uefau17.com

Janji Allah dalam Al-Qur’an tentang Kiamat, Siapkah Bekal Kita? - Islami

, Jakarta - Gambaran tentang peristiwa kiamat telah dijelaskan dalam beberapa surat di Al-Qur’an. Peristiwa kiamat yang digambarkan dalam Al-Qur’an sejatinya membuat kita sadar akan pentingnya persiapan diri sejak sekarang. Karena, segala perbuatan manusia di dunia akan dipertanggungjawabkan setelah kiamat.

Rasulullah SAW sebagai kekasih-Nya tidak menjelaskan secara jelas kapan terjadinya kiamat. Sebab, waktu datangnya hari kiamat menjadi rahasia Allah SWT. Bisa jadi hari kiamat itu akan segera terjadi dalam waktu dekat.

Manusia bertanya kepadamu tentang hari kiamat. Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu hanya di sisi Allah’. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari kiamat itu sudah dekat waktunya.” (QS. Al-Ahzab: 63)

Hari kiamat itu pasti akan datang sebagaimana menjadi janji-Nya. Kepastian terjadinya hari akhir diterangkan dalam Al-Qur’an. 

Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.”  (QS. Al-Hajj: 7)

Kendati tidak dijelaskan secara rinci mengenai waktu kiamat, tanda-tanda hari akhir dapat diketahui dalam beberapa ayat Al-Qur’an maupun hadis nabi. Tanda-tanda ini dapat menjadi renungan diri setiap muslim agar senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbanyak amal saleh.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda Kiamat dalam Hadis Nabi

Mengutip situs Keislaman NU, salah satu hadis nabi yang sahih tentang tanda-tanda kiamat adalah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, diriwayatkan oleh beberapa perawi hadis, dan diakui oleh para ulama. Berikut adalah terjemahan hadisnya.

Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya'juj dan Ma'juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka.” (Lihat Abul Husain Muslim bin Hajjaj bin Muslim An-Naisaburi, Al-Jāmi’us Ṣaḥīḥ, [Beirut, Dārul Afaq Al-Jadidah: tanpa tahun], juz VIII, halaman 178).

Dari hadis tersebut dapat kita ketahui bahwa tanda-tanda kiamat kubra adalah sebagai berikut.

1. Munculnya kabut (dukhan) 

2. Munculnya Dajjal 

3. Munculnya Dabbah 

4. Terbitnya matahari dari barat. 

5. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

6. Munculnya Isa bin Maryam 

7. Adanya tiga gerhana, di timur;  

8. Gerhana di barat

9. Gerhana di jazirah Arab. 

10. Adanya api yang muncul dari Yaman kemudian menggiring manusia menuju tempat berkumpul.

Wallahu’alam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat