uefau17.com

3 Golongan Manusia yang Tak Akan Ketakutan di Hari Kiamat, Siapa Mereka? - Islami

, Jakarta - Setiap mukmin harus mengimani hari kiamat. Hari kiamat adalah hari berakhirnya kehidupan manusia dan hancurnya alam semesta. 

Meski tidak diketahui pasti kapan hari kiamat tiba, namun Al-Qur’an dan hadis-hadis nabi telah membocorkan bagaimana kondisi manusia dan alam semesta pada hari kiamat.

Bisa dikatakan, gambaran hari kiamat sangat mengerikan. Gunung meletus yang terjadi belakangan ini tidak ada apa-apanya dibanding nanti pada hari kiamat. Pun dengan gempa bumi, angin puting beliung, dan bencana lainnya. Semua itu bagian kecil dari hari kiamat yang sesungguhnya.

Gambaran hari kiamat yang super mengerikan bisa membuat manusia ketakutan. Namun ternyata, ada tiga golongan manusia yang akan tetap tenang di hari kiamat. 

Tiga golongan yang tidak akan merasa ketakutan di hari kiamat telah disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW. Mereka juga tidak dihisab. Lantas, siapakah tiga golongan tersebut?

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sabda Rasulullah SAW

Ternyata, tiga golongan yang tidak akan ketakutan di hari kiamat itu adalah orang yang membaca Al-Qur’an semata-mata mengharap ridha Allah, dai yang mengajak sholat semata-mata mengharap ridha Allah, serta orang yang menjaga hubungan baik dengan tuannya dan bawahannya.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِى الله عَنْهًما قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاَثَةٌ لَا يَهُوْلُهُمُ الْفَزَعُ الأكْبَرُ وَلَا يَنَالهُمُ الحِسَابُ هُمْ عَلى كَثِيبٍ مِنْ مِسكٍ حَتَّى يُفْرَغَ مِنْ حِسَابِ الخَلائِقِ رَجُلٌ قَرأَ القُرآنَ ابْتِغَآْءَ وَجْهِ اللهِ وَاَمَّ قَوْماً وَهُمْ بِهِ رَاضُوْنَ وَدَاعٍ يَدْعُوْنَ إلى الصَّلواتِ ابْتِغآء وجْهِ اللهِ وَرَجُلٌ اَحْسَنَ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ مَوَالِيهِ. (رواه الطبراني في معاجم الثلاثة).

Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda, “Tiga orang yang tidak akan mengalami ketakutan pada hari yang sangat menakutkan dan mereka tidak akan dihisab, mereka berada diatas tumpukan kasturi hingga selesai hisab terhadap semua manusia: (1) Seseorang yang membaca Alquran semata-mata mengharap ridha Allah, dan ia mengimami suatu kaum sedang mereka menyukainya; (2) Dai yang mengajak shalat semata-mata mengharap ridha Allah SWT; (3) Orang yang menjaga hubungan baik antara ia dengan tuannya dan antara ia dengan bawahannya.” (HR Thabrani)

Itulah tiga golongan yang disebutkan Rasulullah SAW tidak akan merasa takut pada hari kiamat. Semoga kita termasuk golongan tersebut. Wallahu’alam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat