uefau17.com

Kiat Umrah Mandiri, dari Hotel hingga Cara Akses Transportasi Bus Gratis Keliling Makkah - Lifestyle

, Jakarta Tak semua orang mampu membayar biaya umrah yang sekarang mencapai puluhan juta rupiah. Tapi jika sudah memiliki keinginan kuat, pergi umrah mandiri atau backpacker bisa menjadi alternatif.

Seorang pengguna TikTok @ariansahidi membagikan pengalamannya saat menjalani umrah backpacker. Dalam konten video yang berseri, dibahas mengenai rekomendasi hotel murah hingga bagaimana cara mendapatkan bus gratis.

tulisnya di salah satu keterangan video, dikutip Minggu, 5 Maret 2023. 

Ia menjelaskan menghabiskan 14 hari menginap untuk keperluan umrah. Ia merekomendasi Paradise International Hotel yang berlokasi di Makkah sebagai tempat menginap. Tampak di video, penginapan tersebut seperti hotel bintang 3 dengan kamar yang bisa memuat kasur twin. Lantainya menggunakan karpet dan terdapat pendingin ruangan. 

"Hotelnya berjarak kurang lebih 1,5 km dari Masjidil Haram tapi ada shuttle bus yang siap antar jemput kapan pun kita mau ke Masjidil Haram," tulisnya di video.

Satu kamar tersebut menurutnya bisa diisi oleh tiga orang. Ia membayar untuk 14 hari seharga Rp4,2 juta tanpa sarapan. Menurutnya, kamarnya bersih, petugas kebersihan membersihkan ruangan itu dua hari sekali.

"Yang menginap di sini nggak hanya anak muda, orangtua juga banyak. Karena memang antar jemputnya setiap saat, jadi sudah murah nyaman buat istirahat," ungkapnya lagi.

Ia pun memperlihatkan kamar mandi di dalam yang tampak bersih dengan pancuran dan toilet duduk. Lalu, ia menunjukkan fasilitas shuttle bus khusus dari hotel yang diinapinya. "Nyaman, full AC, cuma 5--7 menit dari hotel ke Masjidil Haram," tambahnya lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bus Gratis Keliling Mekah

Ia juga berbagi tips menghemat biaya transportasi selama menginap di Makkah. "Jangan bingung ya kalau mau keliling kota Mekah kalau kamu umrahnya mandiri," beber sang pemilik akun.

Dari Stasiun Kereta di Makkah menuju Al Haram atau Masjidil Haram, Anda bisa naik Makkah Bus no 7A yang gratis, lalu turun di halte Jabal Omar. Sementara untuk ambil Miqat di Masjid Aisyah/Tan'im, Anda bisa ambil Makkah Bus no 2 dan no 12 dari halte sebelah Anjum Hotel yang menuju Tan'im. 

Jika mau keliling dalam kota Makkah, Anda bisa naik Makkah Bus. Bus terbilang nyaman, bersih dan memiliki fasilitas internet gratis selama di dalam bus. Wifi hanya perlu disambungkan saja. Pembuat konten juga menyarankan untuk mengunduh aplikasi Makkah Transit untuk melihat jadwal bus.

Tampak di video bus yang dimaksud agak mirip dengan bus Trans Jakarta yang ada di Indonesia. Selain itu, terdapat pemberitahuan di layar bergerak ketika bus sampai pada titik perhentian tertentu.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Umrah Mandiri

Di tayangan lainnya ia juga membagikan perjalanan mulai dari naik pesawat, penerbangan dari Jakarta menuju Jeddah dengan transit selama 13 jam di Abu Dhabi. Selama penerbangan, ia mengaku mendapatkan paket internet gratis 200 MB sehingga tidak merasa bosan.

Pesawat yang ia naiki adalah Etihad yang menurutnya menunya selalu lengkap. Terdapat roti, makanan utama, air minerat, hingga puding sebagai makanan penutup. Seperti pada penerbangan umumnya, ia juga bisa memesan jus atau teh susu.

Ternyata di Abu Dhabi, ia sudah dijemput sahabatnya yang tak dijumpainya dalam tujuh tahun terakhir. Perhentiannya di Abu Dhabi adalah untuk istirahat tidur di apartemen temannya, untuk melanjutkan kembali penerbangan besok pagi ke Jeddah

Di salah satu slide, tampak pemandangan kota Abu Dhabi dari apartemen sahabatnya. Di pagi hari, ia melanjutkan penerbangan dengan langsung mengenakan baju ihram.

Sesampainya di Jedah Airport, ia lanjut naik kereta cepat ke Makkah. Tiba di hotel, pria itu menaruh barangnya untuk langsung umrah. Menurutnya, perjalanan lancar sambil menangis sepanjang rangkaian umrah.

4 dari 4 halaman

Biaya Umrah Mandiri

Di episode tiga unggahan, Arian Sahidi membagikan estimasi biaya umroh mandiri. Menurutnya hal ini banyak ditanyakan para warganet yang menonton konten seputar umroh yang dibuatnya.

Selama 14 hari di Mekah dan 4 hari di Madinah serta 2 hari perjalanan pulang pergi berikut rinciannya:

  1. Tiket Jakarta - Jeddah: 1564 SAR atau setara Rp
  2. Tiket Madinah - Jakarta: 1134 SAR
  3. Visa: 1006 SAR 
  4. Paket Data Umroh: 60 SAR 
  5. Hotel Paradise International Mekah 14 Hari: 1067 SAR
  6. Hotel Al Madinah Stars 4 Hari share cost: 35 SAR
  7. Taxi dari Masjid Nabawi ke Bandara di Madinah: 50 SAR
  8. Kereta Cepat Jeddah Airport - Mekah:35 SAR
  9. Bus Saptco Makkah - Madinah: 69 SAR
  10. Makan: 400 SAR
  11. Lain-lain: 100 SAR (Untuk taxi ke Tab'im dan ke Jabal Nur)

Total: 5695 SAR yang setara dengan kisaran Rp22,9 juta

Menurutnya, total perjalanan yang ia habiskan adalah 20 hari, dengan 18 hari di Saudi dan dua hari di Uni Eropa. Ia mengatakan di waktu tersebut bisa umrah berkali-kali. Selama di Makkah, ia umrah empat kali dalam dua pekan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat