uefau17.com

Belajar Tajwid: Alif Lam Qomariah Lengkap dengan Huruf dan Contoh - Islami

, Bogor - Membaca dan memahami Al-Qur’an tidak hanya mengetahui makna atau artinya saja. Seorang muslim sejatinya juga mengetahui hukum-hukum dalam membacanya. 

Untuk memudahkan membaca Al-Qur’an, maka dikenal lah hukum tajwid. Salah satu hukum tajwid yang perlu diketahui dan sering ditemukan di dalam ayat-ayat Al-Qur’an adalah hukum Alif Lam Ta’rif.

Mengutip kitab Hidayatul Mustafid karangan Syekh Muhammad Al-Mahmud, hukum Alif Lam Ta’rif terbagi menjadi dua, yakni Alif Lam Qomariah dan Syamsiyah. Pada artikel ini akan fokus mengulas tentang Alif Lam Qomariah.

Alif Lam Qomariyah adalah alif lam sukun yang jika bertemu dengan huruf-huruf qomariah dibacanya jelas atau izhar. Ada 14 huruf hijaiyah yang termasuk qomariah.

Huruf-huruf hijaiyah yang termasuk qomariah antara lain sebagai berikut.

ا ب ج ح خ ع غ ف ق ك م و ه ي

(Alif, Ba, Ha, Kha, Ain, Ghain, Fa, Qaf, Kaf, Mim, Wau, Haa, Ya)

Baca Al-Qur'an lengkap dengan maknanya, di sini.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Contoh Alif Lam Qomariah dalam Al-Qur’an

Berikut beberapa contoh hukum Alif Lam Qomariah yang ditemukan dalam Al-Qur’an.

1. Surah Al-Fatihah Ayat 2

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ

Ayat tersebut dibaca Alhamdu lillaahi Rabbil 'aalamiin. Pada ayat tersebut ditemukan dua jenis Alif Lam Qomariah. Pertama huruf alif lam bertemu dengan huruf ha (ح) dan kedua alif lam bertemu dengan huruf ain (ع)

2. Surah Al-Baqarah Ayat 2

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ 

Potongan ayat tersebut dibaca żālikal-kitābu. Ini termasuk contoh dari hukum Alif Lam Qomariah di mana huruf alif lam bertemu huruf dengan kaf (ك)

3. Surah At-Tin Ayat 3

وَهٰذَا الْبَلَدِ الْاَمِيْنِۙ

Ayat tersebut dibaca wa hazal-baladil amini. Ada dua Alif Lam Qomariah. Pertama, alif lam bertemu huruf ba (ب) dan kedua alif lam bertemu huruf alif (ا).

Ayat-ayat Al-Qur'an tersebut dapat Anda lihat di dalam tautan berikut ini.

Itulah penjelasan hukum Alif Lam Qomariah beserta huruf dan contoh-contohnya. Di Al-Qur’an ayat-ayat yang menggunakan Alif Lam Qomariah banyak sekali. Semoga dengan penjelasan ini Anda bisa membacanya dengan baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat