uefau17.com

Mengenal Kota Terdingin di Dunia, Suhu nya Bisa Mencapai Minus 60 Derajat Celcius - Global

, Yakutsk - Dalam sebuah surat yang ditulis oleh penjelajah Antartika, Ernest Shackleton kepada temannya, Kitty Pogson seorang sosialita asal London, selama ekspedisinya pada bulan September 1902, ia menggambarkan cuaca dingin yang ekstrem dan dampak buruknya kepada para kru.

“Sayangnya, kami kehilangan salah satu anak buah kami dalam badai salju yang sangat buruk karena terjatuh dari tebing es, dan kami hampir kehilangan salah satu letnan dan tiga orang lainnya,” tulis Shackleton. “Cuaca sangat dingin sekarang, suhu terendah di sini mencapai minus minus 52,2 derajat Celcius.”

Setiap tahun, hanya beberapa ribu orang yang mengunjungi Antartika, sebagian besar dari mereka adalah ilmuwan yang sedang melakukan penelitian. Meskipun Antartika adalah benua terdingin, penduduk kota di belahan dunia lain juga secara rutin mengalami suhu yang sama dinginnya. Jadi pertanyaannya, apa kota terdingin di dunia?

Mengutip dari Live Science, Senin (15/7/2024) Penghargaan untuk kota terdingin di dunia diberikan kepada Yakutsk di Rusia. Terletak di Siberia, kota ini adalah salah satu daerah dengan suhu terendah dan populasi paling sedikit di dunia.

Yakutsk dihuni oleh sekitar 336.200 orang, sebagian besar bekerja untuk Alrosa, sebuah perusahaan yang mengoperasikan tambang berlian di daerah tersebut. 

Di Yakutsk, suhu pernah mencapai minus minus 60 derajat Celcius. Beberapa penduduk bersikeras bahwa mereka telah merasakan suhu yang lebih rendah lagi, namun tidak dapat memastikannya karena "termometer hanya menunjukkan suhu hingga minus 63°C.

Yakutsk memiliki suhu rata-rata tahunan minus 7,5 derajat Celcius, menurut Climate-Data.org yang mengutip data dari Pusat Prakiraan Cuaca Jarak Menengah Eropa. Suhu rata-rata di Yakutsk tetap di bawah 0 derajat Celcius selama enam bulan dalam setahun, dengan suhu tertinggi sekitar 20 derajat Celcius pada bulan Juli.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memiliki Tingkat Kematian yang Rendah

Yakutsk adalah kota terbesar yang dibangun di atas permafrost, yaitu tanah yang telah beku secara permanen selama setidaknya dua tahun berturut-turut.

Sebagian besar bangunan di kota ini didirikan di atas panggung atau tiang pancang untuk mencegah panas yang dihasilkan mencairkan lapisan beku di bawahnya, menurut majalah konstruksi SiteNews.

Udara hangat yang dihasilkan oleh bangunan-bangunan juga dapat menyebabkan kota ini diselimuti oleh "kabut hunian," karena udara sangat dingin sehingga udara panas dari rumah dan mobil tidak bisa naik ke atas.

Namun, kematian akibat suhu dingin tidak begitu berdampak pada kota ini. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Medical Journal (BMJ) menunjukkan bahwa tingkat kematian akibat penyakit yang terkait dengan suhu dingin tidak meningkat di Yakutsk saat suhu turun, berbeda dengan negara-negara lain di Eropa.

Hal ini karena penduduknya tahu cara berpakaian sangat hangat dan tetap berada di dalam ruangan. "Hanya berpakaian hangat, berlapis-lapis, seperti kubis," ujar seorang penduduk, Nurgusun Starostina.

3 dari 4 halaman

Oymyakon, Daerah Lain yang Dingin

Meskipun Yakutsk adalah kota terdingin, ada tempat-tempat lain yang dihuni secara permanen dengan populasi lebih kecil yang bahkan lebih dingin. Oymyakon, sebuah pemukiman di Rusia dengan sekitar 500 penduduk, mencapai suhu ekstrem minus 71,2 derajat Celcius pada tahun 1924.

Yang cukup mengejutkan, Yakutsk dan Oymyakon tidaklah berdekatan. Keduanya berjarak 577 mil (928 kilometer), dan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain akan memakan waktu sekitar 21 jam.

Jadi mengapa kedua tempat ini begitu dingin hingga menusuk tulang? Dan mengapa orang-orang terus hidup di lingkungan yang sulit dan keras ini?

Siberia sangat dingin karena “kombinasi garis lintang yang tinggi dan daratannya yang begitu luas,” kata Alex DeCaria, seorang profesor meteorologi di Millersville University di Pennsylvania.

Suhu ekstrem di dunia, baik yang tinggi maupun rendah, cenderung terjadi di benua karena daratan memanas dan mendingin lebih cepat dibandingkan lautan. Di Siberia, salju dan lapisan es juga berperan penting, karena mereka membantu menjaga suhu tetap rendah dengan memantulkan radiasi matahari kembali ke ruang angkasa.

Kombinasi faktor-faktor ini menyebabkan terbentuknya zona tekanan tinggi yang besar dan semi-permanen di atas Siberia selama musim dingin, yang dikenal sebagai "Dataran Tinggi Siberia."

"Tekanan tinggi di atas benua pada lintang tinggi umumnya dikenal memiliki udara yang stabil, kelembapan rendah, dan langit cerah, yang menghasilkan suhu permukaan sangat dingin," kata DeCaria.

Kelembapan rendah dan langit cerah memungkinkan radiasi gelombang panjang (inframerah dan gelombang mikro) yang dipancarkan oleh Bumi mencapai puncak atmosfer dan dipancarkan ke luar angkasa, menyebabkan suhu permukaan menjadi dingin.

 

4 dari 4 halaman

Mengapa Mereka Bertahan?

Dalam konteks Yakutsk dan Oymyakon, topografi juga memainkan peran penting.“Tempat-tempat ini berada di lembah-lembah lokal, dikelilingi oleh dataran yang lebih tinggi,” jelas Jouni Räisänen, seorang dosen senior di Institute for Atmospheric and Earth System Research (INAR) di Universitas Helsinki di Finlandia.

"Ini menghasilkan apa yang disebut 'danau udara dingin' yang mudah terbentuk dalam kondisi musim dingin yang tenang," jelas Räisänen. Kantong-kantong udara dingin yang relatif "berat" ini dapat terperangkap di dekat dasar lembah. Di Oymyakon, efek ini diperkuat oleh ketinggian yang relatif besar dari pegunungan di sekitarnya, yang membantu "melindungi danau udara dingin" agar tidak bercampur dengan udara yang lebih hangat.

Jadi, mengapa orang terus tinggal di lokasi Siberia yang kurang bersahabat ini?

“Saya pikir orang-orang bangga dengan tempat tinggal mereka dan kepandaian yang mereka miliki untuk berhasil hidup di tempat yang bersuhu ekstrem,” kata Cara Ocobock, seorang antropolog biologi dan direktur Laboratorium Energetika Manusia di Universitas Notre Dame.

Jadi, jika mempertimbangkan suhu ekstrem, apakah lebih baik tinggal di tempat yang sangat dingin atau sangat panas? Di sisi lain, di ujung spektrum yang berlawanan, kota-kota terpanas adalah Karachi, Pakistan, dan Ahvaz, Iran, yang secara rutin mengalami suhu di atas 40 derajat Celcius: keduanya mencatat rekor tertinggi masing-masing 47,8 derajat Celcius dan 54 derajat Celcius.

Bagi Ocobock, jawaban yang jelas adalah "Sangat dingin! Saya suka Finlandia di musim dingin, jadi berikan saya kegelapan dan kedinginan," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat