uefau17.com

4 Rekomendasi Pesantren Bagus, Modern dan Murah di Bogor Lengkap Estimasi Biaya - Islami

, Bogor - Bogor merupakan daerah yang terkenal sebagai salah satu pusat pesantren di Jawa Barat. Suasana nyaman dan tentram membuat Bogor menjadi daya tarik tersendiri.

Peminat pesantren di Bogor ternyata tidak hanya berasal dari santri lokal, tetapi juga warga dari luar kota, termasuk DKI Jakarta.

Hal ini juga dikarenakan jarak Ibu kota Jakarta dengan Bogor yang tidak terlalu jauh sehingga banyak santri dari akhirnya memutuskan untuk mondok di Bogor. 

Mengutip dari berbagai sumber,  banyak sekali pesantren-pesantren terbaik di Bogor yang memiliki kualitas bagus dan juga menawarkan dengan biaya yang relatif murah.

Berikut adalah pesantren di Bogor yang direkomendasikan.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pesantren Madinatul Quran

Pesantren Madinatul Quran menjadi ponpes yang berfokus pada aspek Al-Qur'an. Ponpes ini juga menghidupkan sunah rasul dalam keseharian, sehingga cara berpakaian pun berusaha mengikuti sunah, seperti celana di atas mata kaki.

Selama tinggal di pesantren, para santri diharapkan memiliki kemampuan menghafal Al-Qur'an. Pesantren ini juga memiliki jenjang SD Tahfidz, SMP Tahfidz, SMA Tahfidz, serta Ma’had Aly (sarjana). 

Hal menarik lainnya adalah adanya pembekalan agribisnis, wirausaha yang diberikan kepada seluruh santri. Sehingga mereka tak hanya mampu berdakwah menebarkan pendidikan agama, namun nantinya para santri juga mampu menopang kehidupan seharinya dengan usaha. 

Biaya :

Untuk estimasi biaya Rp3.000.000 serta biaya per bulan sekitar Rp1.500.000. Tidak perlu khawatir di pesantren ini juga menyediakan program beasiswa di beberapa jenjang untuk santri yang memiliki keterbatasan biaya pendidikan. 

Alamat :

Jalan baru TMMD Desa Cibodas, Singasari, Kec. Jonggol, Bogor, Jawa Barat

3 dari 5 halaman

2. Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami

Pesantren Modern Ummul-Quro Al-Islami berdiri sejak  21 Juli 1993 atau bertepatan dengan 1 Muharram 1413 H. Nama pesantren ini sendiri diambil dari julukan kota Makkah di Saudi Arabia dengan tujuan pendiri agar tabarrukan (mengambil keberkahan) dari kota suci Makkah yang selalu dibanjiri oleh kaum Muslimin dari segala penjuru dunia. 

Sistem pesantren modern dengan kurikulum integrasi dianggap menjadi pilihan rasional untuk merealisasikan visi dan misi ponpes Ummul Quro Al-Islami ini. Nantinya para santri diberi modal ilmu agama serta umum agar setelah lulus bisa berbaur dengan segala lapisan masyarakat.

Pesantren ini menerapkan sistem pesantren modern, dengan pembelajaran ilmu agama dan umum yang berimbang. Di pesantren ini tersedia jenjang pendidikan Tsanawiyah (Setara SMP) dan Aliyah (Setara SMA). 

Salah satu keunggulan dari pesantren ini adalah jaringan hingga ke luar negeri. Beberapa santri di Ummul Quro bisa melanjutkan pendidikan di jenjang kuliah hingga ke beberapa negara luar negeri seperti Mesir, Yaman, dan lainnya. Wajar bila pesantren ini cukup terkenal dan dijadikan tujuan orangtua untuk sekolah anaknya.

Biaya : 

Biaya bersih pendaftaran sebesar Rp8.000.000 dengan fasilitas yang sudah memadai di dalam asrama 

Alamat :

Jl. Moh Noh Noer Rt.004/004 Kp. Banyusuci, Desa, Leuwimekar, Kec. Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat

4 dari 5 halaman

3. Pesantren Darussalam Bogor

Diketahui pada tahun 1993, ponpes ini telah memulai kegiatan belajar mengajar dalam bentuk pesantren yang secara sistem dan kurikulum mengacu ke Pondok Modern Gontor dan juga kepada kurikulum Pendidikan Nasional (Departemen Agama dan Diknas).

Ponpes Darussalam telah banyak meluluskan alumninya yang kini telah berkiprah di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai profesi dan kegiatan. 

Pondok Pesantren Darussalam Bogor ini memiliki area pesantren yang cukup luas, yaitu 6.400 M2. Sebagai pondok pesantren yang menerapkan kurikulum modern, berbagai kegiatan ekstrakurikuler tersedia di pesantren ini mulai dari pramuka, olahraga, sains dan lainnya. 

Biaya : 

Selain memiliki fasilitas serta pendidikan yang terjamin untuk pesantren ini juga menekan tarif pendaftaran bersih sekitar Rp4 jutaan saja

Alamat :

Jl. Raya Taman Pagelaran, RT.001/RW.02, Bubulak, Kec. Ciomas, Bogor, Jawa Barat

5 dari 5 halaman

4. Pesantren At-Taqwa

Pesantren At-Taqwa ini menyediakan jenjang pendidikan SMP dan SMA. Sebagai info tambahan, pesantren ini sudah bernaung di bawah kemendikbud. Selain itu, para santri juga mengkaji berbagai kitab agama.

Tujuannya agar ilmu agamanya mendalam. Para lulusan diharapkan memiliki kemampuan ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama yang berimbang.

Para santri pun dilatih kemandirian dan tanggung jawab dalam asrama santri. Gedung asrama dan untuk pendidikan akademis juga sudah sangat baik. Salah satu fasilitasnya adalah CCTV 24 jam. Jadi kegiatan para santri terawasi dengan baik. 

Biaya : 

SPP bulanan untuk sekolah dan asrama sekitar Rp1,8 juta

Alamat :

Jl. Desa Nagrak No.71, RW.4, Nagrak, Kec. Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat

Penulis : Putry Damayanty

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat