uefau17.com

Deretan Hal yang Dilakukan Gubernur Anies saat Demo Tolak RUU Cipta Kerja di Jakarta - News

, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau langsung lokasi aksi demontrasi di kawasan Bundaran HI Jakarta Pusat.

Selain itu, Anies juga melihat secara langsung Halte Bundaran HI yang hangus terbakar oleh massa aksi demonstrasi.

Baca Juga

"Kami di Pemprov DKI Jakarta memastikan bahwa seluruh fasilitas umum berfungsi sesegera mungkin. Seluruh fasilitas umum akan berfungsi kembali, malam ini insyaallah bersih," kata Anies di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Oktober 2020.

Tak hanya itu, Anies juga menemui massa. Dia mengatakan akan meneruskan aspirasi para mahasiswa yang melakukan unjuk rasa penolakan UU Cipta Kerja dalam rapat gubernur.

Menurut Anies, setidaknya hingga pagi ini sebanyak 20 halte Transjakarta porak poranda, akibat demo tolak RUU Cipta Kerja yang berujung rusuh pada Kamis, 8 September 2020 kemarin.

"Total kerusakan ada 20 halte," kata Anies di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (9/10/2020).

Berikut deretan hal yang dilakukan dan dikatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat aksi demontrasi tolak UU Cipta kerja dihimpun :

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Tinjau Langsung Halte Transjakarta yang Dibakar Massa

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi aksi demontrasi di kawasan Bundaran HI Jakarta Pusat. Anies juga melihat secara langsung Halte Bundaran HI yang hangus terbakar.

"Kami di Pemprov DKI Jakarta memastikan bahwa seluruh fasilitas umum berfungsi sesegera mungkin. Seluruh fasilitas umum akan berfungsi kembali, malam ini insyaallah bersih," kata Anies di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis, 8 Oktober 2020.

Dia menyatakan, hingga saat ini ada sebanyak 11 halte Transjakarta rusak dan akan diperbaiki. Selain itu pihaknya akan segera mengecek keseluruhan kerusakan yang ada.

"Jadi halte yang terbakar tentu tidak bisa malam ini jadi halte-halte masih diukur seberapa besar nanti yang rusak total akan disiapkan halte sementara," ucap Anies Baswedan.

 

3 dari 9 halaman

Siapkan Lokasi Sementara Halte Transjakarta yang Dibakar

Anies menyatakan, pihaknya akan segera mengecek 11 halte Transjakarta yang rusak oleh demonstran menolak Omnibus Law.

Dia juga memastikan sejumlah fasilitas publik akan dapat kembali digunakan, sehingga masyarakat di Jakarta bisa berkegiatan dengan baik.

"Malam ini Insyallah semua sudah bersih, tim kita sudah bersiap sejak tadi siang," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan, pihaknya menyiapkan sejumlah solusi untuk perbaikan kerusakan halte di Ibu Kota.

Perbaikan akan segera dilakukan bila mengalami kerusakan yang tidak parah, sehingga dapat segera digunakan.

"Jadi halte-halte nanti malam ini akan diukur seberapa besar kerusakannya, yang rusak total nanti akan disiapkan halte sementara," ucap Anies Baswedan.

 

4 dari 9 halaman

Pastikan Fasilitas Publik Kembali Bisa Digunakan

Anies mengaku telah memprediksi kerugikan dari kerusakan sejumlah halte Transjakarta akibat demontrasi menolak UU Cipta Kerja yang ricuh.

"Tadi sudah diprediksi sudah dihitung kira-kira Rp 25 milliar," kata Anies.

Anies menyatakan pihaknya akan segera mengecek kerusakan yang dialami Pemprov DKI Jakarta. Saat ini kata dia, ada sebanyak 11 halte Transjakarta yang mengalami kerusakan.

Dua di antaranya berlokasi di kawasan Bundaran HI. Dia juga memastikan sejumlah fasilitas publik akan dapat kembali digunakan.

"Sehingga masyarakat di Jakarta bisa berkegiatan dengan baik. Malam ini insyaAllah semua sudah bersih, tim kita sudah bersiap sejak tadi siang," ucap dia.

 

5 dari 9 halaman

Temui Demonstran dan Akan Sampaikan Aspirasi

Anies menyatakan akan meneruskan aspirasi para mahasiswa yang melakukan unjuk rasa penolakan UU Cipta Kerja dalam rapat gubernur. Dia mengaku menghargai aspirasi para mahasiswa sebagi bentuk kebebasan berpendapat.

"Saya ingin kepada semua memastikan hak itu terjaga. Hak itu tidak hilang karena itu negeri kita yang merdeka. Saya ingin sampaikan bahwa apa yang tadi jadi aspirasi besok kita akan teruskan aspirasi itu disampaikan," kata Anies.

Dia menyatakan pihaknya bersama para gubernur lain akan mengadakan rapat pimpinan bersama pada Jumat (9/10/2020).

"Jadi apa yang tadi disampaikan besok akan diteruskan dan teman-teman sekalian ingatlah bahwa yang namanya menegakkan keadilan kewajiban kita semua dan anda semua sedang menegakkan keadilan," jelas Anies.

 

6 dari 9 halaman

Bantah Jadi Bagian Satgas RUU Omnibus Law Cipta Kerja

Anies membantah dirinya masuk sebagai anggota satuan tugas untuk konsultasi publik Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja.

Pembentukan satgas tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Koordinator Perekonomian Nomor 378 Tahun 2019.

"Saya tidak pernah mendapat surat pemberitahuan tentang itu. Saya juga tidak pernah diundang untuk rapat dan saya tidak pernah terlibat dalam diskusi otomatis," kata Anies.

 

7 dari 9 halaman

Sebut 20 Halte Transjakarta Porak Poranda Akibat Demo

Anies Baswedan mengatakan, hingga pagi ini sebanyak 20 halte Transjakarta porak poranda, akibat demo tolak RUU Cipta Kerja yang berujung rusuh pada Kamis 8 September 2020 kemarin.

"Total kerusakan ada 20 halte," kata Anies di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Jumat (9/10/2020).

 

8 dari 9 halaman

Prediksi Kerugian Capai Rp 55 Miliar

Anies menuturkan, kerugian akibat tindakan vandalisme para pendemo RUU Cipta Kerja itu, mencapai Rp 55 miliar.

"Diperkirakan kerugian sekitar kerusakan lebih Rp 55 milliar," ungkap Anies.

Dia berharap fasilitas publik yang rusak akibat aksi demo tolak RUU Cipta Kerja tersebut dapat digunakan hari ini.

"Jumat pagi ini targetnya adalah seluruh fasilitas publik di Jakarta bisa digunakan," tegas Anies.

 

9 dari 9 halaman

Terus Lakukan Pemeriksaan, Identifikasi, dan Segera Perbaiki Fasilitas Umum

Anies menjelaskan, pihaknya masih terus melakukan pemeriksaan terkait kerusakan yang dialami. Petugas kebersihan DKI Jakarta juga sudah mulai membersihkan puing-puing sisa kerusuhan demonstrasi.

"Semuanya (fasilitas publik) diidentifikasi. Insya Allah sore ini semuanya selesai diidentifikasi lalu kita segera akan perbaiki," tukas Anies.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat