uefau17.com

Doa Sholat Idul Fitri, Niat, dan Tata Caranya untuk Umat Islam di Hari Lebaran - Islami

, Jakarta Sholat Idul Fitri atau yang juga dikenal sebagai sholat Hari Raya merupakan salah satu ibadah yang dijalankan oleh umat Islam pada hari Lebaran. Ibadah ini dilakukan sebagai wujud syukur atas kelancaran menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Sholat ini memiliki niat dan tata cara yang khusus bagi umat Islam.

Niat sholat Idul Fitri adalah untuk memeroleh ridha dan ampunan Allah SWT serta sebagai ungkapan syukur atas kelancaran menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Dalam sholat Idul Fitri, umat Islam diwajibkan untuk mengucapkan takbir sejak waktu memasuki waktu sholat hingga saat imam memulai sholat. 

Tata cara sholat Idul Fitri sama seperti kebanyakan sholat jamaah lainnya, namun terdapat gerakan dan bacaaan tertentu yang berbeda. Hal ini seperti membaca takbir sebanyak tujuh kali pada rakaat pertama dan lima kali pada rakaat kedua, serta mendengarkan khutbah setelah sholat.

Dalam sholat Idul Fitri, umat Islam dapat mengajukan doa-doa agar segala amal baik dalam menjalankan ibadah puasa diterima oleh Allah SWT. Sholat Idul Fitri juga menjadi saat yang tepat bagi umat Islam untuk saling memohon maaf dan mempererat tali silaturahmi. Dengan menjalankan sholat Idul Fitri dengan baik, umat Islam berharap mendapatkan pahala yang berlimpah dan keberkahan dari Allah SWT serta mendapatkan ampunan untuk segala dosa-dosa yang telah dilakukan.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2024) tentang doa sholat Idul Fitri.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ketentuan Sholat Idul Fitri

Sholat Idul Fitri merupaan sholat sunah dua rakat yang dilaksanakan pada hari raya Idul Fitri pada setiap tanggal 1 Syawal tahun Hijriah. Sebelum mengenali doa sholat Idul Fitri, umat Islam tentu perlu mengenali ketentuannya terlebih dahulu.

Hukum sholat Idul Fitri adalah sunah. Sholat Idul Fitri biasa dilakukan secara berjamaah di masjid ataupun tanah lapang. Sholat Idul Fitri di tanah lapang lebih dianjurkan. Seperti telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berikut ini:

“ Rasulullah saw biasa keluar pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha menuju tanah lapang.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Oleh para ulama, sholat Idul Fitri sangat dianjurkan (sunah muakkadah) untuk dilaksanakan berjemaah. Imam Syafi'i dalam kitabnya Al-Umm menjelaskan hukum sholat Idul Fitri berjemaah dan sendiri-sendiri.

"Sholat sunah terbagi dua, yakni yang dilaksanakan berjemaah dan yang sendiri-sendiri. Adapun sholat sunah yang sangat dianjurkan berjemaah tidak diperkenankan untuk meninggalkannya bagi yang mampu melaksanakannya, yaitu sholat dua hari raya, gerhana matahari dan bulan, serta sholat Istisqa."

3 dari 6 halaman

Niat Sholat Idul Fitri Makmum

Sebelum mengetahui doa sholat Idul Fitri, kamu perlu mengenali niatnya terlebih dahulu. Berikut niat sholat Idul Fitri:

 

Niat sholat Idul Fitri untuk imam:

"Ushalli sunnatan li ‘idil fithri rak ‘ataini imaman lillahi ta’alaa."

Artinya: “Aku niat sholat sunat Idul Fitri dua rakaat menjadi imam karena Allah Ta’ala.”

 

Niat sholat Idul Fitri untuk makmum:

"Ushalli sunnatan li ‘idil fithri rak ‘ataini makmuuman lillahi ta’ala."

Artinya: “Aku niat sholat sunat Idul Fitri dua rakaat menjadi makmum karena Allah Ta’ala.”

 

Niat sholat Idul Fitri sendiri:

"Ushalli sunnatan li ‘idil fithri rak ‘ataini lillahi ta’alaa."

Artinya: “Aku niat sholat sunat Idul Fitri dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

4 dari 6 halaman

Tata Cara Sholat Idul Fitri

Sholat Idul Fitri merupakan salah satu ibadah yang dilakukan umat Muslim setelah selesai menjalankan ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh. Sebelum mengetahui doa sholat Idul Fitri, berikut adalah tata cara sholat Idul Fitri:

 

Tata Cara Sholat Idul Fitri Rakaat Pertama

Jika sholat Idul Fitri dikerjakan secara berjamaah, maka imam disunnahkan untuk mengeraskan bacaan sholat. Namun, jika sholat Idul Fitri dikerjakan sendiri, maka cukup dibaca dengan suara pelan. Berikut tata cara sholat Idul Fitri:

- Membaca Takbiratul Ihram

- Membaca Doa Iftitah

“Allaahu Akbaru kabiiraa-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-waashiila. Wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiin.”

- Takbir Sebanyak 7 Kali (Rakaat Pertama)

Setelah membaca doa iftitah, mengucapkan takbir sebanyak 7 kali, diikuti dengan tasbih setiap kali selesai takbir. Bacaan tasbih setiap selesai 7 takbir di sholat Id adalah seperti berikut:

Subhanallah walhamdulillah wala ilaaha illallahu wallahu akbar wala haulawala quwwata illa billahil 'aliyyil 'adzim

Artinya:

"Maha Suci Allah, segala pujian bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah, Allah Maha Besar, dan tiada daya dan upaya serta kekuatan (bagi kita) melainkan dengan kekuasaan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung."

- Setelah itu baca Al-Fatihah, diikuti surat pendek Al-Quran seperti biasa. Ingat, gerakan dan bacaan selanjutnya hingga rakaat pertama selesai sama dengan sholat lainnya.

 

Tata Cara Sholat Idul Fitri Rakaat Kedua

- Tata cara sholat Idul Fitri rakaat kedua seperti rakaat pertama, dimulai dengan Takbiratul Ihram, setelah itu takbir lagi. Namun kali ini takbir hanya 5 kali. Setiap kali selesai takbir, membaca tasbih seperti pada rakaat pertama.

- Setelah itu baca Al-Fatihah, diikuti surat pendek Al-Quran seperti biasa. Ingat, gerakan dan bacaan selanjutnya hingga rakaat kedua selesai sama dengan sholat lainnya lalu diakhiri dengan salam.

Begitulah tata cara sholat Idul Fitri beserta niat dan bacaannya yang perlu kamu ketahui. Berikutkan kamu perlu mengenali doa sholat Idul Fitri.

5 dari 6 halaman

Doa Setelah Sholat Idul Fitri

Doa sholat Idul Fitri ini bisa kamu lafalkan setelah melaksanakan sholat. Berikut doa sholat Idul Fitri:

اَللّهُمَّ أَعْطِنِي خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ، وَاْصرِفْ عَنِّي شَرَّهُ وَشَرَّ مَا فِيْهِ، اَللَّهُمَّ اكْتُبْ لِي فِيْهِ كُلَّ خَيْرٍ وَاجْعَلْنِي بَارًّا فِيْهِ بِوَالِدَيَّ، وَاجْعَلْنِي يَا الله مِنْ عِبَادِكَ الْمغْفٌوْرِ لَهُمْ فِي هَذَا الْيَومِ الْمُبَارَكَ، اللهُمَّ ارْحَم ْمَوْتَنا وَمَوْتَى الْمُسْلِمِيْنَ، .اللهم تَقَبَّلْ ِمنَّا الطَّاعَاتِ وَاغْفِر ْلَنَا الْخَطَايَا وَالسَّيِّئَاتَ.

“Ya Allah berikanlah aku kebaikan dari hari ini, dan kebaikan dari setiap hal yang ada pada hari ini. Dan jauhkanlah aku dari kejelekan di hari ini dan kejelekan setiap sesuatu yang ada pada hari ini. Ya Allah catatlah pada hari ini setiap kebaikan dan jadikanlah kebaikan bagi kedua orang tuaku dan jadikanlah aku sebagai hamba-Mu yang Engkau ampuni pada hari yang berkah ini. Ya Allah ampunilah dosa para keluarga kami yang sudah meninggal dan seluruh kaum muslimin yang sudah meninggal. Ya Allah terimalah ketaatan kami dan ampunilah segala kesalahan dan keburukan yang telah kami perbuat.”

6 dari 6 halaman

Khutbah Sholat Idul Fitri

Jika jumlah jemaah kurang dari empat orang, atau dalam pelaksanaan sholat jemaah di rumah tidak ada yang berkemampuan khutbah, maka sholat Idul Fitri boleh dilakukan berjemaah tanpa khutbah. Jika jemaah ada empat orang atau lebih, maka sholat Idul Fitri bisa dilengkapi dengan khutbah.

Khutbah ini juga perlu diketahui di samping tata cara dan doa sholat Idul Fitri. Usai sholat Idul Fitri, khatib melaksanakan khutbah dengan mengikuti beberapa ketentuan sebagai berikut:

Khutbah Sholat Idul Fitri Pertama:

  1. Disunakan untuk memulai khutbah pertama dengan takbir sebanyak 9 kali.
  2. Memuji Allah SWT dengan membaca Alhamdulillah
  3. Membaca sholawat nabi " Allahumma solli 'ala Saidina Muhammad wa 'ala ali Saidina Muhammad"
  4. Berpesan untuk keluarga sendiri agar terus bertakwa dan lebih meningkatkan ibadah kepada Allah SWT
  5. Akhiri khutbah pertama sholat Id di rumah dengan membaca ayat suci Alquran. Surat 3 Qul sudah cukup (Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas)

 

Khutbah Sholat Idul Fitri Kedua:

  1. Saat akan memulai khutbah sholat Id kedua, disunnatkan untuk memulai khutbah kedua dengan takbir sebanyak 7 kali.
  2. Tata cara khutbah sholat Id kedua sama seperti khutbah pertama, cuma ada penambahan bacaan doa di akhir khutbah.
  3. Untuk bacaan doa di akhir khutbah sifatnya bebas. Untuk keselamatan keluarga maupun seluruh umat Islam di seluruh dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat