uefau17.com

LKPD Adalah Singkatan dari Lembar Kerja Peserta Didik, Pahami Fungsi dan Tujuannya - Hot

, Jakarta LKPD adalah akronim dari lembar kerja peserta didik. Secara umum, LKPD adalah lembar kerja berisi tugas yang dikerjakan oleh peserta didik, berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas berupa teori ataupun praktik.

LKPD adalah lembar kerja peserta didik yang meliputi unsur-unsur yang akan membantu peserta didik memahami materi lebih cepat. Biasanya LKPD ini berupa panduan untuk latihan pengembangan aspek kognitif maupun panduan untuk pengembangan semua aspek pembelajaran dalam bentuk panduan eksperimen atau demonstasi.

Agar lebih paham, berikut ulas mengenai pengertian LKPD beserta fungsi dan tujuannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (27/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal LKPD

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, LKPD adalah kepanjangan dari lembar kerja peserta didik. Secara umum, LKPD adalah lembar kerja berisi tugas yang dikerjakan oleh peserta didik, berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas berupa teori ataupun praktik.

LKPD dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang melibatkan aktivitas olah tangan seperti penyelidikan dan aktivitas berpikir seperti menganalisis data hasil penyelidikan.

Hal yang sama juga dijelaskan dalam jurnal yang berjudul Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika oleh Umbaryati, pengertian LKPD adalah sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga terbentuk interaksi efektif antara peserta didik dengan pendidik, dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik.

Sementara itu dalam UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, LKPD juga dikenal sebagai LKS atau lembar kerja siswa. LKPD ini dapat berupa panduan untuk melatih pengembangan aspek kognitif maupun panduan untuk pengembangan semua aspek pembelajaran dalam bentuk panduan eksperimen dan demonstrasi.

LKPD memuat sekumpulan kegiatan mendasar yang harus dilakukan oleh siswa untuk memaksimalkan pemahaman dalam upaya pembentukan kemampuan dasar sesuai indikator pencapaian hasil belajar yang harus ditempuh.  

3 dari 6 halaman

Pengertian LKPD Menurut Para Ahli

Dalam buku yang berjudul LKPD Berbasis Eksperimen: Tingkatkan Hasil Belajar Siswa oleh Neni Triana, menjelaskan bahwa terdapat pendapat lain dari berbagai ahli mengenai pengertian LKPD adalah sebagai berikut ini:

1. Trianto

LKPD adalah panduan peserta didik yang digunakan untuk melakukan penyelidikan atau pemecahan masalah. LKPD dapat berupa panduan untuk latihan pengembngan aspek kognitif maupun panduan untuk pengembangan semua aspek pembelajaran dalam bentuk panduan eksperimen atau demonstrasi.

2. Prastowo

LKPD adalah suatu bahan ajar cetak berupa lembaran-lembaran kertas yang berisi materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh peserta didik dan mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai.

3. Siti Nur Hasanah

LKPD adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang dikerjakan oleh peserta didik, berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas berupa teori maupun praktik.

4. Dhari dan Haryono

LKPD adalah lembaran yang berisi pedoman bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan yang terprogram.

4 dari 6 halaman

Fungsi LKPD

Menurut Prastowo dalam buku yang berjudul LKPD Berbasis Eksperimen: Tingkatkan Hasil Belajar Siswa oleh Neni Triana, ada beberapa fungsi LKPD yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai bahan ajar yang meminimalkan peran pendidik, namun lebih mengaktifkan peserta didik.
  2. Sebagai bahan ajar yang mempermudah untuk memahami materi yang diberikan.
  3. Sebagai bahan ajar yang ringkas dan kaya tugas untuk berlatih.
  4. Memudahkan pelaksanaan pengajaran kepada peserta didik.

Sedangkan menurut Widjajanti yang dikutip dari buku berjudul Pengembangan Pembelajaran Matematika (2022) oleh Fitriani Nur, menjelaskan ada terdapat beberapa fungsi dari LKPD adalah sebagai berikut:

  1. Alternatif bagi guru untuk mengarahkan pengajaran atau memperkenalkan kegiatan sebagai kegiatan pembelajaran.
  2. Membantu peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.
  3. Dapat membangkitkan minat peserta didik jika LKPD disusun secara rapi, sistematis, mudah dipahami oleh peserta didik, sehingga mudah menraik perhatian peserta didik.
  4. Dapat menumbuhkan kepercayaan pada diri peserta didik dan meningkatkan motivasi belajar dan rasa ingin tahu.
  5. Dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah.

Dengan kata lain, secara umum fungsi dari LKPD adalah untuk membantu guru menyediakan pembelajaran yang aktif bagi peserta didik. Melalui LKPD peserta didik ketika mengerjakan soal latihan agar mencapai kesimpulan yang terarah. Dengan begitu proses belajar mengajar akan berjalan lebih mudah bagi guru maupun bagi peserta didik.

Hal ini sejalan dengan pendapat Abdurrahman yang menyatakan bahwa LKPD berfungsi sebagai alat yang memberikan kemudahan bagi peserta didik maupun guru dalam proses suatu pembelajaran.

5 dari 6 halaman

Tujuan dan Manfaat LKPD

Untuk tujuan dari penyusunan LKPD perlu anda ketahui sebagai berikut ini:

  1. Memudahkan peserta didik dalam memahami materi-materi yang diajarkan dalam pembelajaran.
  2. Memberikan tugas-tugas yang menunjang pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan.
  3. Menjadikan peserta didik lebih mandiri.
  4. Meringkan tugas pendidik dalam memberikan tugas kepada peserta didik.

Sedangkan untuk manfaat dari LKPD adalah mengaktifkan peserta didik, membantu peserta didik menemukan dan mengembangkan konsep, melatih peserta didik menemukan konsep, dan menjadi alternatif cara penyajian materi pelajaran yang menekankan keaktifan peserta didik serta dapat memotivasi peserta didik.

6 dari 6 halaman

Struktur Penyusunan LKPD

Dalam proses pembuatannya, terdapat struktur LKPD yang perlu diketahui oleh pendidik. Berikut ini beberapa struktur penyusunan LKPD, yakni:

  1. Judul LKPD
  2. Mata pelajaran
  3. Semester
  4. Tempat
  5. Petunjuk belajar
  6. Kompetensi yang akan dicapai
  7. Indikator yang akan dicapai peserta didik
  8. Informasi pendukung
  9. Tugas-tugas
  10. Langkah-langkah pengerjaan serta penilaian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat