uefau17.com

Dapat Angpau dari Orang yang Sudah Menikah, Doa Agar Cepat Dapat Jodoh? - Jatim

, Jatim - Tahun baru Imlek selalu dihiasi oleh keanekaragaman pernak-pernik. Mulai dari wangi dupa, lampion hingga angpau menjadi hal yang dinanti-nanti oleh siapapun.

Amplop berwarna merah tersebut selalu menjadi salah satu yang paling di nanti, tidak terkecuali menjelang Imlek tahun 2022 ini.

Setiap orang, terlebih anak kecil selalu menanti-nantikan angpau termasuk di Imlek 2022 yang jatuh pada 1 Februari ini. Namun, tidak banyak yang mengetahui apa makna dari setiap angpau tersebut. Berikut kami rangkum makna dan filosofi dari angpao pada perayana tahun baru Imlek.

Konsep angpau juga digunakan dalam perayaan yang lain, seperti salam tempel saat Lebaran atau hari raya Idul Fitri tiba.

Angpau secara harfiah memiliki arti bungkusan merah yang melambangkan api. Bermakna kemeriahan dan kehangatan yang ingin dicapai masyarakat Tionghoa ketika merayakan tahun baru Imlek.

Beberapa orang mempercayai bahwa bungkusan merah itu digunakan untuk mengusir setan. Sebagiannya lagi menganggap angpau bisa jadi tentang filosofi transfer kesejahteraan atau energi.

Yang mana transfer ini diharapkan berasal dari mereka yang mampu, dan ditujukan kepada orang-orang yang kurang mampu atau tidak mampu.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Cepat Dapat Jodoh?

Pemberian angpao secara tradisi akan diberikan pada tujuh hari menjelang Imlek, dimana hari tersebut dikenal sebagai Hari Persaudaraan.

Kemudian, terdapat beberapa peraturan tak tertulis dalam pemberian angpau. yaitu sebelum menerima angpau, anak-anak mengucapkan selamat tahun baru dengan menggenggam kepalan tangan kanan dengan tangan kiri.

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa tangan kanan berkesan agresif, sehingga harus 'dilindungi' oleh tangan kiri. Angpau juga biasanya diberikan oleh orang-orang yang telah menikah, kepada mereka yang belum menikah.

Selain berbagi rezeki, pemberian angpau dari mereka yang sudah menikah untuk mereka yang belum menikah bisa menjadi perlambang doa agar cepat mendapat jodoh.

 

Sonya Andomo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat