uefau17.com

Gaya Xi Jinping dan Istri Pakai Tenun Endek Bali di Jamuan Makan Malam G20 - Lifestyle

, Jakarta - Para pemimpin negara G20, termasuk Presiden China Xi Jinping didampingi istrinya Peng Liyuan, mengikuti acara jamuan makan malam di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali pada Selasa malam, 15 November 2022. Xi terlihat mengenakan kemeja berbahan tenun endek Bali.

Kemeja berwarna dasar biru itu berpadu apik dengan gaun cheongsam sang istri. Peng Liyuan tampil anggun menunjukan sisi cerah negeri Tirai Bambu dengan busana berpotongan longgar berwarna putih. Tak lupa, ia juga menyampirkan selendang dari bahan tenun yang sama dengan kemeja suaminya. 

Ia dan istri langsung disambut salut senjata sesaat keluar dari mobil. Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan ibu negara Iriana menunggu di ujung karpet lainnya. Mereka saling berjabat tangan, berbincang sejenak, sebelum mengabadikannya dengan berfoto bersama. 

Sebagian besar tamu VVIP pada malam itu mengenakan kemeja berbahan tenun endek. Mengutip situs resmi Direktorat Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, Rabu (16/11/2022), tenun endek Bali adalah satu karya tradisional hasil perpaduan sosial, budaya, kepercayaan dan bakat alami masyarakat Bali yang proses penenunannya dilakukan manual. Tenun endek sudah terkenal sejak 1970, kualitasnya ditentukan oleh kecerahan, kerapian, bahan benang, dan motif yang ditampilkan.

Nama endek berasal dari bahasa setempat yaitu gendekan atau ngendek yang berarti diam atau tetap, tidak berubah warna. Sebutan itu muncul di tengah proses pembuatannya, yaitu pada saat diikat warnanya tetap atau tidak berubah yang di Bali disebut "ngedek".

Berbagai kepercayaan di Baki juga memengaruhi produksi tenun endek Bali. Banyak lokasi pembuatan dan fungsi dari tenun endek Bali membawa berbagai pantangan dalam pembuatannya. Di beberapa daerah dipercaya, produksi tenun endek bali tidak boleh dilakukan ketika penenun sedang datang bulan.

Di daerah lain juga dipercaya ada hari tertentu tidak boleh dilakukan proses penenunan, seperti hari bulan purnama dan tilem atau bulan mati. Kepercayaan tersebut berlaku pula pada saat Hari Galungan dan Kuningan tepatnya di Hari Sugihan hingga Soma Pemacekan Agung di penanggalan Hindu Bali.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bawa Limousin Hongqi N701

Dikutip dari kanal Otomotif, , Presiden China Xi Jinping beraktivitas di Bali dengan memakai mobil kepresidenannya sendiri untuk menghadiri KTT G20. Mobil yang digunakan yaitu limosin Hongqi N701 yang dibuat di Cina. Limosin yang ditumpangi Xi Jinping tampak menuju arah keluar bandara, dikawal mobil lain.

Dilansir carnewschina.com, limosin ini pertama kali diperkenalkan di Tiongkok pada Juli 2022 lalu. Desain N701 cenderung sleek dan discreet, mengusung tampilan serba mewah. Fascia depan didominasi grill bergaris vertikal yang besar, menyambung ke lampu depan pipih. Bagian bawah bumper terlihat aksen krom memanjang.

Bagian samping melanjutkan nuansa premiumnya bersama warna krom, termasuk pelek bawaannya. Sektor ini juga menunjukkan bahwa N701 mempunyai bagian penumpang belakang lebih panjang dan besar.

Penggunaan warna krom juga diteruskan ke sektor buritan, mencakup bagian lampu belakang dan bumper. Beberapa detail tampilan lainnya termasuk sepasang knalpot menyerupai bentuk trapresium dan antena sirip hiu di atapnya. 

Desain serba premium ini sekilas tampak merupakan hasil campuran berbagai mobil premium lainnya, seperti Toyota Century, Mercedes-Benz dan Rolls-Royce. Khusus merek yang ketiga dapat menjadi alasan kenapa Hongqi N701  terlihat familiar sebagai mobil premium.

3 dari 4 halaman

Pertemuan Xi Jinping dan Joe Biden

Konflik di antara Rusia dan Ukraina turut menjadi isu dalam pembahasan yang dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan China Xi Jinping pada pertemuan bilateral kedua negara.

Pada press briefing yang sampaikan oleh Joe Biden di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua Bali disampaikan bahwa AS akan mengatasi segala penderitaan yang ditimbulkan oleh agresi Rusia.

"AS akan mengatasi penderitaan yang ditimbulkan oleh agresi Rusia, tidak hanya di Ukraina, tetapi juga di seluruh dunia, khususnya kerawanan pangan," kata Joe Biden di Grand Hyatt Nusa Dua Bali, Senin, 14 November 2022.

Biden juga menegaskan kembali keyakinan bersama bahwa ancaman atau penggunaan senjata nuklir sama sekali tidak dapat diterima. Ia meminta Sekretaris Blinken pergi ke China untuk menindaklanjuti diskusi kedua negara dan terus menjaga jalur komunikasi tetap.

"Pada pertemuan G20 besok, kita akan berbicara, membahas masalah yang sangat penting, soal kehidupan masyarakat, tidak hanya di sini, tetapi juga Bersama sekutu dan mitra kita."

4 dari 4 halaman

Xi Jinping Blak-blakan

Sementara itu, Joe Biden juga mengaku bicara blak-blakan dengan Xi Jinping. "Kami sangat blak-blakan satu sama lain tentang hal-hal apa saja yang kami tidak setuju atau di mana kami tidak yakin tentang posisi satu sama lain," ujar Biden.

Kedua pihak pun setuju akan mengatur dan melakukan mekanisme untuk saling bertemu kembali. Diketahui Presiden Amerika Serikat Joe Biden akhirnya berjabat tangan kedua kalinya sejak Joe Biden menjadi Presiden AS di Pulau Dewata, Bali.

Mengutip dari CNN, ini merupakan pertemuan langsung pertama keduanya sejak Biden menjabat sebagai presiden Amerika Serikat. Pertemuan antara Joe Biden dan Xi Jinping membahas konsekuensi jangka panjang dan hubungan bilateral dua negara.

Pembicaraan berlangsung di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia, saat para pemimpin dunia berkumpul untuk mengatasi masalah-masalah global yang mendesak mulai dari perubahan iklim hingga inflasi dan kenaikan harga pangan, dampak dari perang Rusia di Ukraina. Untuk Biden dan Xi, pembicaraan tersebut adalah kesempatan langka untuk meningkatkan komunikasi dan membahas hubungan kedua negara di masa depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat