uefau17.com

Selain Jakarta, Berikut Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini - News

, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca periode 22-24 Oktober 2018. Selain Jakarta, wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG Hary Tirto Djatmiko menjelaskan, aliran massa udara dingin dan kering yang bertemu dengan aliran massa udara panas dan basah di Indonesia wilayah selatan khatulistiwa menyebabkan daerah itu memiliki potensi pembentukan dan pertumbuhan awan hujan.

"Daerah-daerah pertemuan massa udara dingin dan hangat tadi adalah daerah-daerah yang transisi saat ini, salah satunya Jakarta," ujar Hary kepada , Selasa (23/10/2018).

Menurut dia, hujan dapat terjadi di menjelang sore dan malam hari dengan durasi singkat.

"Durasinya kurang lebih sekitar 3 jam-an maksimum, dan itu belum merata," jelas Hary.

Dia menjelaskan, dalam proses transisi biasanya potensi hujan belum merata, hujan yang turun intensitas sedang hingga lebat disertai angin kecang dan petir dengan durasi singkat. Kejadiannya juga belum tentu setiap hari.

"Setiap hari itu fluktuasinya tergantung kelembapannya seperti apa, penguapannya seperti apa, daerah hangat atau suhu permukaan air laut yang hangat di daerah mana, ada daerah pertemuan massa udara nggak, kalau itu ada semua, maka daerah itu yang dimungkinan potensi hujan baik intensitas sedang, lebat, atau sangat lebat," papar Hary.

Selain itu, menurut rilis BMKG, wilayah yang berpotensi hujan lebat hari ini di antaranya Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tengah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuaca Jakarta

Sementara itu, BMKG memprakirakan cuaca Jakarta hari ini cerah berawan. Kondisi ini akan menyelimuti seluruh wilayah Ibu Kota dan sekitarnya di pagi hari.

Sementara, siang harinya, sebagian wilayah Jakarta diprediksi berawan hingga berpotensi turun hujan. Namun, hujan yang turun tak berlangsung lama, karena malam hari langit Ibu Kota kembali cerah.

Ada pun untuk empat kota penyangga Jakarta, seperti Bogor, Depok, dan Bekasi, menurut BMKG cerah berawan.

Kecuali untuk wilayah Tangerang, awan mendung hingga hujan dengan intensitas sedang akan turun di siang dan malam hari. (Melissa Octavianti)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat