uefau17.com

Arti Marhaban Ya Ramadhan, Kalimat yang Sering Diucapkan Menjelang bulan Puasa - Islami

, Jakarta Tak terasa dalam hitungan hari seluruh umat muslim di berbagai negara di dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan. Tentu tak sedikit umat muslim yang sudah tak sabar menyambut bulan suci ini. Pasalnya bulan Ramadhan dikatakan bulan yang penuh dengan keistimewaan. 

Saat menjelang bulan Ramadhan, tentu kalian sering mendengar orang kerap mengucapkan atau mungkin menulis status di media sosial dengan kalimat “Marhaban Ya Ramadhan” bukan?

Ya, kalimat tersebut bahkan seolah sudah menjadi tradisi bagi umat Islam di Indonesia saat menjelang bulan puasa. Tapi sebenarnya apa itu arti Marhaban Ya Ramadhan?

Tentu kalian sudah tahu bahwa ucapan Marhaban Ya Ramadhan berasal dari bahasa Arab. Secara harfiah, Marhaban merupakan turunan dari kata 'rahb' yang berarti luas atau lapang.

Lantas jika digabungkan dengan kata 'Ramadhan' bisa menjadi “Sebuah kelapangan dada menyambut datangnya bulan Ramadhan”. Sementara itu, berdasarkan pengertian di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti Marhaban adalah kata seru (afektif) untuk menyambut atau menghormati kedatangan tamu (yang berarti selamat datang). 

Maka kalimat Marhaban Ya Ramadhan bisa diartikan sebagai “Selamat datang bulan Ramadhan.” Itulah yang menjadi alasan mengapa kalimat tersebut kerap dijadikan ucapan saat akan memasuki bulan puasa. Tak sedikit orang atau bahkan Anda sendiri yang membagikan kalimat tersebut kepada sanak saudara dan kerabat menjelang bulan Ramadhan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Link Twibbon Ramadhan

Saat menyambut bulan suci Ramadhan mungkin tak sedikit pula yang mengucapkan selamat berpuasa kepada sanak saudara dan kerabat. Nah tak lengkap rasanya jika tak memasang Twibbon bertema Ramadhan 2023. Dikutip dari situs Twibbonize, berikut beberapa link Twibbon yang dapat Anda gunakan untuk mengucapkan selamat berpuasa dan menyambut bulan suci.

  1. #
  2. #
  3. #
  4. hhttps://www.twibbonize.com/jadigurutk
  5. #
  6. #
  7. #
  8. #
  9. #
3 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Twibbon

Bagi Anda yang ingin membuat Twibbon dengan menggunakan link di atas, berikut ini adalah langkah-langkahnya. 

  1. Pertama-tama pilih salah satu link Twibbon dengan bingkai yang ingin digunakan. 
  2. Klik “pilih foto” dan masukkan foto yang ingin Anda pasang dari galeri.
  3. Atur posisi foto agar sesuai dengan bingkai.
  4. Klik “unduh” agar foto tersimpan di galeri.
  5. Foto siap dibagikan ke media sosial, selamat mencoba!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat