uefau17.com

Mengapa Sampo Ungu Direkomendasikan untuk Merawat Rambut Berwarna? - Lifestyle

, Jakarta - Perlu perhatian khusus dalam merawat rambut berwarna Anda. Salah-salah, rambut yang semula baik-baik saja malah menghadapi kondisi-kondisi tertentu berujung pada kerusakan rambut.

Mengingat pandemi corona COVID-19 masih berlangsung, penting untuk tahu cara sederhana merawat rambut berwarna Anda di rumah. Dari sekian banyak, melansir laman Vogue US, Selasa, 8 Desember 2020, sampo ungu jadi salah satu yang direkomendasikan para ahli.

Lalu, apa itu sampo ungu? Produk ini dijelaskan mengandung pigmen ungu untuk menetralkan warna kekuningan, khususnya pada rambut berwarna lebih terang.

"Alasan utama mengapa (warnanya) ungu adalah karena pada roda warna, itu adalah warna yang berlawanan langsung dengan kuning. Artinya, ungu dan kuning akan meniadakan satu sama lain," jelas colorist, Kandasamy.

"Jadi, saat menggunakan pigmen ungu pada rambut yang diwarnai dengan warna brassy atau yellow, ini akan mengoreksi warna rambut Anda, mengembalikan kecerahan alami atau netral dengan nada lebih sejuk," katanya.

Meski sampo ungu sangat populer di kalangan orang berambut pirang, sampo ini juga dapat digunakan untuk mempercantik rambut beruban atau cokelat dengan highlight keemasan. Sekarang sudah banyak sampo ungu yang beredar di pasaran. Untuk hasil lebih maksimal, Anda disarankan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan penata rambut pilihan Anda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Pakainya?

Untuk menggunakan sampo ungu, basahi rambut dan sapukan secara merata. "Jangan mengaplikasikannya pada rambut kering karena rambut lebih keropos dan akan terlalu banyak menyerap warna ungu," Kandasamy memperingatkan.

Setelah dioleskan secara merata, biarkan selama dua hingga empat menit tergantung pada jumlah kekuningan pada rambut. "Saat membilas sampo dari rambut Anda, gunakan air dingin yang akan membantu menutup kutikula dan menutup warnanya," tuturnya.

Jika menambahkan sampo ungu ke dalam rutinitas Anda, mulailah dengan menggunakannya seminggu sekali dan hanya tambahkan jika perlu. Ingatlah bahwa meski sampo ungu adalah produk yang bermanfaat untuk menjaga warna tetap segar, jangan digunakan secara berlebihan.

"Bila Anda mulai melihat terlalu banyak warna ungu di rambut Anda, turunkan (frekuensi penggunaan) sampo ungu," katanya. "Pilihlah sampo yang mengklarifikasi untuk menghilangkan warna dan menjaga rutinitas sampo ungu Anda jadi seminggu sekali atau kurang."

Kandasamy menyarankan untuk menggunakannya secara bergantian dengan sampo yang aman untuk pewarna atau campurkan keduanya untuk mengurangi deposit warna violet.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah COVID-19

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat