uefau17.com

25 Kata Bijak Tentang Toleransi Umat Beragama, Pentingnya Menghargai Perbedaan - Islami

, Jakarta - Indonesia merupakan negara yang penuh dengan keberagaman. Begitupun dengan keragaman masyarakat yang memeluk agama berbeda-beda.

Sebab itulah mengapa pentingnya toleransi antarumat beragama. Toleransi merupakan sikap toleran, menghargai perbedaan kelompok atau individu masyarakat tertentu.

Toleransi menjadi jembatan antar perbedaan yang ada sekaligus bentuk pelarangan tindakan diskriminasi terhadap kelompok atau golongan yang berbeda dalam masyarakat.

Adanya perbedaan seharusnya bisa menjadi alasan untuk melengkapi satu sama lain dan bukan dipertentangkan. Selain dengan perbuatan, kita pun juga bisa menularkan sikap toleransi antarumat beragama melalui kata-kata. 

Dengan begitu, harapannya seluruh masyarakat Indonesia akan hidup rukun berdampingan meskipun dengan perbedaan kepercayaan beragama.

Berikut ini adalah kata-kata bijak tentang toleransi, yang diharapkan bisa memupuk kerukunan, toleran, kesetaraan, dan keterbukaan.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Bijak Tentang Toleransi

  1. Meningkatkan ketaatan pada agama masing-masing adalah prinsip penguatan NKRI. Semakin kuat ketaatan pada agama yang diyakininya, maka semakin dalam merasakan arti toleransi. – Gus Tama
  2. Kasih sayang dan toleransi adalah kartu identitas orang Islam. – KH. Ahmad Dahlan
  3. Parameter utama untuk dapat memelihara keragaman adalah mengelola kemampuan toleransi. – Gusdur
  4. Toleransi itu menghargai, membiarkan, mengizinkan. Toleransi itu bukan mengikuti. – Jonru
  5. Indonesia ada karena perbedaan. Keputusan bersama pendiri bangsa yang satukan kita. – Gusdur
  6. Tugas generasi kita adalah mewariskan toleransi bukan kekerasan. – Ridwan Kamil
  7. Faktor yang menyebabkan terjadinya konflik adalah mau menang sendiri tanpa batas, jadi tidak ada toleransi. – Gusdur
  8. Kemajemukan harus bisa diterima, tanpa adanya perbedaan. – Gusdur
  9. Toleransi itu menghargai perbedaan, bukan memaksa untuk menyamakan perbedaan.
  10. Mau tau arti toleransi? Dalam berbangsa kita sama, tapi dalam beragama kita tetap beda, tak bisa menyamakan, dan tak bisa di sama-samakan begitulah toleransi. – Mat Ali
  11. Jika Tuhan memberiku cinta dengan dibungkus agama, maka akan aku jaga agamaku tanpa menyakiti agama orang lain, dan jika Tuhan memberiku rasa yang dibalut dengan toleransi maka akan ku hargai pendapat orang lain, jika masih ada yang mempermasalahkan dua hal itu dia manusia amatir. – Sukrad
  12. Toleransi dan kerukunan harus dikedepankan, jaka saudara kita yang berbeda suku dan agama, diterpa masalah kita harus menolongnya ketika mereka terjatuh kita harus siap membangunkannya. – Sumurung Sinambela
  13. Pemuka agama harus menebar kedamaian, kenyamanan, toleransi dsb yang berketuhanan bukan menebar kebencian, dan permusuhan.
  14. Toleransi bukan berarti kita harus ikut budaya agama lain. Kita punya batasan dan akidah yang jelas. Salah kaprah jika kita mengatakan toleransi dengan ikut serta dalam agenda keagamaan mereka.
  15. Karena, Indonesia terdiri dari beragam suku, agama, ras yang berbeda dan membawa potensi perselisihan. Dengan bertoleransi, kita bisa saling menghargai perbedaan, dan terhindar dari konflik sosial dan perpecahan.
  16. Toleransi itu cukup saling menghormati dan tidak mengganggu ibadah agama lain.
  17. Batas toleransi tiap agama berbeda-beda. Di islam batas toleransi sekedar menghargai tiap agama, menghargai tiap umat beribadah sesuai agama masing-masing. Untukmu agamamu dan untukku agamaku.
  18. Sebagai seorang Muslim kita harus bersikap baik terhadap non Muslim, dalam arti tidak boleh mendendam dan mencaci maki agama mereka, sehingga perdamaian akan tercipta.
  19. Toleransi dalam Islam itu “bagimu agamamu dan bagiku agamaku” . Bukan dengan mengikuti bahkan meramaikan hari ibadah agama lain .
  20. Toleransi itu membiarkan yang beda agama denganmu beribadah dengan tenang tanpa gangguan.
  21. Toleransi bukan hanya milik satu golongan umat beragama, tetapi milik semua golongan dan berlaku untuk semua pemeluk agama. – Lukman H. Saifuddin
  22. Jangan berkedok toleransi bila kurangi kepercayaan pada agama sendiri. Jangan bertopeng agama bila kurangi semangat hidup indah dg keberagaman. – Ustad Al Habsyi
  23. Toleransi itu dasarnya bukan semua agama sama. Tapi pemeluk setiap agama menghormati pemeluk agama lain yang meyakini kebenaran agamanya masing-masing. – Mahfud MD
  24. Toleransi itu menghormati,  menghargai dan tidak mengganggu. Bukan ikut-ikutan agama lain. Agama sendiri malah tidak dipraktikkan.
  25. Toleransi berarti membuka probabilitas lain dalam berpendapat. Toleransi tak hanya wajib dalam agama tapi dalam semua interaksi sosial, politik dsb. –  Muhsin Labib

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat