uefau17.com

Mary Quant Desainer Pencipta Rok Mini Meninggal Dunia di Usia 93 Tahun, Popularitasnya Sempat Disetarakan dengan The Beatles - Lifestyle

, Jakarta - Mary Quant, desainer fesyen asal Inggris meninggal dunia di usia 93 tahun. Perancang mode yang memengaruhi kaum muda di seluruh dunia di era 1960an tersebut disebut berperan penting mempopulerkan rok mini, bahkan beberapa menyebutnya sebagai penemu rok mini.

Ia membuat inovasi dengan celana ketat yang sejalan dengan desainnya, membuat gaun dan aksesori yang menjadi bagian integral dari tampilan tersebut. Dia memadupadankan bahan sederhana yang memiliki elemen imajinatif. Beberapa kritikus membandingkan dampak karyanya pada dunia fesyen setara efek The Beatles pada musik pop.

"Saya pikir itu adalah acara pertemuan yang menyenangkan, yang sebenarnya sering kali tentang mode," kata Hamish Bowles, editor majalah Vogue Amerika. "Dia adalah orang yang tepat dengan kepekaan yang tepat di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Dia muncul di tempat kejadian tepat di puncak era 60-an."

Dikutip dari NY Post, Jumat (14/4/2023), Bowles menyebut Mary Quant sebagai pengusaha wanita yang cerdas. Quant disebut memahami bagaimana mencitrakan dirinya sebagai kekuatan kreatif yang membantu mempertahankan kelangsungan bisnisnya dan mengembangkannya ke bidang baru, seperti kosmetik.

Quant diposisikan dengan sempurna untuk memanfaatkan "kegemparan anak muda" yang terjadi pada 1960-an. Dia merasakan bahwa hari-hari salon eksklusif hanya bertahan dalam hitungan hari, dan berpikir bahwa desainer hebat Paris pun akan mengikuti tren pakaian siap pakai.

Penampilan yang dia ciptakan seksi dan menyenangkan, yang membuat perbedaan tajam dengan gaun bunga-bunga yang banyak dikenakan wanita seusai perang, ketika penjatahan makanan masih berlaku dan anggaran rumah tangga yang ketat berarti hanya ada sedikit pendapatan yang dapat dibelanjakan.

Quant memperkenalkan rok mini dengan keliman hingga 8 inci di atas lutut di London, Inggris, pada 1966. Desainnya langsung menjadi hit di kalangan anak muda, sebagian karena mengejutkan dan menyinggung banyak orang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memassalkan Rok Mini ke Dunia

Beberapa bersikeras dia pertama kali mengembangkan gaya tersebut, tetapi banyak juga yang menganggap desainer Prancis Andre Courreges sebagai orang pertama yang menampilkan gaun mini dalam koleksi musim semi 1964-nya. Yang lain mengutip rok pendek yang dikenakan oleh aktris Anne Francis dalam film Forbidden Planet pada 1956 sebagai contoh pertama rok mini.

Terlepas apakah Quant menjadi desainer pertama atau bukan, tidak ada keraguan bahwa dialah yang menemukan cara memasarkan rok mini ke pasar luas. Dibandingkan Courreges yang akar tradisinya adalah haute couture dan pakaian yang didesainnya untuk khalayak terbatas, Quant menggunakan berbagai bahan dan warna untuk membuat rok mini populer di kalangan wanita muda dengan anggaran terbatas.

Dia melesat ke puncak kancah mode saat The Beatles dan Rolling Stones mendominasi dunia musik, dan dia selamanya dikaitkan dengan kebebasan yang memabukkan pada masa itu.

"Perubahan sedang terjadi," kata Sonnet Stanfill, kurator mode di Museum Victoria dan Albert London, yang memamerkan beberapa karya Quant. "Dia mengidentifikasi pasar kaum muda, dan dia memiliki perasaan yang tepat tentang apa yang ingin dikenakan oleh pelanggannya. Setelah perang, ada kebutuhan akan alternatif untuk wanita yang lebih muda, dan dia benar-benar menyediakannya," ia mengatakan.

3 dari 4 halaman

Tak Masalah Dianggap Vulgar

Pakaian tersebut menjadi sangat populer dan dikenakan model seperti Twiggy dan Pattie Boyd, yang saat itu menikah dengan gitaris Beatles George Harrison. Saat Guardian pada 1967 bertanya apakah pakaiannya dapat dianggap 'vulgar' karena sangat terbuka, Quant menjawab bahwa dia menyukai kevulgaran dan menerimanya.

"Selera yang baik adalah kematian, vulgar adalah kehidupan," katanya, seraya menambahkan bahwa pose provokatif para modelnya mencerminkan keterbukaan seksual baru pada masa itu, yang dipicu oleh pengembangan pil KB. Dia mengatakan ketersediaan pil kontrasepsi memungkinkan wanita untuk menikmati seks dan memutuskan sendiri apakah akan hamil.

Quant juga dianggap memperkenalkan hot pants dan mikro-mini ke kancah mode di akhir 1960-an. Dia diangkat menjadi Perwira Kerajaan Inggris untuk layanan industri mode pada 1966. Ia bahkan mengenakan rok mini yang menjadi ciri khasnya saat menerima kehormatan di Istana Buckingham.

Quant mengundurkan diri dari manajemen harian perusahaannya, Mary Quant Ltd., pada 2000 setelah dibeli sebuah perusahaan Jepang, tetapi tetap bekerja sebagai konsultan. Perusahaan terus menggunakan motif bunga aster dan logo yang dipelopori Quant pada 1960-an, dan mempertahankan satu toko di London, selain sekitar 200 toko di Jepang.

4 dari 4 halaman

Profil Singkat Mary Quant

Mary Quant lahir pada 11 Februari 1934 dari pasangan guru sekolah. Ia belajar seni di Goldsmith's College London sebelum beralih ke dunia fesyen, menjadi pemagang di toko topi sebelum mencoba mendesain karyanya sendiri.

Dibantu suami kaya sekaligus mitra bisnisnya, Alexander Plunket Greene, dan akuntan Archie McNair, ia berhasil membuka Bazaar di Chelsea pada 1955. Ia awalnya mengandalkan tampilan jendela yang inovatif untuk mendatangkan pelanggan lebih muda.

"Keangkuhan sudah ketinggalan zaman, dan di toko kami Anda akan menemukan bangsawan berdesak-desakan dengan juru ketik untuk membeli gaun yang sama," kata Quant suatu kali. Dia menyebut toko itu "toko permen canggih untuk orang dewasa."

Bazaar menjadi titik fokus bagi kaum muda, dan kehadirannya di sana membantu menjadikan lingkungan itu sebagai destinasi favorit. Restoran kecil, bistro, dan pub, semuanya berkembang pesat dan butik lain dibuka, memberi Chelsea's King's Road nuansa pesta abadi.

Toko itu sangat sukses sehingga dia segera pindah ke bagian lain London dan mulai mengekspor pakaiannya ke Amerika Serikat, tempat "invasi Inggris" sedang berlangsung. Quant sering menjadi model untuk pakaiannya sendiri, tampil cantik dan percaya diri secara alami dengan modenya sendiri. Rambutnya biasa ditata dengan gaya bob yang khas oleh penata rambut Vidal Sassoon.

Dia segera mendiversifikasi minatnya, mengembangkan garis rias populer dan beralih ke peralatan dapur dan aksesori rumah tangga. Riasannya terbukti sangat menguntungkan, terutama di Jepang, di mana Quant mempertahankan pengikut setianya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat