uefau17.com

Festival Dendang Rasa Sajikan Makanan hingga Jajanan Pasar Khas Sumatra dan Jawa - Lifestyle

, Jakarta - Kekayaan dan kekhasan gastronomi Nusantara selalu menarik untuk dieksplorasi. Semangat ini pula yang diusung dalam "Dendang Rasa", festival makanan khas Sumatra dan Jawa di restoran BungaRampai, Jakarta.

"Yang mendasari adalah visi misi BungaRampai yang selalu ingin memperkenalkan dan mengangkat kuliner Indonesia tidak hanya di Indonesia, tapi juga mancanegara," kata pemilik Restoran BungaRampai Mulia Jayaputri kepada Tim Lifestyle saat ditemui di BungaRampai, Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

Mulia mengungkapkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang masih belum mengenal dan tahun ragam makanan dari daerah tertentu di Indonesia. "Jadi, saya terus ikhtiar ingin memperkenalkan dan mengangkat juga menyajikan makanan dari berbagai daerah," tambahnya.

Tema "Dendang Rasa" terinspirasi dari momen ketika mengunyah dan menghayati rasa lezat makanan Nusantara, lidah serasa berdendang. Mengingat, sajian khas Tanah Air dibalut cita rasa gurih dengan ramuan bumbu yang dibuat nenek moyang dan leluhur.

Pimpinan PT Persada Dua Rajawali tersebut menjelaskan "Dendang Rasa" rencananya akan terus digelar reguler setiap tahunnya setiap Desember. Kehadiran festival makanan Nusantara, dikatakan Mulia, guna menyambut Hari Ibu, Hari Raya Natal, dan Tahun Baru.

Khusus di tahun ini, makanan yang diangkat dari Sumatra dan Jawa. Pihaknya akan memperluas sajian dari berbagai wilayah pada agenda di tahun-tahun mendatang.

"Dulu-dulu kita selalu membuat, tapi spesifik hanya satu daerah saja, kemudian tidak ada waktu yang tetap. Kali ini, kita tidak hanya mengangkat hanya satu daerah, waktunya kita fix di bulan Desember," tambah Mulia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kurasi Menu Nusantara

Mulia juga bicara soal kurasi dari deretan makanan yang dihadirkan. "Kita mulai mengumpulkan dulu makanan-makanan yang favorit dari daerah Sumatra dan Jawa, makanan-makanan yang sudah jarang kita temui di kedua pulau," katanya.

"Beberapa yang kita pilih kita sesuaikan agar dia menjadi seperti buffet Sumatra, tapi jadi selaras. (Makanan) bisa campur-campur dari Sumatra Barat, Sumatra Selatan, tapi masih match jadi dasar pemilihannya seperti itu," ungkap Mulia.

Ia berharap melalui "Dendang Rasa" ini, masyarakat Indonesia kembali diingatkan dengan makanan-makanan khas Sumatra dan Jawa. "Kita kemas sedemikian rupa sehingga milenial pun bangga dengan makanan-makanan khas Nusantara," tambahnya.

Chef BungaRampai, Harna mengatakan setidaknya ada sekitar 60 makanan hingga jajanan pasar khas kedua pulau yang dihadirkan di festival makanan ini. Deretan makanan ini disajikan secara prasmanan (buffet-all-you-can-eat).

"Untuk menu a la carte kita setiap bulan ada menu spesial, tapi untuk acara festival ini selama lima hari, menunya sama," kata Chef Harna.

3 dari 4 halaman

Ragam Sajian Khas Sumatra dan Jawa

Beberapa menu khas Jawa, meliputi Soto Gandul, Tahu Gimbal, Pecel Madiun, Nasi Liwet Solo, Tahu Kukus, Sayur Labu, Sate Madura, Selat Solo, Telur Pindang, dan masih banyak lagi. Lalu, jajanan pasar khas Jawa yang disuguhkan mulai dari Serabi Solo, Cenil, Gathot, Grontol Jagung, Putu Ayu, dan lainnya.

Sedangkan menu makanan khas Sumatra, terdiri atas Pempek, Pindang Patin, Udang Batara, Sala Lauak, Nasi Kapau, Rendang, Sate Padang, dan lainnya. Tak ketinggalan ragam jajajan pasar khas Sumatra, meliputi Lapek Bugih, Padamaran, Lapis Nanas, Bika Ambon, dan lainnya.

Guna mendapat masakan yang khas, Chef Harna bahkan sampai didaulat ke berbagai wilayah di Tanah Air. Begitu pula dengan festival ini, ia bertolak ke Palembang untuk mengetahui pembuatan pempek yang autentik.

"Pempek kan dari sana, kayak apa sih di sana aslinya. Ada ciri khasnya dari ikan beda, di sini pakai tenggiri, di sana pakai ikan belida," terangnya.

 
4 dari 4 halaman

Nuansa Nusantara

Sejak lama restoran yang pernah meraih penghargaan Adikarya Wisata sebagai Resto Indonesia Formal Dining Terbaik dari pemerintah pada 2019 ini telah menyelenggarakan festival masakan Nusantara. Sajian masakan Jepara, Makassar, Betawi, Cirebon, Jambi, hingga daerah lain pernah mewarnai daftar menu Restoran BungaRampai secara khusus, dalam periode tertentu.

Festival yang diselenggarakan rutin di Desember baru dimulai di tahun ini. Untuk festival di 2023 tersebut, BungaRampai menghadirkan masakan daerah Sumatra (Utara, Selatan,Barat), dan Jawa (Barat, Tengah, Timur).

Deretan makanan ini disajikan prasmanan (buffet-all-you-can-eat) seharga Rp499.000++ per orang. "Dendang Rasa" digelar di restoran yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat ini pada 11--15 Desember 2023 mulai pukul 11.00 hingga 15.00 WIB.

Keluarga besar BungaRampai akan mengenakan pakaian daerah dari dua pulau itu, dari Aceh hingga Jawa Timur, saat menyambut tamu datang. Makanan yang disajikan menggunakan bahan terbaik dengan bumbu pilihan untuk menciptakan resep yang diselaraskan dengan selera masa kini sehingga ramuan ini dapat dinikmati oleh setiap lidah masyarakat sambil bernostalgia tentang masa lampau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat