa Marga.

Sebelumnya pada Senin (2/5), akses jalan tol layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek kembali dibuka. Akses jalan tol layang ini sempat ditutup pada pukul 14.37 WIB.

"Pukul 14.53 WIB Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek dibuka kembali," demikian informasi yang dipublikasi melalui akun Twitter resmi @PTJASAMARGA, Senin, 2 Mei 2022. 

Sementara itu, pukul 15.05 WIB kondisi lalu lintas tol Tambun arah Cikampek pada KM 22-24 mengalami kepadatan. Begitu juga dengan Cibitung pada KM25 dan Cikarang Barat pada KM28 mengalami kepadatan.

3 dari 4 halaman

2. Jalan Layang MBZ Dibuka hingga Contraflow

Pihak kepolisian kembali mengeluarkan diskresi rekayasa lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek pagi ini. Mulai dari dibukanya kembali Tol Layang Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) hingga penerapan contraflow.

GM Operasi dan Pemeliharaan Jasamarga Jalan Layang Cikampek, Nur Safitri RM menyampaikan, pada ruas Jalan Tol Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) yang sebelumnya dilakukan penutupan sementara, saat ini sudah dibuka kembali pukul 04.16 WIB.

"Pada akses Jatiasih, Kalimalang, dan Cawang," tutur Nur dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022).

Sementara, untuk pemberlakukan buka tutup contraflow, lanjut Nur, yang sebelumnya telah ditutup sementara pada pukul 01.30 WIB dini hari, saat ini diberlakukan contraflow kembali.

"Dari KM 47 sampai dengan KM 86 pada pukul 07.40 WIB," kata Nur.

Jasa Marga pun mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, memiliki saldo uang elektronik yang cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan, serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

4 dari 4 halaman

3. Jalan Layang Tol MBZ Arah Cikampek Kembali Ditutup

Jalan layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek kembali ditutup. Sehingga seluruh kendaraan menuju Cikampek diarahkan melalui jalur bawah.

Penutupan jalan ini dilakukan karena pada pukul 09.00 WIB, jalan layang MBZ arah Cikampek telah terjadi antrean kendaraan. Sementara, Jalan layang ditutup sejak pukul 11.35 WIB.

"Jalan layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) arah Cikampek ditutup sementara, lalu lintas dialihkan ke ruas Tol Jakarta-Cikampek jalur bawah oleh pihak kepolisian wilayah," demikian tulis akun Twitter @PTJASAMARGA, Selasa (3/5/2022).

Informasi Jasa Marga, bahwa tol Jakarta Cikampek Cikunir KM09 - KM 10 mengalami kepadatan volume kendaraan.

Sementara, Cikarang Timur KM 39 - Karawang Timur KM 49 juga mengalami kondisi serupa.

"Kepadatan antrean di lajur masuk Contraflow KM 47 dan di lajur pertemuan jalur atas," ungkap Jasa Marga.

Jasa Marga pun mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, memiliki saldo uang elektronik yang cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan, serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," Nur menandaskan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat