uefau17.com

Keutamaan Surah Ad-Dhuha, Bernilai Sedekah hingga Jaminan Rezeki Dunia Akhirat - Islami

, Jakarta - Surah ad-Dhuha merupakan surah ke-93 dalam Al-Qur'an. Surah ini tergolong dalam surah Makkiyah karena diturunkan di Kota Makkah

Surah yang terdiri dari 11 ayat ini disebut dengan ad-Dhuha yang berarti waktu Dhuha. Di mana waktu dhuha adalah ketika matahari sepenggalahan naik.

Nama ad-Dhuha dalam surah ini diambil dari sumpah Allah pada ayat pertama, “Demi waktu dhuha”. Surah ini juga dapat diamalkan ketika melaksanakan sholat Dhuha. 

Berdasarkan hadis, Zaid bin Arqam meriwayatkan, 

“Rasulullah SAW keluar menemui penduduk Quba di saat mereka melaksanakan sholat Dhuha, lalu Rasulullah SAW bersabda, ‘Sholat Dhuha dilakukan apabila anak anak unta telah merasa kepanasan (karena tersengat matahari).” (HR. Muslim dan Ahmad bin Hambali).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keutamaan Membaca Surah Ad-Dhuha:

1. Senilai 360 sedekah 

“Di dalam tubuh manusia terdapat tiga ratus enam puluh sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya.” Mereka (para sahabat) bertanya, “Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?” Beliau menjawab, “Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu), maka dua rakaat Dhuha sudah mencukupimu.” (HR. Abu Dawud).

2. Mengajarkan untuk berperilaku baik pada anak yatim

Anjuran ini jelas tercantum dalam surah ad-Dhuha ayat 9 yang artinya, 

“Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang.”

Allah memerintahkan kita untuk tidak berlaku sewenang-wenang terhadap anak yatim. Nabi Muhammad SAW yang merupakan Rasul Allah pun adalah sosok yang sangat menyayangi serta memuliakan anak yatim. Manfaat dari mengimani ayat ini adalah kita terbiasa untuk bersikap baik ke anak yatim dan semua orang.

3. Mengingatkan manusia untuk selalu bersyukur

Allah SWT menyayangi hamba-hamba-Nya yang senantiasa bersyukur. Surah ad-Dhuha ayat 11 yang artinya

“Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur)”.

Manfaat dari mengucap dan merasa bersyukur adalah selalu merasa cukup dan terhindar dari sikap iri dengki terhadap hal-hal yang tidak kita miliki. Hal ini tentu baik bagi ketenangan hati dan pikiran agar kita terhindar dari stress.

4. Membuat diri mudah melakukan ibadah

Ibadah sholat dhuha merupakan salah satu cara untuk mendatangkan rezeki. InsyaAllah dengan melaksanakan serta membaca surahnya, dan yakin atas kuasa Allah kita akan mendapatkan rezeki yang berlimpah. Rezeki yang bermanfaat bagi kehidupan dunia maupun akhirat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat