uefau17.com

Menlu Arab Temui Jokowi di Istana - News

, Jakarta - Presiden Jokowi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed Al Jubier ‎di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta hari ini. Pertemuan itu merupakan tindak lanjut dari kunjungan kenegaraan Jokowi beberapa waktu lalu ke Arab Saudi.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, pertemuan tersebut membahas mengenai kerja sama investasi yang dibahas dalam pertemuan sebelumnya di Jeddah, Arab Saudi.

"‎Baru saja Menlu Saudi Arabia didampingi oleh beberapa rombongan melakukan kunjungan kehormatan pada Presiden. Tadi siang Menlu (Arab Saudi) sudah melakukan pertemuan dengan saya, dan delegasi yang membidangi masalah investment energy juga melakukan pertemuan dengan Pak Dirman (Menteri ESDM Sudirman Said) dan juga dengan Pertamina," ujar Retno di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (20/10/2015).

‎"Intinya adalah bahwa kedua negara berkomitmen tinggi untuk memperkuat hubungan kedua negara. Ini adalah follow up kunjungan Presiden ke Jeddah bulan September yang lalu. Jadi follow up merupakan hal kunci, faktor yang sangan penting yang ditekankan baik oleh Raja Salman maupun Presiden Jokowi," tutur dia.

Dia menyebutkan, ada 4 hal menjadi prioritas dalam pembahasan tersebut. Yaitu kerja sama dan investasi di bidang perminyakan, petrokimia, ekspor minyak mentah, dan pariwisata.

Retno mengatakan, akan ada pembacaraan lanjutan dalam waktu maksimal 4 pekan ke depan. "Tim dari Indonesia yang akan dipimpin oleh Menteri ESDM akan berkunjung ke Saudi dan diharapkan pada saat itu kerja sama sudah akan lebih konkret lagi," ucap dia.

Sementara ‎Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk memberi arahan yang lebih konkret untuk kerja sama kedua negara.

"Tidak hanya di bidang ekonomi, tapi juga politik, sosial, dan investasi. Kami akan melanjutkan pembicaraan ke arah yang lebih konkret," tutur Adel.

Menlu Adel yang juga membawa ‎pemimpin eksekutif perusahaan minyak Aramco berharap, hubungan Indonesia dan Arab Saudi terus ditingkatkan.

"‎Saya datang ke sini membawa pesan Raja Salman. Tentu hubungan Indonesia dan pertemuan tadi diharapkan dapat menghasilkan hal yang lebih signifikan untuk hubungan kerja sama di berbagai bidang lainnya," pungkas Adel. (Ndy/Mvi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat