uefau17.com

11 Fakta Unik Westminster Abbey, Tempat Jenazah Ratu Elizabeth Disemayamkan Sementara - Lifestyle

, Jakarta - Westminster Abbey merupakan salah satu landmark populer di London, Inggris. Bangunan gereja berusia lebih dari 1000 tahun ini akan menjadi persemayaman sementara Ratu Elizabeth II sebelum ia dikebumikan di Kastil Windsor.

Peti mati penguasa takhta Inggris terlama itu hingga Senin (12/9/2022) masih disimpan di Katedral St. Giles di Edinburgh, setelah melewati perjalanan panjang dari Balmoral, sejak kemarin. Publik diperkenankan datang langsung untuk memberi penghormatan terakhir pada Ratu Elizabeth II, namun dilarang untuk mengambil foto maupun video peti jenazah mendiang ratu.

Dikutip dari laman The Sun, peti jenazah itu selanjutnya akan dipindahkan ke Istana Buckingham. Peti akan ditempatkan di Westminster Hall yang ada di Westminster Abbey, pada Rabu, 14 September 2022, waktu setempat hingga pagi saat upacara pemakaman digelar pada Senin, 19 September 2022.

Lalu, apa saja fakta menarik Westminster Abbey yang menjadi tempat bersemayam sementara Ratu Elizabeth II? Berikut rangkumannya dari berbagai sumber.

1. Bangunan Gotik Terpenting

Westminster Abbey mulanya adalah biara yang dibentuk oleh para biarawan Benediktin selama pertengahan abad kesepuluh. Dibangu secara bertahap, biara Westminster I didirikan pada 960. Pembangunannya berlanjut hingga era kekuasaan Raja Henry III pada 1245. Westminter Abbey merupakan salah satu bangunan Gotik terpenting di Inggris, dengan kuil abad pertengahan seorang santo Anglo-Saxon masih berada di jantungnya.

2. Nama Resmi

Mengutip dari Guide London, nama resmi Westminster Abbey adalah Collegiate Church of St Peter at Westminster. Sekitar 1560, biara itu ditetapkan dengan “Royal Peculiar” khusus, merupakan gereja yang bertanggung jawab langsung kepada Penguasa. Biara ini tidak beroperasi seperti gereja biasa yang melapor ke hierarki di dalam Gereja Inggris. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Gereja Penobatan Raja Inggris

Westminster Abbey menjadi gereja penobatan untuk Raja Inggris sejak 1066. Sebanyak 39 penobatan penguasa Inggris telah dilangsungkan di tempat ini. Terakhir kali adalah pada 2 Juni 1953 saat Ratu Elizabeth II naik takhta menggantikan ayahnya, Raja George VI yang mangkat. Raja Charles III akan menjadi urutan ke-40 dalam tradisi penobatan di Westminster Abbey.

4. Tempat Pernikahan Kerajaan 

Sebanyak 17 pernikahan kerajaan dihelat di Westminster Abbey, termasuk pernikahan Kate Middleton dan Pangeran William pada 29 April 2011. Pernikahan itu dihadiri sekitar 2.000 tamu yang menyaksikan langsung dan jutaan pasang mata yang melihat dari siaran langsung.

Pernikahan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip pada 20 November 1947 juga digelar di sana. Momen tersebut dianggap mengangkat kesuraman Inggris pasca-perang dunia.

Sang satu juga pernah menjadi pengiring pengantin untuk pernikahan pamannya, Duke of Kent dan Putri Marina dari Yunani dan Denmark pada 29 November 1934. Saat itu usianya masih 8 tahun. Momen tersebut merupakan pernikahan kerajaan pertama yang disiarkan melalui radio. 

5. Basis Penyelamatan

Selama Perang Dunia Kedua, sekitar 60 ribu karung pasir digunakan untuk melindungi makam kerajaan hingga pada abad pertengahan yang tidak dapat dipindahkan. Kursi penobatan dikirim untuk keselamatan ke Katedral Gloucester dan Batu Penobatan dikubur diam-diam di dalam biara.

6. Lonceng Gereja

Westminster Abbey memiliki 10 lonceng yang pernah dirombak pada 1971. Lonceng itu umumnya dibunyikan saat festival gereja besar, hari-hari suci, peringatan kerajaan dan biara, acara sipil, dan untuk layanan khusus.

 

 

3 dari 4 halaman

7. Pemakaman Raja dan Orang Penting

Lebih dari 3.300 orang telah dimakamkan atau disemayamkan sementara di Westminster Abbey. Di dalamnya termasuk 17 Raja Inggris, seperti Raja Henry V dan semua raja Dinasti Tudor, kecuali Raja Henry VIII. Kompleks pemakanan juga menampung orang yang dianggap berjasa bagi negara, termasuk penemu teori gravitasi Isaac Newton; Edward the Confessor; dan penulis Charles Dickens.

8. Kapel Lady

Arsitektur di dalam Westminster Abbey sangat spektakuler dan salah satu area yang paling megah adalah Kapel Henry VII yang biasa disebut sebagai Kapel Lady. Langit-langit kubah kipas gantung sangat indah dan pasti harus dilihat secara langsung.

9. Organ Kuno

Organ yang indah di Westminster Abbey dibuat oleh Harrison dan Harrison dan dipasang untuk Penobatan Raja George VI pada 1937. Organ itu menggabungkan beberapa pipa dari lima instrumen manual sebelumnya yang dibangun oleh William Hill pada 1848.

10. Ibadah Reguler

Setiap Minggu, lima khotbah terpisah disampaikan di Westminster Abbey atau St Margaret's. Pendeta dan pengkhotbah tamu Bbiara membahas isu-isu teologis saat ini, agama dan peristiwa dunia, dan interpretasi teks-teks alkitab.

4 dari 4 halaman

11. Situs Warisan Dunia UNESCO

Westminster Abbey sebagai mahakarya arsitektur abad ketiga belas hingga keenam belas juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Pengakuan UNESCO pada 1987 itu termasuk beberapa bagian dari kompleks bangunan itu, seperti Istana Westminster dan Biara Westminster, dan Gereja St Margaret.

Mengutip dari situs resmi westminster, bangunan ini menjadi salah satu dari 1092 situs di seluruh dunia yang dianggap memiliki 'Nilai Universal Luar Biasa' sebagai bagian dari warisan budaya dan alam dunia. Status itu diberikan atas kualitas dan karakteristik situs yang menjadikannya penting secara internasional.

Westminster Abbey adalah bagian penting dari sejarah kerajaan dan tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Inggris. Sekitar satu juta orang per tahun berkunjung ke sana. Waktu terbaik untuk mengunjungi Westminster Abbey dalam seminggu adalah pagi hari sebelum keramaian.

Dengan begitu banyak sejarah di Westminster Abbey, sangat direkomendasikan untuk mengikuti tur dengan Pemandu Wisata Lencana Biru yang berkualifikasi. Tempat ini menawarkan tur berpemandu yang membawa turis pada kunjungan 90 menit ke makam kerajaan dan museum di bagian tertua bangunan sejak 1065. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat