uefau17.com

Penguin Tonton Kartun Pingu agar Tidak Kesepian - Lifestyle

, Jakarta -  Kita mungkin sering atau paling tidak pernah menyaksikan film kartun. Namun, bagaimana kalau penguin menyaksikan film kartun? Mungkin terkesan aneh, tapi itulah yang terjad di Kebun Binatang Perth di Australia.

Seekor penguin menonton kartun Pingu di layar iPad supaya ia tidak kesepian. Dilansir dari laman People dan BBC News, penguin yang dinamai Pierre itu awalnya ditemukan terbawa ombak dan terdampar di pantai Australia barat daya.

Pierre adalah penguin jenis Northern Rockhopper yang terancam punah. Spesies itu satu-satunya penguin yang berada dalam pemeliharaan di semua kawasan Australia. Para penjaga Pierre khawatir penguin tersebut tidak cukup berinteraksi dengan sesama penguin di masa pemulihan sebelum ia dilepaskan di alam bebas.

Berbeda dari penguin lainnya, Pierre lebih menyukai lompat-lompat di sekitar pantai berbatuan, sementara penguin lainnya meluncur menggunakan perutnya.  Mereka pun memutar serial kartun Pingu yang pernah tayang pada 2002 sampai 2006 untuk Pierre agar tidak merasa jenuh dan kesepian.

Melalui layanan live streaming, Pierre juga ditunjukkan penguin rockhopper dari seluruh dunia, termasuk mereka yang ada di Kebun Binatang Edinburgh, Skotlandia.

"Pierre seharusnya berada di Samudra Hindia atau sub-Antartik pada saat ini. Tapi ia tidak dalam kondisi prima saat kami temukan sehingga kami membawanya ke sini," terang Danielle Henry dari Kebun Binatang Perth kepada Radio 1 Newsbeat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Sadar Pingu Adalah Penguin

Pierre seharusnya juga berganti bulu sekali setahun karena bulu-bulunya rontok saat tumbuh bulu baru, namun pergantian itu belum kunjung terjadi. Keadaan itu membuat Pierre tidak tahan air dan itu bisa menimbulkan masalah bagi penguin.

"Kami perkirakan umurnya baru satu tahun jadi ia masih sangat muda. Pierre juga tidak bisa berenang, tidak bisa menangkap ikan sendiri. Jadi ia perlu bantuan," ungkap Danielle.

Mengenai kegemarannya menonton Pingu, Danielle mengatakan kalau Pierre tidak menyadari kalau Pingu adalah seekor penguin. Ia hanya merespons warna dan gerakan. Menurut Danielle, penguin Pierre direncanakan akan dilepaskan.

Namun para ahli mengatakan mungkin perlu dua sampai empat kali pertumbuhan bulu sebelum penguin dilepaskan. "Saat ini kami sedang mencari kebun binatang lain yang juga menampung penguin rockhopper seperti Pierre," pungkasnya.  (Vriskey Herdiyani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat