uefau17.com

Perjalanan Karier Barli Asmara di Dunia Fashion Semasa Hidup - Lifestyle

, Jakarta - Dunia fashion Indonesia tengah diselimuti awan duka. Salah satu bakat terbaiknya, desainer Barli Asmara meninggal dunia pada Kamis (27/8/2020) sekitar pukul 13.30 WIB. Sang desainer mengembuskan napas terakhir di usia 42 tahun.

"Ya Allah, iya Mbak benar (meninggal dunia). Doain kakak ya Mbak, maafin kesalahannya juga," kata desainer Dian Pelangi, yang juga sahabat Barli Asmara, ketika dihubungi Lifestyle , Kamis (27/8/2020).

Dian Pelangi mengatakan ia mendapat kabar kepergian sahabatnya dari pihak keluarga. "Saya juga baru dikabari tadi siang sama keluarganya, katanya jantung dan napasnya tadi siang sudah berhenti," tambahnya.

"Dia memang sakit, enggak tahu sakitnya apa. Saya hanya dikabari itu saja. Saya tahu berapa hari memang beliau ada di rumah sakit. Mohon doanya saja supaya kakak tenang dan husnul khotimah," tutup Dian.

Semasa hidup, Barli Asmara telah melahirkan sederet karya dan menorehkan pencapaian luar biasa. Semangat pria kelahiran Bandung, 3 Maret 1978 ini khususnya untuk fashion dan seni telah tumbuh sejak masih bersekolah.

Dilansir dari laman resmi Barli Asmara, Kamis (27/8/2020), sang desainer lantas mengikuti mimpi dan merintis label dengan namanya sendiri memproduksi ready-to-wear dan couture kelas atas untuk perempuan pada 2002 silam.

Barli Asmara berhasil membuktikan kualitasnya sebagai desainer dengan terpilih sebagai salah satu Desainer Fashion Indonesia terbaik oleh Majalah Dewi pada 2008. Ia tiada henti mengeksplorasi talenta yang dimiliki dan menambah panjang daftar pencapaiannya.

Beragam penghargaan berhasil ia sabet sebagai bukti pertumbuhan dan kematangan karier fashionnya. Barli Asmara menerima penghargaan The Best Choice Dewi Knights, AMICA Young Talented Designer Award, ELLE Designer of the year, The Best 20 Designer for High End Masterpiece, hingga Kartika Magazine Best Designer of The Year.

Mantap berkiprah di dunia fashion Tanah Air, Barli Asmara tergabung dalam Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) sejak 2011. Dua tahun berselang, tepatnya pada 2013, ia memperkenalkan label fashion pria "B Homme" dan label busana Muslim "B oleh Barli Asmara".

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koleksi Terakhir Barli Asmara

Koleksi terakhir yang diluncurkan Barli Asmara sebelum meninggal dunia mengusung tajuk "Unchained". Melalui unggahan akun Instagram pribadinya pada awal Agustus lalu, ia mengumumkan karya teranyar dalam sentuhan ready-to-wear yang rilis pada 7 Agustus 2020.

Lewat keterangan potret sang desainer menyebut, koleksi ini terinspirasi dari individu-individu yang berani mengekspresikan diri. Pada potret-potret hitam putih, Barli Asmara menyoroti beberapa busana disebutkan memiliki sentuhan feminin yang kuat dari lini koleksi tersebut, salah satunya Kenya Dress.

Jumpsuit bermotif stripes yang dilengkapi pita besar di bagian pinggang itu dikatakan jadi satu dari sekian signature items koleksi "Unchained". Menurut laman resmi Barli Asmara, koleksi ini terdiri dari enam looks yang didominasi long dress berlengan panjang. Aksen pemanis ditata di bagian pinggang untuk menciptakan siluet feminin.

Selaras dengan inspirasi itu, dalam visualnya, Barli Asmara merepresentasi koleksi "Unchained" dalam penampilan beragam para muse. Tampilannya seolah ingin mendobrak standar kecantikan yang berkembang.

"Busana ini memperlihatkan sesi feminin tanpa perlu takut jadi berbeda," begitu bunyi keterangan di salah satu unggahan Instagram Barli.

Selamat jalan, Barli Asmara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat