uefau17.com

10 Bandara Terbersih di Dunia Versi Skytrax, Terbanyak dari Asia - Lifestyle

, Jakarta - Perusahaan konsultasi penerbangan asal London, Skytrax baru saja merilis daftar bandara terbersih di dunia tahun 2024. Dikutip dari Travel + Leisure, Minggu, 5 Mei 2024, Bandara Internasional Haneda Tokyo keluar sebagai juaranya dengan lantai, tempat duduk, area umum, dan toilet yang dianggap paling bersih di dunia.

Bandara Internasional Haneda yang sebelumnya juga meraih posisi keempat dalam daftar bandara terbaik di dunia, kini juga jadi pemimpin dari bandara paling bersih lainnya yang berada di Asia. Menyusul di posisi ke dua ada Bandara Internasional Incheon di Korea Selatan.

Bandara yang dibuka pada 2001 tersebut menjadi satu-satunya bandara Korea Selatan yang masuk ke dalam daftar. Menyusul Incheon, ada Bandara Internasional Changi di Singapura yang terpilih jadi bandara paling bersih di dunia dalam urutan ketiga.

Dari 10 bandara yang ada, hanya satu bandara non-Asia yang masuk ke dalam daftar. Bandara tersebut adalah Bandara Internasional Zurich di Swiss di urutan terakhir.

"Setelah pandemi COVID-19, standar kebersihan bandara menjadi jauh lebih penting bagi pelanggan," sebut Skytrax di situsnya.

Perusahaan yang telah berdiri selama 25 tahun tersebut melakukan survei terhadap para penumpang di lebih dari 570 bandara dalam tiga bahasa (Inggris, Spanyol, dan Cina) dengan wisatawan ke lebih dari 100 negara di dunia. Hasilnya, mereka menerbitkan 10 bandara paling bersih di dunia serta nominasi spesial tiap wilayahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jepang Dominasi Daftar

Dengan lebih dari 8,5 miliar penumpang terbang setiap tahunnya, faktor kebersihan di bandara menjadi lebih penting dari sebelumnya, sebut Skytrax. Menariknya, bandara-bandara dari Asia mendominasi daftar di atas dan hanya menyisakan satu tempat di paling akhir untuk bandara dari luar kawasan ini.

Jepang juga jadi yang paling banyak menyumbang bandara dengan empat nama termasuk Haneda. Selain Bandara Internasional Haneda, Jepang juga menyumbang tiga bandara lain dalam daftar tersebut. Ada Bandara Internasional Centrair Chubu di Nagoya pada urutan ke-5, Bandara Internasional Tokyo Narita di urutan ke-6, dan Bandara Internasional Kansai Osaka di urutan ke-7.

Selain Jepang, ada beberapa negara Asia lain yang turut masuk ke dalam daftar. Bandara terbaik di dunia, Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar juga masuk dalam daftar ini pada urutan keempat. Selain Hamad Doha, Bandara Internasional Hong Kong menyusul di urutan ke delapan dan Bandara Taoyuan Taiwan di urutan ke sembilan.

3 dari 4 halaman

Ada Nominasi per Wilayah

Selain daftar bandara paling bersih di dunia, Skytrax juga memberikan nominasi pada bandara-bandara terbersih di masing-masing kawasan. Mereka membagi nominasi menjadi sebelas wilayah yaitu, Afrika, Asia, Australia dan Pasifik, Tiongkok, Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia Tengah, India dan Asia Selatan, serta Amerika Tengah dan Karibia.

Di Afrika, Bandara Internasional Cape Town jadi pemenang, sedangkan Asia tentunya dipegang oleh Bandara Internasional Haneda Jepang. Selain itu, bandara terbersih di kawasan Pasifik dan Australia adalah Bandara Internasional Brisbane.

Tiongkok yang masuk sebagai wilayah sendiri dalam nominasi ini memiliki Bandara Internasional Shanghai Hongqiao sebagai bandara terbersih di daerah tersebut. Bandara Internasional Zurich di Swiss jadi yang nomor satu di Eropa.

Di Timur Tengah, Bandara Internasional Hamad Doha, Qatar jadi pemenang. Sedangkan di Amerika Utara, Bandara Internasional Vancouver, Kanada jadi yang paling bersih di kawasan tersebut, meski tak ada satu pun yang masuk dalam daftar 10 bandara terbersih di dunia.

4 dari 4 halaman

10 Bandara Paling Bersih di Dunia Versi Skytrax

Selain Amerika Utara, di Amerika Selatan ada Bandara Internasional Mariscal Sucre Quito di Ekuador sebagai yang paling bersih di kawasan tersebut. Selain itu, Bandara Internasional Baku, Azerbaijan sebagai yang paling bersih kawasan Asia Tengah.

India dan Asia Selatan yang berdiri sebagai wilayah sendiri dimenangkan oleh Bandara Internasional Bangalore di India. Terakhir, kawasan Amerika Tengah dan Karibia punya Bandara Internasional Juan Santamaria di Kost Rika.

Selain mengeluarkan daftar bendara paling bersih, Skytrax juga memiliki beberapa kategori penghargaan lain seperti hotel bandara terbaik, bandara dengan staf terbaik, bandara paling ramah keluarga, dan kategori lainnya. 

 

Daftar 10 bandara paling bersih di dunia versi Skytrax

  1. Bandara Internasional Haneda Tokyo, Jepang
  2. Bandara Internasional Incheon Seoul, Korea Selatan
  3. Bandara Internasional Changi, Singapura
  4. Bandara Internasional Hamad Doha, Qatar
  5. Bandara Internasional Centrair Chubu Nagoya, Jepang
  6. Bandara Internasional Tokyo Narita, Jepang
  7. Bandara Internasional Kansai Osaka, Jepang
  8. Bandara Internasional Hong Kong
  9. Bandara Internasional Taiwan Taoyuan, Taiwan
  10. Bandara Internasional Zurich, Swiss

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat