uefau17.com

Kronologi Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Pingsan di Keraton Surakarta - Lifestyle

, Jakarta - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo limbung dan terjatuh saat menghadiri acara Atraksi Budaya Prajurit Keraton Solo, Sabtu, 6 November 2021. Sebelumnya, ia terlihat baik-baik saja selama menyaksikan atraksi defile para prajurit keraton dengan masing-masing kostum kebesarannya itu.

Dalam acara itu, ia duduk di barisan kursi tamu VIP paling depan berdampingan dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Atraksi itu juga disaksikan langsung oleh Sinuhun Paku Buwono XIII dan Permaisuri GKR Paku Buwono.

Baca Juga

Setelah atraksi para prajurit Keraton Kasunanan Surakarta selesai, acara dilanjutkan dengan konferensi pers. Sesi tersebut dilakukan berdiri tanpa tempat duduk.

Giliran pertama yang menyampaikan keterangan adalah Wamenparekraf. Ia menjelaskan terkait kegiatan itu dengan lancar hingga selesai.

Kemudian, giliran kedua yang memberikan keterangan adalah KGPH Dipokusumo sebagai perwakilan keraton. Saat KGPH Dipokusumo menyampaikan keterangan kepada awak media, tiba-tiba Angela yang berdiri di sebelah timurnya itu limbung dan terjatuh.

Sontak, Dipokusumo yang sedang menjelaskan terkait acara itu langsung bergerak reflek menangkap Angela yang terjatuh. Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak yang duduk di kursi tamu juga ikut bangkit dan berlari untuk ikut menolongnya.

Sementara, Gibran yang berdiri di samping kanan Angela tampak kaget dan panik melihat putri Hary Tanoesoedibjo itu jatung pingsan. Ia pun terlihat bingung.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dugaan Penyebab

Setelah itu, Kapolresta Solo dibantu ajudannya dan staf Kemenparekraf langsung menggotong Angela untuk dibawa masuk ke dalam keraton. Gibran tampak tak ikut menggotong Angela.

Sekitar 15 menit kemudian, Angela siuman dan keluar dari dalam keraton. Setelah itu, ia pun pamit masuk mobil untuk meninggalkan keraton.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizky Handayani menjelaskan Angela diduga kelelahan. Sebelum dari Keraton Solo, dia baru saja mengunjungi Rumah Atsiri di Tawangmangu, Karanganyar.

"Saat ini lagi banyak kesibukan, jadwal sangat padat dari kemarin. Beliau juga memantau semua kegiatan Kemenparekraf terkait dukungan dan bantuan pemerintah," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Atraksi Budaya Prajurit Solo

Dalam rilis yang diterima , peluncuran Atraksi Budaya Prajurit Solo itu dimulai pukul 15.00 WIB, di Kamandungan-Keraton Surakarta. Angela bertugas membuka acara dengan memukul gendang dan didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Gusti Kanjeng Ratu Pakubuwono.

Kegiatan itu menjadi momen kolaborasi pertama antara prajurit keraton, prajurit rakyat dan komunitas seniman dalam tari kolosal. Karya tersebut menggambarkan tentang kesiapan para prajurit dalam melaksanakan tugasnya dengan sepenuh hati dan semangat yang solid. Para penari tak lupa tampil dengan berbagai properti pendukung, seperti bendera, tombak, dan pedang.

Angela juga sempat menyampaikan sambutan atas peluncuran event budaya tersebut. Menurut dia, kegiatan itu adalah respons dari arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan daya tarik pariwisata dengan mengedepankan kearifan lokal.

"Bagaimana kita bisa mengemas atraksi-atraksi budaya di daerah lebih baik lagi dan semoga ini menjadi kekhasan dari daerah tersebut, sehingga bisa menarik minat wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara agar lebih lagi mengenal Indonesia melalui kekayaan budaya dan sejarah yang kita miliki," ujar Wamenparekraf Angela.

4 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Religi di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat