uefau17.com

Rasulullah Sebut Kiamat Sudah Sangat Dekat Layaknya 2 Jari, Berembus Angin Hari Akhir - Islami

, Cilacap - Tentang kapan waktunya kiamat tentu saja hanya Allah SWT yang tahu. Hanya saja Rasulullah SAW memberikan gambaran dekatnya waktu kiamat dalam beberapa hadisnya.

Dalam beberapa hadis, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa diutusnya dirinya itui merupakan tanda kiamat sudah dekat.

Memang benar ucapan bahwa kiamat sudah dekat. Pasalnya, sebagian tanda-tanda kiamat telah banyak bermunculan di muka bumi seperti munculnya banyak pembunuhan, orang munafik yang berkuasa, orang yang memutuskan tali silaturahmim dan lain sebagainya.

Hanya saja tanda-tanda yang lebih besar seperti munculnya Dajjal, Ya’juj Ma'juj, turunnya Imam Mahdi dan Nabi Isa belum muncul.

Namun tanda-tanda di atas sudah cukup memberikan peringatan kepada manusia untuk mempersiapkan diri dengan amal ibadah dan secepatnya tobat atas segala kekhilafannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dekatnya Kiamat dengan Diutusnya Nabi Laksana 2 Jari Ini

Menukil rumaysho.com, kiamat begitu dekat. Demikianlah yang disebutkan oleh Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kiamat begitu dekat dan beliau isyaratkan dengan jari tengah dan jari telunjuk.

بعثت انا والساعة كهاتين ويقرن بين اصبعية السبابة والوسطى  

Aku diutus (dan perbandingan antara masa diutusku dengan) hari kiamat adalah seperti ini (sambil menggandengkan kedua jari-jarinya, yaitu jari telunjuk dan tengah).”

Hadis di atas disampaikan Rasulullah SAW ketika berkhutbah. Matanya memerah, suaranya begitu keras, dan terlihat begitu marah sehingga seolah-olah beliau meneriaki pasukan.

Kemudian Nabi SAW bersabda, “Jarak antara pengutusanku dan hari kiamat bagaikan dua jari ini.”

Al Qodhi mengatakan,”Ini menunjukkan sangat dekatnya kiamat dan diutusnya Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam. Juga menunjukkan bahwa tidak ada jari di antara keduanya dan berarti tidak ada Nabi lagi antara diutusnya beliau shallallahu ’alaihi wa sallam dan hari kiamat. (Syarh Muslim, 3/247)

Dalam tafsir Al Baghowi (tafsir surat An Nahl : 2), Ibnu Abbas mengatakan,”Diutusnya Nabi Muhammad SAW merupakan tanda datangnya hari kiamat. Tatkala Jibril AS yang menjadi utusan kepada Muhammad SAW melewati penghuni langit. Para penghuni langit tersebut mengatakan,”Allahu akbar, sebentar lagi terjadi kiamat.”

Gambarannya, jari tengah itu adalah umur kehidupan di dunia ini hingga hari kiamat. Sedangkan jari telunjuk adalah lamanya waktu mulai dunia ini ada hingga pengutusan Nabi Muhammad SAW.

3 dari 3 halaman

Diutusnya Rasulullah Bersamaan dengan Embusan Angin Kiamat

Dalam hadis lain dijelaskan kedekatannya waktu kiamat dengan diutusnya Rasulullah SAW. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa diutusnya beliau ini merupakan awal embusan angin kiamat.

بُعِثْتُ فيِ نَسْمِ السَّاعَةِ.

“Aku diutus pada awal hembusan angin Kiamat.”

Bahkan yang lebih mengerikan lagi yaitu bahwa hampir-hampir saja kiamat ini terjadi mendahului Rasulullah SAW.

بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ جَمِيعًا إِنْ كَادَتْ لَتَسْبِقُنِي.

“Jarak diutusnya aku dan hari Kiamat secara bersamaan, hampir saja dia mendahuluiku.”

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat