uefau17.com

Alam Semesta Hancur di Hari Kiamat tapi Bagian Tubuh Manusia Ini Tidak, Terbukti Secara Ilmiah - Islami

, Jakarta - Manusia di hari kiamat bagaikan laron beterbangan di sekeliling lampu pada malam hari. Ini menggambarkan manusia sedang kebingungan dan tidak tahu arah saat kiamat terjadi. 

Hari kiamat akan menjadi peristiwa besar yang sangat dahsyat. Kedahsyatan hari kiamat banyak disebutkan dalam Al-Qur’an. Misalnya, dalam surah Al-Haqqah ayat 15-18.

فَيَوْمَئِذٍ وَقَعَتِ ٱلْوَاقِعَةُ

وَٱنشَقَّتِ ٱلسَّمَآءُ فَهِىَ يَوْمَئِذٍ وَاهِيَةٌ

وَٱلْمَلَكُ عَلَىٰٓ أَرْجَآئِهَا ۚ وَيَحْمِلُ عَرْشَ رَبِّكَ فَوْقَهُمْ يَوْمَئِذٍ ثَمَٰنِيَةٌ

Artinya: “Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat. Dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi lemah. Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung ‘Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka.

Pada hari kiamat alam semesta beserta isinya akan hancur. Namun, ada bagian tubuh manusia yang tidak akan hancur saat kiamat. Apa itu?

Adalah tulang sulbi atau tulang ekor, bagian tubuh manusia ini tidak akan hancur saat kiamat. Tulang ekor akan menjadi cikal bakal manusia dibangkitkan di hari kiamat.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan Hadis

Banyak redaksi hadis nabi yang meriwayatkan bahwa tulang ekor tidak akan hancur dan manusia akan dibangkitkan di hari kiamat dari tulang tersebut, di antaranya hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim.

“Jarak antar dua tiupan Sangkakala itu empat puluh. Kemudian Allah menurunkan hujan dari langit, lalu mereka tumbuh seperti tumbuhnya sayuran. Semua bagian manusia akan hancur kecuali satu tulang, yaitu tulang ekor. Dari tulang ekor itulah manusia diciptakan pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari 4554 dan Muslim 5253).

Dalam redaksi hadis lain, Rasulullah SAW bersabda, “Semua bagian tubuh anak Adam akan dimakan tanah kecuali tulang sulbi yang darinya ia mulai diciptakan dan darinya dia akan dibangkitkan.‟ (HR Bukhari, Nasa'i, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad in Musnad-nya, dan Malik dalam kitab al-Muwaththa‟). 

Hadis di atas menjelaskan bahwa tulang sulbi tidak akan hancur meski manusia mengalami kematian dan tubuhnya membusuk. Tulang tersebut akan tetap utuh hingga hari kiamat kelak dan dari tulang tersebut manusia dibangkitkan pada hari kiamat.

3 dari 3 halaman

Penjelasan Ilmiah

Jauh sebelum teknologi semakin maju, Rasulullah SAW telah mengetahui keistimewaan tulang sulbi yang tidak akan hancur meskipun manusia mengalami kematian. Bahkan, jikapun sel tulang sulbi diperlakukan dengan pemanasan, pembakaran, hingga perlakuan dengan bahan kimia pun tidak hancur.

Banyak peneliti yang telah membuktikan keistimewaan tulang sulbi. Mengutip Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, pada 2002 Shaikh Abdul-Majid Az-Zindani membakar lima tulang ekor (coccyx) hingga berwarna merah dan menghitam. Dia menemukan bahwa hanya otot, jaringan, dan sel-sel sumsum tulang yang terbakar, sedangkan tulang ekor (tulang sulbi) tidak terpengaruh oleh proses pembakaran tersebut (Al-Karim, 2015).

Sekelompok ilmuwan Cina membuktikan dalam beberapa percobaan laboratorium mereka bahwa bagian "Agbu adh-Dhanab" (bagian akhir tulang ekor) tidak mungkin mati total. Mereka mencoba melarutkannya secara kimiawi dalam asam terkuat, melalui pembakaran, hentakan, dan dengan memberikan berbagai jenis radiasi. 

Pembuktian yang dilakukan oleh sains tentang tulang sulbi jelas sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang lebih dulu mengetahui pada 1400 tahun yang lalu (El-Naggar, 2012).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat