uefau17.com

INACRAFT on October 2023, Semangat Regenerasi sampai Makna Kemeja Batik Hijau Sage Jokowi - Lifestyle

, Jakarta - Modal Rp25 ribu, yang mana itu merupakan harga tiket masuk INACRAFT on October 2023, untuk bertemu perajin se-Indonesia, siapa takut? Untuk kali kedua di tahun ini, pameran International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) kembali terselenggara di Jakarta Convention Center (JCC) pada 4--8 Oktober 2023.

Salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara ini dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa pagi (4/10/2023). Dalam sambutannya, Jokowi menyanjung bahwa penyelenggaran INACRAFT makin baik dari tahun ke tahun, dan "konsisten menampilkan kreasi terbaik yang diseleksi secara ketat."

"Tahun ini, secara sepintas tadi saya mengamati memang agak berbeda. Ambiance look dan feel-nya lain," orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan, merujuk pada konsep youth yang dihadirkan sebagai wajah baru INACRAFT yang terangkum dalam tema "From Smart Village to Global Market." 

Jokowi berkata, "Showcase-nya lebih bagus dan yang tidak kalah penting, pesertanya juga banyak. Kami harap pengunjungnya makin banyak. Buyer-nya lebih banyak dan diharapkan omzetnya makin besar."

Tampilan yang berbeda diharapkan jadi penyegaran pameran setelah terselenggara selama dua dekade, termasuk kehadiran insight program khusus, Talam INACRAFT. Selain itu, ada juga Youth Corner yang berada di sekitar Youth Stage di Hall B.

Ketua Bidang Youth Planner and Development Program INACRAFT, R. Asyfa Fuadi mengatakan, pihaknya memang belum sepenuhnya mengubah INACRAFT sepenuhnya "bernuansa anak muda." Tapi, pihaknya bermaksud meregenerasi sebagian kecil dari INACRAFT, dari tenant sampai pemilihan tema.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Youth Corner

Asyfa berkata, 20 partisipan Youth Corner merupakan hasil kurasi pihaknya bersama Handoko Hendoyono, yang dikenal sebagai salah satu pendiri M Bloc Space Jakarta. "(Menghadirkan) produk anak muda yang masih berkaitan dengan kerajinan, tapi agak di luar nalar," sebutnya saat ditemui di sela agenda INACRAFT on October 2023 hari pertama, Rabu.

"Ada (jenama lokal) mulai dari Bandung, Yogyakarta, sampai Pekalongan," ia melanjutkan. Di antara "produk kerajinan di luar nalar," ia menyebut ada ada rak sepeda handmade tanpa las yang pasarnya sudah sampai Amerika Serikat (AS). Terdapat pula sepatu dari cakar ayam, batik daur ulang, dan batik sengan pewarna alam.

"(Kami) bersiap-siap regenerasi supaya anak muda bisa berkarya dan pelanggan juga dapat refreshment," sebutnya. Mendukung nuansa itu, Youth Stage akan jadi tuan rumah berbagai program, termasuk pertunjukan tari kontemporer oleh Swara Gembira, serta pertunjukan musik  oleh Dua Sejoli Selekta, Los Garelloz, G-Pluck, FIA, dan Mocca Band.

Menyeimbangkan itu, Assembly stage menghadirkan berbagai program andalan INACRAFT, dari acara pembukaan, Emerging Award & Appreciation Night, Craft Talk, Craft Workshop, dan Minangkabau Heritage, gabungan antara pertunjukan fesyen dan seni.

3 dari 4 halaman

Cik Cino Londo Tuan

INACRAFT on October 2023 juga menampilkan paviliun ikon dari Pemerintah Kota Pekalongan bersama 10 island di area Main Lobby dan 16 island di Lobby Hall A. Asyfa berkata, "Pekalongan merupakan tempat yang punya topografi dan akulturasi budaya yang sangat unik."

"Di Pekalongan, ada istilah 'Cik Cino Londo Tuan,' di mana akulturasi motif pribumi, Arab, China, dan Eropa menciptakan karya batik yang luar biasa. Bisa kita lihat dari warananya saja sudah beda, ada warna pastel, seperti pink terang dan oranye. Jadi, tidak hanya cokelat atau hitam saja," paparnya.

Di upacara pembukaan, Jokowi dan beberapa menteri yang hadir kompak berkemeja batik Pekalongan warna hijau sage. Menurut Asyfa,  warna ini diasumsikan pihaknya untuk mewakili jiwa anak muda yang bebas. Lebih lanjut, Fajar Dewa dari Museum Batik Pekalongan, mengatakan bahwa motif di kemeja batik itu merupakan motif baru.

"Motif campuran di tengah menunjukkan perkembangan kota, sementara ini (bagian sisinya) yang bermotif geometris merupakan penyanggah dari perkembangan itu," katanya dalam wawancara terpisah di area paviliun Pemerintah Kota Pekalongan. "Ini sebenarnya motif baru, hasil modifikasi motif lawasan, termasuk jlamprang."

4 dari 4 halaman

Batik Pekalongan di INACRAFT

Warna hijau sage, Dewa mengatakan, merupakan pesanan "panitia INACRAFT." "Tapi secara filosifisnya, hijau melambangkan kedamaian dan spiritual," imbuhnya. Perajin batik Pekalongan disebut hanya membuat kain batik yang kemudian dibagikan untuk dijahit sendiri.

Dewa menyebut bahwa dedengkot batik Pekalongan "turun" ke INACRAFT. "Ada lebih dari 50 perajin yang buka booth," sebutnya. Wakil Wali Kota Pekalongan Salahudin berkata, batik Pekalongan bisa semakin maju karena generasi muda di sana mau terjun ke dunia batik.

"Ada (pelajaran tentang batik) di kurikulum lokal sejak SD. Kami juga punya museum batik, dan anak-anak ini rutin ke sana," ujar dia. Demi mengakomodasi beragam pangsa pasar, batik Pekalongan dijual dengan harga variatif, mulai dari di bawah Rp100 ribu sampai ratusan juta rupiah. 

"Kalau harga Rp10 juta, mereka (konsumen) harus pegang bahan, jadi agak susah kalau (jualan) online. Enaknya kayak di sini (INACRAFT), langsung ketemu, lihat motif, sentuh kainnya, baru beli," paparnya.

Sementara pengunjung umum dikenakan tarif harga masuk Rp25 ribu, seperti telah disinggung, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (BPP ASEPHI) menyebut mahasiswa bisa datang secara gratis.

Ada 772 booth di ruang pamer yang terdiri dari Anggota ASEPHI, 21 peserta binaan BUMN, 18 peserta binaan Dinas/Dekranasda, dan peserta internasional dari negara-negara sahabat. INACRAFT 2023 menargetkan 100 ribu pengunjung dengan target transaksi retail Rp50 miliar rupiah dengan kontrak dagang diharapkan mencapai 1 juta dolar AS.

"Uniknya di INACRAFT ini pengunjung bisa 'tawar-menawar,'" sebut Asyfa. "Di sini ada semua, dari produk berharga terjangkau sampai mahal, dan setiap INACRAFT, kami memang mengundang buyer dari luar negeri seperti dari Jepang dan World Crafts Council."

INACRAFT on October 2023 masih akan berlangsung sampai Minggu, 8 Oktober 2023 dengan jam operasinal 10.00 sampai 21.00 WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat