uefau17.com

Literasi Digital Hingga Dukungan My Republic Cegah Hoaks dan Ujaran Kebencian - Jatim

, Jakarta Perkembangan teknologi dan digitalisasi memotivasi sektor ekonomi yang ada di Kota Cirebon

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Dkis) Kota Cirebon Ma'ruf Nuryasa mengatakan, sektor layanan informasi dan komunikasi meningkat drastis selama pandemi covid-19. Banyak oramg mengakses internet saat masa pandemi covid-19.

BACA JUGA: VIDEO: Muncul di Lomba Bulu Tangkis, Iptu Rudiana Ayah Eky Dikecam Pengacara Pegi dan Liga Akbar
BACA JUGA: VIDEO: Viral Ogoh-ogoh di Cirebon Terbakar Akibat Pria Nyalakan Flare
BACA JUGA: VIDEO: Alat Bukti Dianggap Lemah, Pengacara Pegi Minta Polisi Eksaminasi Kasus Vina dari Nol

"Pengguna internet di Kota Cirebon meningkat dengan menggunakan berbagai layanan program yang disediakan. Bahkan sampai saat ini sudah menjadi kebiasaan," ujar Ma'ruf saat menghadiri pembukaan perusahaan layanan internet di Kota Cirebon, Kamis (23/2/2023).

Secara keseluruhan, kata Ma'ruf, sektor perdagangan dan jasa mendominasi PDRB Kota Cirebon tahun 2020 yang mengalami peningkatan sebesar 33,83 persen. Disusul jasa kesehatan dan pendidikan.

Namun demikian, perkembangan teknologi dan maraknya informasi melalui internet menjadi pekerjaan rumah baru pemerintah maupun swasta. 

"Pekerjaan rumah kami sekarang adalah literasi digital apalagi memasuki tahun politik maka rentan informssi hoaks. Ini perlu sinergi dengan sejumlah elemen termasuk penyedia layanan internet," kata Ma'ruf.

Sementara itu, banyak perusahaan nasional besar di Indonesia melakukan ekspansi ke luar Jakarta. Salah satunya perusahaan layanan internet bernama My Republic di Kota Cirebon.

** bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinergi

"Semoga bisa sinergi dan menjadi fasilitator dan akselerator dalam pertumbuhan digital," ujar dia.

Chief Technology Officer My Republic Hendra Gunawan mengatakan, perusahaan jasa layanan internet dan tv tak hanya menyediakan kenyamanan pelanggan. 

Dia mengaku siap bersinergi dengan pemerintah untuk meningkatkan literasi digital di Kota Cirebon. 

"Kami juga tentu kolaborasi dengan Kemenkominfo terkait layanan internet positif. Jadi jika ada pelanggan yang mengakses situs ilegal atau terpapar hoaks dan ujaran kebencian bisa termonitor," ujar dia.

Hendra menjelaskan, layanan internet yang disediakan oleh My Republic memiliki kelebihan dari kualitas hingga respons terhadap keluhan pelanggan. 

Oleh karena itu, My Republic mengaku siap jika ada pihak berwajib membutuhkan informasi data untuk kepentingan penyelidikan.

"Kami sangat mendukung semangat dan kampanye literasi digital jadi menggunakan internet dengan sehat itu perlu," ujar Hendra.

Direktur Sales and Marketing My Republic Iman Syahrizal mengatakan, ekspansi ke daerah tersebut dalam rangka mendukung program digitalisasi pemerintah daerah.

Dia menyebutkan, hingga saat ini, layanan jasa internet sudah mengkover hingga 10 ribu rumah. Secara nasional, jumlah pelanggan my republic mencapai 350. 

"Untuk Kota Cirebon sudah ada 500 pelanggan dari jangkauan coverage yang kami sediakan," ujar dia.

Kualitas internet untuk download dan upload dianggap sudah bagus. Sementara terkait ada komplain dan layanan pelanggan, akan direspon cepat.

"Kalau untuk harga diskon khusus saat launching dan 12 bulan kedepan," kata Iman. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat