uefau17.com

Pesona Jimat Keberuntungan di Berbagai Negara - Lifestyle

, Jakarta - Dalam perjalanan, pelancong umumnya akan bersinggungan dengan kearifan lokal, dan dari daftar panjangnya, jimat keberuntungan tidak jarang menggelitik rasa ingin tahu. Entah dipercaya atau tidak, barang ini sering kali berakhir diboyong turis sebagai suvenir.

Melansir National Geographic, Sabtu, 20 November 2021, keunikan jimat umumnya sejalan dengan representasi tempat kelahiran mereka dan sifat manusia secara universal. "Fakta bahwa mereka muncul di setiap budaya sepanjang waktu menunjukkan betapa banyak keberuntungan dan takhayul yang tertanam dalam DNA kita," kata Richard Wiseman, profesor psikologi di University of Hertfordshire, Inggris.

Di saat-saat sulit atau ragu, banyak dari orang secara otomatis meraih jimat keberuntungan mereka. "Orang jadi percaya takhayul ketika mereka harus menghadapi ketidakpastian," tutur Wiseman.

Ketika keadaan jadi buruk, orang mencari apapun yang menandakan hari akan lebih baik di masa depan. Kaki kelinci sangat populer selama Depression, sementara Pilot pesawat tempur Perang Dunia II sering terbang dengan dadu kembar.

Di seluruh Meksiko dan Amerika Tengah, orang telah lama mencari penghiburan dengan milagros (keajaiban). Jimat logam kecil muncul di gereja dan toko suvenir, sering kali menggambarkan bagian tubuh atau makhluk yang membutuhkan penyembuhan atau intervensi Tuhan.

Arti mereka menyimpang antara literal dan kiasan: Sebuah milagro lengan dapat digunakan untuk mendapatkan kekuatan. Benda-benda kecil yang mengilap sering ditempelkan pada hati kayu atau logam yang suci (corazón).

Simbol luas dari iman Katolik dan cinta romantis, corazones, juga dikabarkan melindungi penggunanya dari patah hati dan penyakit jantung. Di San Miguel de Allende kolonial Meksiko tengah, corazón adalah simbol kota dan suvenir untuk digantung di dinding rumah, dijual berlapis milagro, dipisahkan dengan wajah Frida Kahlo, atau dicap dari timah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Eksis Selama Ribuan Tahun

Objek apotropaic, simbol yang mengusir roh jahat, telah bersama manusia selama ribuan tahun. Di antara yang tertua adalah mata iblis, lingkaran bola biru dan putih itu menumpuk di pasar di wilayah Mediterania dan Arab. Mereka seharusnya menghindari pandangan yang merusak, juga dikenal sebagai mata iblis, sebuah konsep yang berasal dari sekitar lima ribu tahun lalu di Sumeria di Lembah Efrat.

Di Turki dan di belahan dunia Islam lain, bola mata yang tak berkedip ini ada di mana-mana, menatap keluar dari mangkuk, gelang, bahkan keset. Jimat Jalur Sutra kuno lainnya adalah hamsa berbentuk tangan, berlimpah di pasar dari Maroko hingga Israel.

Telapak tangan anggun, yang oleh orang Yahudi disebut Tangan Miriam dan Muslim dikenal sebagai Tangan Fatima, dibuat dari kuningan, timah, enamel, dan bahan lain. Mereka tersedia untuk digunakan pada kalung, hiasan dinding, pengetuk pintu, cangkir kopi, dan apa yang dimaksudkan sebagai lilin pelindung.

"Banyak dari tradisi dan kepercayaan ini lebih universal daripada hanya Maroko, atau Muslim, atau Arab. Mereka mengikuti jalur pedagang, jadi orang-orang berbagi budaya," kata Maryam Montague, seorang kolektor/pengusaha Iran-Amerika di Marrakesh, Maroko.

Mantra juga bisa diabstraksikan atau dipintal jadi bentuk yang kurang bisa dikenali, mata iblis diwakili pola segitiga di karpet atau cermin bundar di atas permadani. Atau, kata Montague, orang mungkin melihat hamsa bukan sebagai satu tangan penuh, tapi sebagai beberapa pengelompokan yang mewakili lima jari: lima titik di atas piring berlapis kaca, lima cangkang cowry bertatahkan jimat.

3 dari 4 halaman

Pikiran yang Melihatnya

Di banyak negara, tindakan ritualistik diyakini memengaruhi keberuntungan. Di Inggris, beberapa orang mengucapkan kata "kelinci" di pagi pertama setiap bulan ketika mereka bangun. Orang Serbia mungkin menumpahkan air di belakang seseorang yang melakukan perjalanan atau wawancara kerja.

Pada malam Tahun Baru, orang Spanyol mengenakan pakaian dalam merah dan makan selusin buah anggur saat bel berbunyi di tengah malam, yang konon akan mengantarkan 12 bulan keberuntungan. Strategi inventif untuk memakan anggur dalam sekejap dilakukan dengan membuang biji terlebih dahulu.

Tindakan atau jimat apapun yang dimiliki untuk memanggil kebaikan dan mengusir kejahatan, kekuatan mereka tampaknya terletak di pikiran yang melihatnya. "Dalam serangkaian percobaan, para peneliti meminta orang untuk memecahkan anagram, melakukan putt golf, dan lain-lain, baik dengan atau tanpa pesona favorit mereka," kata Wiseman.

"Orang-orang memperoleh skor lebih tinggi ketika memiliki pesona mereka. Idenya adalah jimat mengurangi kecemasan dan, pada gilirannya, membantu kinerja," tutupnya.

4 dari 4 halaman

Infografis 9 Strategi Antisipasi Potensi Gelombang III COVID-19 Saat Libur Nataru

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat