uefau17.com

Tekwan Masuk 15 Besar Sup Ikan Terpopuler di Dunia Versi TasteAtlas - Lifestyle

, Jakarta - Makanan Indonesia kembali mencuri atensi di kancah dunia. Kali ini, tekwan, sajian khas Palembang, Sumatera Selatan berhasil masuk dalam daftar 15 besar sup ikan terpopuler versi TasteAtlas.

Dikutip dari laman TasteAtlas, Minggu (9/7/2023), tekwan berada di posisi ke-15 di antara 50 sup ikan paling populer di dunia yang dirilis pada Rabu, 5 Juli 2023. Tekwan mendapat 3,8 dari 5 bintang dari pemeringkatan tersebut.

"Tekwan adalah sup bakso ikan tradisional Indonesia. Komponen penting dari hidangan ini adalah bakso ikan tekwan, dari mana nama hidangan tersebut berasal. Biasanya terbuat dari pasta ikan, tapioka, dan tepung, direbus atau digoreng sebelum ditambahkan ke dalam kuah," bunyi keterangan dalam laman TasteAtlas.

Disebutkan pula bahwa kaldu dari tekwan biasanya berbahan dasar ikan atau udang. Sajian ini juga ditambarkan jamur, bunga lili kering, irisan bengkuang, bawang putih, dan daun bawang serta disajikan dengan tekwan.

"Beberapa jenis hidangan juga termasuk bihun dan sayuran lainnya. Asal muasal tekwan dipercaya berasal dari kota Palembang yang terletak di Sumatera Selatan, dari sinilah sup lezat ini tersebar hingga ke pelosok Tanah Air. Biasanya ditemukan di menu restoran Indonesia, dan biasanya disajikan di warung - jajanan kaki lima tradisional Indonesia," lanjut keterangan tersebut.

Makanan khas Palembang ini juga didampingi dengan sambal tradisional Indonesia. "Disajikan di samping, memungkinkan orang untuk menyesuaikan kepedasan sesuai dengan selera dan preferensi mereka," tambah keterangan itu.

TasteAtlas juga menyertakan lima tempat teratas untuk menyantap tekwan. Lokasi itu tersebar dari yang berada di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, hingga tempatnya berasal, Palembang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar 15 Besar Sup Ikan Terpopuler di Dunia Versi TasteAtlas

15. Tekwan (Palembang, Indonesia)

14. Penang laksa (Penang, Malaysia)

Perpaduan sempurna antara rasa pedas, manis, gurih, dan umami, penang laksa adalah jajanan pinggir jalan Malaysia yang populer, berasal dari negara bagian barat laut Penang. Sup mi hangat ini dibuat dengan makarel rebus (atau ikan sarden), asam jawa, serai, dan cabai sebagai bahan dasarnya.

13. Rybí polévka (Republik Ceko)

Rybí polévka adalah sup ikan tradisional Ceko yang dinikmati sebagai bagian dari makan malam Natal yang meriah. Biasanya dibuat dengan ikan mas, berbagai umbi-umbian, dan rempah-rempah yang berbeda, tetapi beberapa versi juga menggunakan anggur putih, krim, atau telur ikan.

12. Laksam (Terengganu, Malaysia)

Secara tradisional diasosiasikan dengan daerah Kelantan dan Terengganu, sup Malaysia yang beraroma ini terdiri dari bihun gulung yang disajikan dalam kaldu ikan yang lembut. Mi-nya dibuat dengan adonan tepung beras tipis yang dituang di atas permukaan datar, dikukus, lalu digulung dan diiris kecil-kecil.

11. Assam laksa (Penang, Malaysia)

Assam laksa adalah sup mi asam berbahan dasar ikan tradisional Malaysia. Ini adalah salah satu dari banyak jenis laksa, sup mi populer yang tersebar luas di seluruh Asia Tenggara. Hidangan ini terdiri dari bihun, suwiran ikan, dan irisan sayuran, biasanya ketimun, bawang merah, dan selada.

10. Cullen Skink (Cullen, Skotlandia)

Meski telah disiapkan secara tradisional di sepanjang pantai, Cullen skink adalah hidangan yang berasal dari desa nelayan Cullen di Skotlandia Timur Laut. Sup ikan yang kental dan lembut ini biasanya berbahan dasar haddock asap yang dimasak dengan susu, daun bawang, bawang bombai, dan kentang yang menjadi isian massal.

3 dari 4 halaman

9. Zupa rybna (Polandia)

Sup ikan tradisional Polandia biasanya terdiri dari fillet ikan, sayuran, dan berbagai bumbu dan rempah segar. Meski pilihan bahan dan cara pembuatannya bisa berbeda-beda, sup biasanya dibuat dengan kaldu ikan yang beraroma.

8. Psarosoupa (Yunani)

Yunani psarosoupa (sup ikan) adalah hidangan sederhana yang terdiri dari ikan, biasanya varietas berdaging keras seperti belanak merah, kakap, ikan kod, atau gurnard merah, direbus dengan sayuran; paling sering kombinasi wortel, seledri, dan bawang bombai, atau daun bawang, bawang putih, dan kentang.

7. Halászlé (Hungaria)

Halászlé atau sup nelayan dibuat dengan campuran ikan sungai yang dimasak dalam kaldu yang dibumbui dengan paprika panas. Ikan, terutama karper, lele, tenggeran, atau pike, bersumber secara lokal dari sungai Tisza dan Danube, dan meskipun halászlé tampak seperti hidangan sederhana, sup yang kaya rasa ini secara tradisional disiapkan di luar dan dimasak dalam ketel di atas api terbuka.

6. Shark Fin Soup (Guangdong, China)

Sup sirip hiu adalah sup kontroversial yang berasal dari China, dibuat dengan sirip hiu dan dibumbui dengan ayam atau jenis kaldu lainnya. Sirip hiu memiliki rasa yang sedikit netral, dan digunakan dalam hidangan untuk menambah tekstur. Diyakini bahwa sup sirip hiu pertama ditemukan oleh seorang kaisar pada masa Dinasti Sung yang ingin memamerkan kekuatan, kekayaan, dan kemurahan hatinya kepada tamunya.

4 dari 4 halaman

5. Salmon Soup (Lohikeitto) (Finlandia)

Lohikeitto adalah sup salmon krim yang juga dikenal sebagai laxsoppa di Swedia. Selain potongan fillet salmon, secara tradisional menggabungkan kentang potong dadu dan wortel yang dimasak dalam kaldu beraroma mentega yang diinfuskan dengan kaldu ikan dan krim.

4. Ukha (Rusia)

Ukha adalah sup pedesaan Rusia yang terdiri dari kaldu yang diisi dengan rempah-rempah, bumbu, umbi-umbian, dan ikan seperti salmon, cod, hinggap, dan trout. Sedikit vodka sering ditambahkan ke dalam panci saat sup sedang mendidih. Meskipun berasal dari kaldu sederhana, ia berkembang menjadi hidangan yang rumit selama abad ke-16 dan ke-17, saat disajikan di pengadilan Rusia.

3. Encebollado (Ekuador)

Encebollado adalah hidangan nasional Ekuador, sup ikan yang bercirikan banyak bawang. Sangat berguna untuk menyembuhkan mabuk, hidangan ini dibuat dengan daging tuna segar, akar singkong, tomat, bawang merah, ketumbar, dan aneka bumbu. Tomat, bawang bombay, cabai, ketumbar, dan jinten membentuk campuran pedas dan bahan dasar sup, yang disebut sofrito, sedangkan acar bawang ditempatkan di atas encebollado atau di dalamnya, memberinya nama yang secara harfiah diterjemahkan menjadi bawang.

2. Sweet and Sour Tamarind Soup (Canh chua) (Mekong Delta, Vietnam)

Canh chua adalah sup Vietnam populer yang berasal dari wilayah Delta Mekong. Ini ditandai dengan rasa yang kontras, yakni asam, manis, dan gurih. Supnya menggunakan bahan-bahan seperti makanan laut (belut, udang, gabus, lele), tomat, okra, nanas, asam jawa, tauge, dan bumbu segar dengan rasa yang tajam.

1. Bouillabaisse (Marseille, Prancis)

Sup ikan (dan rebusan) tradisional Provençal ini berasal dari abad ke-18 ketika pertama kali dibuat oleh nelayan Marseillaise, yang akan menyiapkannya menggunakan sisa tangkapan harian mereka, memanfaatkan apa yang ada di jaring mereka sebaik mungkin.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat