uefau17.com

6 Fakta Menarik Hawaii, Satu-satunya Negara Bagian AS yang Terpisah dari Benua Amerika - Lifestyle

, Jakarta - Hawaii adalah negara bagian Amerika Serikat yang ke-50 dan diklaim sebagai bagian AS pada tanggal 21 Agustus 1959 setelah perang bertahun-tahun dengan penduduk asli. Hawaii adalah satu-satunya negara bagian di Amerika Serikat yang terpisah dari benua Amerika dan berupa kepulauan sekaligus masuk kawasan Oseania.

Mengutip dari laman Britannica, Rabu (12/7/2023), wilayah Hawaii merupakan sekelompok pulau vulkanik di tengah Samudra Pasifik. Kepulauan ini terletak 3.857 km dari San Francisco, California, ke arah timur dan 8.516 km dari Manila, di Filipina, ke arah barat.

Ibu kota Hawaii adalah Honolulu yang terletak di pulau Oahu. Kepulauan ini dulu ditemukan oleh James Cook, seorang penjelajah Inggris pada tanggal 10 Januari 1778. Penduduk asli kepulauan Hawaii adalah suku Hawai'i yang merupakan keturunan bangsa Polinesia. 

Masih banyak hal mengenai Hawaii selain letak geografisnya. Berikut enam fakta menarik Hawaii yang dirangkum pada Rabu (12/7/2023).

1. Asal-usul Nama Hawaii

Nama tersebut diperkirakan berasal dari Hawaiki, nama lama Raiatea, rumah leluhur orang Polinesia. Sementara asal-usul kata Hawaii berasal dari bahasa Proto-Polinesia (Polinesia Kuno), Sawaiki yang berarti "Tanah air".

Adapun asal usul pulau, pulau kecil, dan gunung laut Hawaii dapat ditelusuri setidaknya 70 juta tahun yang lalu, menjelang akhir Zaman Kapur yakni 145 juta hingga 66 juta tahun yang lalu. Aktivitas vulkanik menjadi tidak aktif, kecuali gunung berapi yang muncul di Mauna Loa, Kilauea, dan Gunung Laut Lō'ihi. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Hawaii Dulunya Kerajaan

Hawaii dulunya masih berupa kerajaan yang berturut-turut diperintah oleh raja Kamehameha I hingga Kamehameha IV lalu dilanjutkan oleh Lunailo, Kalakaua, dan pemimpin terakhir adalah Liliuokalani. Pada 1898, kerajaan ini diinvasi oleh Amerika Serikat dengan bantuan misionaris Kristen dan pedagang asal AS hingga diklaim sebagai negara bagian AS ke-50 usai peperangan bertahun-tahun.

3. Pemukim Asli Hawaii Orang Polinesia 

Sebagian besar antropolog percaya bahwa pemukiman asli Hawaii adalah oleh orang Polinesia yang bermigrasi ke barat laut dari Kepulauan Marquesas antara abad ke-4 dan ke-7 M, diikuti oleh gelombang kedua imigran yang berlayar dari Tahiti selama abad ke-9 atau ke-10.

Hawaii sempat terisolasi hingga Hawaii mengembangkan ciri khasnya sendiri, meskipun masih ada kemiripan yang agak dekat dalam bahasa dan budaya antara orang Hawaii dan kerabat Polinesia mereka. Orang Hawaii asli sangat terampil dalam memancing dan bertani.

3 dari 4 halaman

4. Gunung Api Aktif Terbesar di Dunia

Mauna Loa adalah gunung berapi aktif terbesar di dunia berada di Hawaii. Mauna Loa mengalami erupsi untuk pertama kalinya dalam kurun 40 tahun.

Aliran lahar sebagian besar masih terkandung di dalam puncak gunung, akan tetapi warga telah bersiaga. Sebelumnya warga di sekitar gunung juga sudah diperingatkan adanya potensi hujan abu.

Mauna Loa, berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Berapi Hawaii yang mencakup separuh Pulau Besar di negara bagian AS tersebut. Gunung berapi ini memiliki ketinggian 4.169 mdpl di atas permukaan laut, dan memliki luas lebih dari 5.179 km persegi.

5. Wisata di Hawaii

Hawaii memiliki 8 pulau besar dengan pantai-pantai yang terkenal. Salah satunya Pantai Waikiki yang berlokasi di Oahu selalu menjadi pusat perhatian wisatawan untuk surfing dan telah eksis sejak tahun 1950-an.

Selain itu ada pula Pantai Lanikai dalam bahasa Inggris disebut Heavenly Sea. Ciri khas dari pantai ini adalah air pantainya sangat jernih dan didukung dengan pasir pantainya yang putih. 

Kunjungi juga Hawaii Volcanoes National Park. Taman Nasional Gunung Api Hawaii mencakup dua Gunung Berapi yang masih aktif yakni Gunung Api Kilaulea dan gunung Api Loa.

4 dari 4 halaman

6. Kuliner di Hawaii

Mengutip drai laman TasteAtlas, Rabu (12/7/2023), poke adalah hidangan tradisional Hawaii yang dibuat dengan potongan kecil ikan atau makanan laut segar dan mentah, yang dipadukan dengan sayuran, herba, bumbu, dan bumbu yang dicincang halus. Meskipun poke tradisional menggunakan tuna ahi (tuna sirip kuning) atau gurita, variasi hidangan ini belakangan tidak terbatas, termasuk menyodok dengan salmon, remis, daging kepiting, atau tiram, serta versi vegetarian dengan potongan dadu alpukat.

Bahan khas selain ikan mentah atau makanan laut termasuk bawang manis, bawang putih, bawang merah, daun bawang, biji wijen, rumput laut, kemiri, ganggang coklat, kecap, madu, minyak wijen, serpihan paprika merah, dan garam laut Hawaii. Pembuatan poke dilakukan nelayan setempat yang biasa memadukan ikan karang kecil yang baru ditangkap dengan sedikit bumbu seperti garam laut, kemiri, limu, dan rumput laut untuk camilan yang mengenyangkan.

Poke biasanya dikonsumsi sendiri sebagai hidangan pembuka atau dengan nasi putih kukus untuk makanan lengkap. Hidangan ini tersedia di banyak supermarket di Hawaii.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat