uefau17.com

Fakta-Fakta Kebakaran Gudang Logistik RSAL Mintohardjo Jakarta - News

, Jakarta - Kebakaran terjadi di Gudang Logistik RSAL Mintohardjo di di Jalan Bendungan Hilir, Tanah, Abang, Jakarta Pusat, Minggu (10/10/2021) pagi. Sumber api dilaporkan berasal dari lantai 2 gedung farmasi.

Sebanyak 10 unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan ke lokasi. Api berhasil dipadamkan petugas sekitar satu setengah jam kemudian.

"Kebakaran berhasil dipadamkan dengan waktu selesai operasi tercatat pukul 06.40 WIB," kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril Rizal yang dikutip dari Antara, Minggu (10/10/2021).

Terkait penyebab kebakaran, dugaan sementara akibat korsleting listrik.

Berikut fakta-fakta kebakaran di RSAL Mintohardjo dihimpun :

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Diduga Akibat Korsleting Listrik

Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan menduga penyebab kebakaran di gudang logistik RSAL Mintohardjo Jakarta akibat korsleting listrik.

Hal ini didapat setelah pihaknya melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lantai dua Gedung Farmasi RSAL Mintohardjo.

Meski demikian, dia belum bersedia menjelaskan secara gamblang terkait hal tersebut. Dia meminta untuk konfirmasi secara langsung ke pihak rumah sakit.

"Lebih lanjutnya bisa ditanyakan langsung ke pihak RSAL Mintohardjo," kata Singgih.

3 dari 6 halaman

2. Awal Munculnya Api

Terpisah, Kasiops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat, Unggul Wibowo menambahkan, api pertama kali muncul dari steker di ruangan tenaga kesehatan (nakes).

"Dugaan penyebab diduga dari korsleting listrik pada steker ruangan nakes," ujar dia.

4 dari 6 halaman

3. Tidak Ada Korban Jiwa

Sementara itu, Humas Damkar DKI Jakarta Mulat Wijayanto mengatakan, dalam kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa.

"Korban nihil," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (10/10/2021).

Terkait penyebab, Mulat mengaku belum mengetahui secara pasti. Termasuk, perihal kerugian materil yang ditanggung oleh pihak rumah sakit. Ia menyebut, hal ini masih dalam pendataan.

"Dugaan penyebab masih penyelidikan," ujar dia.

5 dari 6 halaman

4. Gudang Farmasi yang Terbakar Menyimpan APD

Gedung Farmasi Rumah Sakit TNI Angkatan Laut yang terbakar Minggu pagi dilaporkan sebagai tempat penyimpanan Alat Pelindung Diri (APD).

Kasiops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat Unggul Wibowo mengatakan, gudang logistik yang menyimpan APD itu berada di lantai 2.

"Iya betul APD di perusahaan itu yang terbakar," kata dia dalam keterangannya, Minggu (10/10/2021).

6 dari 6 halaman

5. Total Kerugian Ditaksir Rp 750 Juta

Unggul menerangkan, luas area yang terbakar sekitar 150 meter persegi. Adapun, akibat kejadian itu, pihak RSAL Mintohardjo mengalami kerugian hingga Rp 750 juta.

"Taksiran kerugian Rp.750.000.000," ucap dia.

Sebelumnya, Unggul menerangkan, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat mendapat laporan dari Kopka Sudarsono pada pukul 05.10 WIB.

Kebakaran melanda Gudang Farmasi di Lantai 2 RSAL Mintohardjo, Jalan Bendungan Hilir, Tanah Abang Jakarta Pusat. Unggul menyebut, pihaknya lalu mengerahkan 10 unit mobil ke lokasi kejadian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat