uefau17.com

Insiden Wahana Tornado Dufan Berhenti di Tengah Jalan, Begini Respons Manajemen Ancol - Lifestyle

, Jakarta - Sebuah video viral di TikTok menampilkan wahana Tornado di Dunia Fantasi (Dufan) berhenti di tengah jalan dengan kursi penumpang hampir terisi penuh. Kaki para penumpang terlihat menggantung di udara, menunggu wahana itu bergerak kembali.

"Jadi, mesin Tornado ini trouble dan lihat penumpang [..] orang di sini," suara perekam video yang diunggah di akun TikTok 8836712812334. Disebutkan pula insiden itu terjadi pada Sabtu, 24 Desember 2022.

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol pun membenarkan insiden tersebut. Dilansir Antara, Sabtu, 31 Desember 2022, Korporat Komunikasi Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho mengaku wahana berhenti beroperasi karena sistem pengamanan wahana tersebut berfungsi dengan baik.

"Itu bekerja menghentikan permainan seketika ketika sensor memonitor sesuatu yang kurang lancar saat operasional," katanya.

Setelah wahana berhenti, ia menyatakan petugas langsung mengevakuasi seluruh penumpang dalam kurun waktu sekitar lima menit. "Semua pemain bisa selamat tanpa cedera," sambung dia. Eko juga menyebut bahwa wahana itu kembali berjalan normal sejak pukul 17.00 WIB, pada 24 Desember 2022 hingga hari ini.

Di sisi lain, pihak Ancol menyiagakan 278 personel pengamanan operasional untuk mengamankan situasi di kawasan Ancol saat libur akhir tahun. Jumlah itu belum termasuk tenaga pengamanan gabungan sebanyak 625 personel yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Perhubungan (Dinkes), dan pemadam kebakaran (damkar).

Manajemen Ancol juga menyiapkan enam titik Pos Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), enam titik pos polisi di dalam area Ancol, delapan pos "life guard" sepanjang pantai dan lima titik pos Satgas COVID-19 untuk memastikan keselamatan pengunjung selama masa libur akhir tahun. Selain Pos P3K, Ancol juga menyiagakan tiga unit ambulans saat darurat di area rekreasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesta Kembang Api

Pada malam tahun baru, Ancol menyiapkan Ancol Wonderfest untuk merayakan malam Tahun Baru 2023. "Kuota terbatas dan beli tiket (masuk Ancol) wajib online H-1 sebelum kunjungan di ancol.com," kata Ancol di akun Instagram @infodufan.

Acara itu dimeriahkan beragam kegiatan termasuk Ancol Musication, Om Perlan 86, dan Year end culinary yang berlangsung pada 31 Desember 2022 dan 1 Januari 2023. Sementara, pertunjukan kembang api berlangsung jelang pergantian tahun baru, yakni Sabtu, 31 Desember 2022. Seluruh acara dipusatkan di Pantai Festival.

Tapi pengunjung juga bisa menghadiri berbagai acara yang digelar di Pantai Lagoon, Pasar Seni, Plaza Lagoon, dan event Symphony of the Sea berupa beach show pada 31 Desember 2022 dan beach parade pada 1 Januari 2023. Pengelola kemudian menutup kawasan Ancol setelah pertunjukan kembang api pada pukul 01.00 WIB dinihari.

Meski kawasan diguyur hujan ringan, pengunjung tetap menyemuti objek wisata di Jakarta Utara itu. Pengunjung yang mendatangi Ancol  tercatat lebih dari 22 ribu orang hingga pukul 16.00 WIB kemarin. Angka tersebut terus bertambah mengingat tren kunjungan meningkat saat momentum pergantian tahun.

3 dari 4 halaman

Kapasitas 100 Persen

Pada Sabtu kemarin, Ancol menutup unit rekreasi, seperti Dufan, Sea World, dan Atlantis, lebih awal, yakni pukul 15.00 WIB. Pengunjung lalu memadati area pantai untuk menghabiskan malam tahun baru di Ancol.

Setelah pemerintah mencabut aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Ancol sudah beroperasi 100 persen dan tidak lagi menerapkan pembatasan jumlah pengunjung. Kendati demikian, untuk mendapat tiket masuk pintu gerbang Ancol, manajemen tetap memberlakukan sistem pembelian dalam jaringan (daring) di situs www.ancol.com kepada setiap pengunjung.

Perayaan malam tahun baru juga berlangsung meriah di kawasan Sudirman - Thamrin yang memberlakukan car free night (CFN). Dikutip dari kanal News , sebagian masyarakat percaya diri untuk tidak lagi mengenakan masker.

"Kan PPKM sudah dicabut," kata Anto salah satu warga yang tak bermasker di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu, 31 Desember 2022.

Meski begitu, sebagian masyarakat masih mengenakan masker. "Ngerasa lebih aman saja kalau pakai masker," ujar Fitri yang memiliki opini berbeda.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya resmi mencabut aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), mulai Jumat, 30 Desember 2022. Dia menjelaskan pencabutan PPKM itu menyusul situasi situasi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali.

4 dari 4 halaman

Wajib Pakai Masker

Jokowi menyatakan pemerintah telah mengkaji rencana pencabutan itu selama lebih dari 10 bulan. "Lewat pertimbangan-pertimbangan yang berdasarkan angka-angka yang ada, maka pada hari ini pemerintah memutuskan untuk mencabut PPKM," jelas dia dalam konferensi pers di Istana Negara Jakarta.

Jokowi menuturkan berbagai kondisi yang dipantau pemerintah sebelum memutuskan pencabutan PPKM di Indonesia. "Per 27 Desember 2022, 1,7 kasus per satu juta penduduk, positivity rate mingguan itu 3,35 persen, tingkat perawatan rumah sakit atau bor berada di angka 4,79 persen dan angka kematian di angka 2,39 persen. Ini semuanya berada di bawah standar dari WHO," katanya.

Meski PPPKM dicabut, semua masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap risiko penyebaran Covid-19. Selain itu, kewajiban pemakaian masker di keramaian dan ruang tertutup tetap dilanjutkan.

Salah satunya saat menggunakan transportasi publik, seperti KRL. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI tetap mewajibkan seluruh penumpang moda kereta api untuk menggunakan masker. 

"Masker masih tetap diwajibkan di seluruh layanan KAI," kata Vice President Public Relations KAI Joni Martinus kepada Merdeka.com di Jakarta, Jumat, 30 Desember 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat