uefau17.com

Ini Jadwal Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Istiqlal - News

, Jakarta - Masjid Istiqlal akan menyembelih hewan kurban Idul Adha 1438 Hijriah. Hari ini, penyembelihan digelar usai salat asar.

"Tahun ini kami laksanakan selepas salat asar, bukan habis isya. Dengan harapan daging kurban bisa dibagi lebih awal jam 8 atau jam 9 malam," ucap Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dihubungi , Kamis (31/8/2017).

Menurut dia, pengurus Masjid Istiqlal juga sudah mendata warga yang berhak mendapatkan daging kurban hasil penyembelihan. Pembagian ini melibatkan RT, RW, kelurahan, serta ketua musala dan masjid untuk menentukan nama warga yang berhak menerima daging hewan kurban.

"Tahun lalu bisa dibagi 6.000, tahun ini kita harapkan lebih banyak," ujar Abu.

Dia mengatakan hewan kurban Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga akan disembelih di sini.

Jokowi menyumbang sapi jenis ongole berusia delapan tahun seberat 1,5 ton untuk disembelih di Masjid Istiqlal. Sementara sapi ongole dari Jusuf Kalla berusia tujuh tahun dengan berat 1,3 ton.

Sapi kurban Jokowi dan Jusuf Kalla ini sudah berada di Masjid Istiqlal Jakarta.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sapi Jokowi-JK

Pantauan Kamis 31 Agustus 2017, sapi jenis ongole milik Presiden Jokowi dikandangkan bersama sapi milik Wapres Jusuf Kalla. Kedua sapi tersebut terpisah dengan hewan kurban lainnya.

Lokasi kedua hewan kurban tersebut berada di dekat pintu masuk Ar Rozak, Masjid Istiqlal dan didampingi oleh empat orang jagal atau tukang sembelih kurban.

Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, menyatakan lokasi terpisah tersebut guna mempermudah panita saat serah terima langsung oleh JK setelah salat Idul Adha 1438 Hijiriah.

"Besok akan ada serah terima langsung oleh Pak JK di pintu Al Malik selepas salat Idul Adha," ucap Abu di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis.

Namun, dia mengaku tidak tahu berapa harga sapi yang disumbangkan oleh orang nomor satu di Indonesia itu. Tetapi selembaran yang diterima dari pihak Masjid Istiqlal, sapi seberat 510-650 kilogram dijual dengan harga Rp 35 juta.

Sementara untuk sapi ukuran standar dengan berat 250-290 kilogram dihargai Rp 18 juta, super berat 300-400 kilogram Rp 25 juta, dan premium berat 410-500 Rp 30 juta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat