uefau17.com

10 Doa Rutin Pagi Hari dalam Islam, Mohon Kelancaran dan Perlindungan - Islami

, Jakarta - Pagi adalah awal yang baik untuk membangun semangat dan pikiran positif. Setiap kali bangun di pagi hari tentunya kita berharap senantiasa diberi hari yang indah oleh Allah SWT.

Harapan ini tak jauh dari persoalan rezeki yang berkah supaya bermanfaat untuk ibadah di dunia.

Sebaiknya setiap muslim senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya sejak mata terbuka di pagi hari. Dengan keyakinan sepenuhnya bahwa Allah akan senantiasa mengabulkan setiap doa di pagi hari yang kita panjatkan.

Doa pagi hari dapat dibaca setelah menjalankan sholat subuh. Doa ini dipanjatkan untuk memohon keberkahan dan meraih ridho Allah.

Jika ridho Allah telah kita raih, maka segala urusan dan rezeki pun pasti akan dipermudah oleh-Nya. Mengutip dari laman dream.co, berikut kumpulan doa pagi hari dalam Islam yang dapat dibaca setiap hari dan menjadi amalan rutinan.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Doa Pagi Hari dalam Islam

Setiap pagi sebelum mengawali aktivitas, hendaknya kita berdoa memohon perlindungan kepada Allah SWT. Doa ini dipanjatkan juga sebagai permohonan agar segala urusan di hari itu dimudahkan oleh-Nya.

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa yang dianjurkan untuk dibaca setiap pagi. Begini bacaan doanya:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

3 dari 11 halaman

2. Doa Saat Mengawali Pekerjaan

Setiap memulai pekerjaan di pagi hari, sebagai Muslim kita disunahkan membaca doa agar diberikan kelancaran. Berikut bacaan doanya:

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyiban, wasta'milnii thayyiban. Allahummaj'al ausa'a rizqika 'alayya 'inda kibari sinnii wanqithaa'i 'umrii. Allahummakfinii bihalaalika 'an haraamika wa aghninii bifadhlika 'amman siwaaka. Allahumma innii as-aluka rizqan waasi'an naafi'an. Allahumma innii as-aluka na'iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu

Artinya: "Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang."

4 dari 11 halaman

3. Doa Memohon Petunjuk Jalan yang Lurus

Tak ayal, setiap langkah manusia kadang berbelok dari jalan yang lurus. Inilah mengapa kita harus memohon kepada Allah supaya senantiasa diberi petunjuk untuk tetap berjalan di jalan kebenaran. Berikut doa untuk memohon petunjuk jalan yang lurus, cocok diamalkan setiap pagi hari.

 رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Rabbanaa aatinaa minladunka rahmataw-wahayyi lanaa min amrinaa rosyada.

Artinya: “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”

5 dari 11 halaman

4. Doa Agar Diringankan Beban Hidup

Masih ada banyak doa untuk dibaca waktu pagi hari, termasuk doa memohon diringankan beban hidupnya sebagaimana yang tertuang dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 286:

 رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Rabbana laa tuaa-khidzna innasiina au akhtho'na, rabbana wala tahmil 'alaina ishran kama hamaltahu 'alalladziina min qablina, rabbana wala tuhammilna ma la thooqatalanabih, wa'fu'anna waghfirlana warhamna, anta maulana fansurna 'alal qaumilkaafiriin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

6 dari 11 halaman

5. Doa Agar Diberi Petunjuk Saat Mengambil Keputusan

Bagaimana bacaan doa agar diberikan keputusan terbaik? Berikut bacaan doanya terdapat dalam Al-Quran surah Al-A'raf ayat 89:

رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ

Rabbanaftah bainanaa wa baina qauminaa bilhaqqi wa anta khairul faatihiin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil). Engkaulah pemberi keputusan terbaik.”

7 dari 11 halaman

6. Doa Memohon Perlindungan

Pada saat Sahabat Dream sudah tiba di tempat kerja dan hendak memulai pekerjaan, hendaknya membaca doa memulai pekerjaan di pagi hari agar senantiasa dilindungi oleh Allah SWT dari segala keburukan dan kejahatan yang ada pada pekerjaanmu. Berikut bunyi doanya yang dapat kamu baca setiap harinya:

Allahumma innii as-aluka min khairi hadzal amali wa khairi maa fiihi, wa'audzubika min syarri haadzal amali wasyarri maa fiihi innaka 'alaakulli syaiin qadiir

Artinya: "Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung padaMu daripada keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya. Sesungguhnya di atas segala sesuatu itu Engkaulah yang maha berkuasa menentukannya."

8 dari 11 halaman

7. Doa Memohon Kebaikan

Tak hanya hendak berangkat bekerja, saat memulai aktivitas pagi hari di rumah pun kita juga dianjurkan membaca doa. Berikut bacaan doanya:

 أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ المُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ، وَحْدَهُ لا شَرِيكَ له، له المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهو علَى كُلِّ شيءٍ قَدِيرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ ما في هذِه اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ ما بَعْدَهَا، وَأَعُوذُ بكَ مِن شَرِّ ما في هذِه اللَّيْلَةِ وَشَرِّ ما بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بكَ مِنَ الكَسَلِ وَسُوءِ الكِبَرِ، رَبِّ أَعُوذُ بكَ مِن عَذَابٍ في النَّارِ وَعَذَابٍ في القَبْرِ

Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Rabbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Rabbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

Artinya: “Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Hanya milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Tuhanku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.”

9 dari 11 halaman

8. Doa Berlindung dari Nafsu Setan

Hawa nafsu bisa menyebabkan manusia terjerumus pada kesesatan dan kemaksiatan. Tentu tidak mudah melawan hawa nafsu. Maka sudah semestinya kita memohon perlindungan dari Allah dari nafsu, setan dan sekutunya. Setiap pagi hari, amalkan doa di bawah ini agar senantiasa terlindungi dari nafsu yang buruk:

اللَّهُمَّ فَاطِرَ السَمَوَاتِ وَالأَرْضِ، عَالِمَ الغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ وَشَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ

Allāhumma fāthiras smāwāti wal ardhi, ‘ālimal ghaibi was syahādah, rabba kulli syai’in wa malīkah, asyhadi an lā ilāha illā anta. A‘ūdzu bika min syarri nafsī wa syarris syathāni wa syirkih.

Artinya: “Tuhanku, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui hal yang ghaib dan nyata, tuhan dan penguasa segala sesuatu. Aku bersaksi tiada tuhan selain Kau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan nafsuku, kejahatan setan dan sekutunya,” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

10 dari 11 halaman

9. Doa Agar Dihindarkan dari Mudharat

Berikut bacaan doa pagi hari Islam agar dihindarkan dari mudharat. Doa ini dibaca sebanyak 3 kali setiap pagi.

بِسْمِ اللهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ 

Bismillāhil ladzī lā yadhurru ma‘as mihī syai’un fil ardhi wa lā fis samā’i wa huas samī‘ul ‘alīm.

Artinya: "Dengan nama Allah, Dzat yang apa pun di bumi dan di langit tidak mudharat dengan asma-Nya. Dia Maha Mendengar dan Maha Mengetahui,” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

11 dari 11 halaman

10. Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan

Doa ini terdapat dalam Al-Quran surah Thaha ayat 25 hingga 28.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbis rahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqahu qaulii.

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat