uefau17.com

4 Perabotan Rumah yang Sebaiknya Jangan Sering Dibersihkan - Lifestyle

, Jakarta - Kegiatan membersihkan rumah kalau dilakukan secara rutin dan berkala tentu akan sangat baik bagi kenyaman maupun kesehatan penghuninya. Membersihkan perabotan atau barang-barang di rumah juga termasuk ke dalam kegiatan yang sering dilakukan untuk mencegah sarang kuman dan bakteri.

Tapi, tahukah Anda kalau ada beberapa perabotan rumah yang justru tidak boleh dibersihkan terlalu sering, karena hal itu justru akan mengakibatkan kualitasnya berkurang. Dilansir dari laman Insider, 12 Februari 2021, salah satu perabotan yang tidak boleh dibersihkan terlalu sering adalah kompor.

Meski memasak di atas kompor merupakan kegiatan yang cukup sering dilakukan oleh ibu rumah tangga, nyatanya benda itu tak boleh terlalu sering dicuci. Alasannya, hal tersebut dapat mengganggu tingkat panas yang dimiliki kompor sehingga tidak mampu untuk membersihkan kuman.

Selain kompor, masih ada beberapa perabotan atau barang yang sebaiknya jangan atau tidak perlu dibersihkan setiap saat. Apa saja?

1. Oven

Oven bermanfaat untuk mengirim panas ke makanan yang ditaruh di dalamnya, dengan begitu panas yang akan diterima merata dan terasa lebih lezat. Bagi Anda yang memiliki perabotan ini di rumah, Anda tidak perlu khawatir untuk sering membersihkannya.

Pasalnya, oven sudah punya fitur untuk membersihkan dirinya sendiri. Kalau dianggap perlu berikan jadwal untuk membersihkan oven, misalnya seminggu sekali atau dua minggu sekali.

2. Gorden

Gorden yang dipasang pada jendela rumah biasanya berfungsi untuk menghalangi silau akibat pantulan cahaya matahari. Lantas, mengapa gorden termasuk ke dalam benda yang tidak perlu sering dibersihkan atau dicuci setiap hari? Cahaya matahari yang mengenai gorden ternyata secara langsung bisa mematikan beberapa kuman atau bakteri yang menempel di gorden.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Perabotan kayu

Perabotan kayu memang perlu dirawat semaksimal mungkin agar tidak memunculkan rayap atau kotoran-kotoran lainnya. Namun, perabotan kayu ternyata juga dapat menjadi salah satu perabotan yang tidak perlu dibersihkan terlalu sering.

Seperti dilansir dari Family Handyman, menyemprotkan perabotan kayu dengan semprotan pembersih dapat menyebabkan penumpukan kotoran yang justru akan menyebabkan lebih banyak lagi debu. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan semir setiap sebulan sekali.

4. Sikat gigi

Perabotan yang termasuk ke dalam alat mandi ini menjadi salah satu benda yang tidak boleh dibersihkan setiap saat. Sikat gigi memang berfungsi untuk membersihkan kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut, tapi bukan berarti bakteri tersebut menempel di sikatnya.

Karena dengan Anda membilas sikat gigi secara bersih dan menyimpannya di tempat yang benar seperti tempat terbuka, maka itu saja sudah cukup.

"Kebiasaan menyimpan sikat gigi di dalam lemari bisa memperparah penyakit mulut seperti sakit tenggorokan atau sariawan," ungkap Jacki Blatz, pemilik Dentique Dental Hygiene Centre di Fort Saskatchewan, Alberta, Kanada.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat