uefau17.com

Ratusan Warga Kawasan Kumuh di Depok Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19 - News

, Depok - Tingginya intensitas pemulung dalam beraktivitas menjadi perhatian Polres Metro Depok. Melalui Polsek Sawangan, ratusan warga di slum area atau kawasan kumuh di Jalan Lestari Tiga, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok divaksinasi Covid-19.

Kapolsek Sawangan, AKP Muhammad Melta Mubarak mengatakan, Polsek Sawangan berusaha memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 kepada warga menengah ke bawah, khususnya di kawasan kumuh.

Menurutnya, kawasan kumuh terutama di lingkungan pemulung perlu mendapatkan vaksinasi. "Warga di Slum Area ini kan intensitasnya pergerakannya cukup tinggi, jadi kami memberikan vaksinasi kepada mereka," ujar Mubarak, Selasa (13/7/2021).

Mubarak mengungkapkan, Polsek Sawangan tidak ingin warga menengah ke bawah yang tinggal di kawasan kumuh kesulitan mencari vaksin di berbagai tempat di Kota Depok. Untuk memudahkan warga tersebut Polsek Sawangan menggelar vaksinasi Presisi kepada pemulung dan warga sekitar.

"Kami sediakan vaksin sebanyak 150 orang di kawasan Slum Area sesuai perintah Kapolri," terang Mubarak. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Bantuan Sembako

Mubarak menjelaskan, selain memberikan vaksinasi di kawasan kumuh, Polsek Sawangan memberikan paket sembako kepada pemulung. Batuan tersebut untuk meringankan beban pemulung dalam memenuhi kebutuhan selama penerapan PPKM Darurat di Kota Depok.

Menurutnya, selama penerapan PPKM Darurat warga dapat mengurangi intensitas pergerakan untuk menurunkan angka penularan Covid-19.

"Total vaksinasi yang sudah diberikan Polsek Sawangan kepada warga sekitar 2.500 orang, mulai dari usia dewasa hingga lansia," ucap Mubarak.

Mubarak meminta, warga Kota Depok khususnya di wilayah hukum Polsek Sawangan dapat mematuhi kebijakan PPKM Darurat. Polsek Sawangan tidak akan segan memberikan penindakan terhadap warga maupun pelaku usaha, maupun perusahaan yang melanggar PPKM Darurat.

"Apabila ada yang melanggar akan kami berikan penindakan mulai dari peneguran hingga penyegelan," kata Mubarak.

Sementara itu, Lurah Curug, Juanda mengapresiasi pemberian vaksinasi kepada warga di lingkungan kumuh, khususnya di kalangan pemulung. Dirinya menilai, pemulung kerap berkeliling untuk mencari barang bekas sehingga berpotensi terjadi penularan Covid-19.

"Pemulung ini kan keluar masuk lingkungan warga di pemukiman maupun perumahan, jadi sangat rentan," ujar Juanda.

Juanda mengatakan, di wilayah Kelurahan Curug masih terjadi penularan Covid-19 sehingga pemberian vaksin sangat diperlukan kepada warga.

Suntikan vaksin dapat meningkatkan antibodi atau imunitas dari penularan virus. Dirinya meminta warga untuk tidak takut disuntik vaksin, dikarenakan vaksin yang diberikan merupakan salah satu vaksin terbaik untuk membantu mencegah penularan Covid-19.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat