uefau17.com

Kondusif adalah Situasi yang Mendukung, Pahami Cara Menciptakannya dalam Pembelajaran - Hot

, Jakarta Kondusif adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Hal ini berkaitan dengan suatu kondisi atau suasana yang terasa di suatu tempat. Istilah ini juga berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan.

Kondusif adalah istilah yang biasanya digunakan dalam proses belajar dan mengajar di sekolah. Lingkungan belajar yang kondusif merupakan salah satu faktor penting yang dapat memengaruhi hasil pembelajaran siswa.

Kondusif adalah merasa aman dan nyaman bila dilihat dari pengertiannya dalam pembelajaran. Saat merasa nyaman dan aman, pelajar bisa lebih fokus dan konsentrasi menerima pelajaran. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif ini.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/11/2023) tentang kondusif adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondusif adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kondusif adalah memberi peluang pada hasil yang diinginkan yang bersifat mendukung. Kondusif adalah suatu situasi atau kondisi yang mendukung terjadinya suatu hal. Jadi, kondusif adalah situasi yang mengarahkan kemungkinan terjadinya sesuatu sesuai yang diinginkan. Dalam Sosiologi, kondusif adalah suatu ketenangan dan ketertiban dalam masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya.

Sementara itu dalam pembelajaran, kondusif adalah situasi tenang dalam melakukan aktivitas belajar, tertib dalam pelaksanaan berbagai tugas, dan mendukung semua kegiatan yang termasuk di dalam proses pembelajaran. Kondusif adalah suatu hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar karena berhubungan dengan prestasi belajar siswa nantinya. Semakin kondusif situasi belajar mengajar, maka semakin optimal pula hasil pembelajaran yang akan didapatkan oleh pelajar.

Situasi kondusif adalah lingkungan yang aman dan nyaman. Dalam pembelajaran ini, kondusif adalah di mana kondisinya jauh dari gangguan suara yang merusak konsentrasi, serta suasana gembira dan antusias. Suasana belajar yang nyaman atau kondusif adalah hal penting yang memungkinkan siswa memusatkan pikiran dan perhatian pada pelajaran yang disampaikan.

3 dari 4 halaman

Cara Menciptakan Lingkungan yang Kondusif

Melansir laman SMA Dwiwarna, cara menciptakan lingkungan yang kondusif adalah sebagai berikut:

1. Menata Ruang Kelas

Pertama, cara menciptakan lingkungan yang kondusif adalah dengan menata ruang kelas. Ruang kelas merupakan lingkungan utama untuk kegiatan belajar yang menyenangkan. Ruang kelas yang rapi dan bersih membuat para pelajar lebih semangat belajar sehingga tercipta kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan. 

Siswa beserta wali kelas dapat bekerja sama untuk menata ruang kelas. Dalam proses ini tidak hanya menata meja dan kursi agar terlihat rapi saja, melainkan juga melengkapi ruang kelas dengan struktur kelas, administrasi kelas, jadwal pembelajaran dan sebagainya. Jika perlu, di bagian dinding ditambahkan beberapa aksesoris seperti lukisan hasil karya siswa atau kata-kata motivasi. 

2. Memperhatikan Lingkungan Luar Kelas

Cara menciptakan lingkungan yang kondusif juga perlu dilakukan dengan memperhatikan lingkungan luar kelas. Meski proses belajar dilakukan di dalam kelas, tetapi juga penting untuk memperhatikan lingkungan luar sekolah. Pasalnya lingkungan luar sekolah berpengaruh pada proses pembelajaran. 

Bayangkan jika di dalam kelas sedang berlangsung kegiatan belajar mengajar, tetapi di luar kelas sangat ramai dan bising. Tentu ini akan mengganggu konsentrasi guru maupun siswa. Akhirnya, suasana kondusif untuk pembelajaran pun akan sulit untuk dicapai.

3. Menciptakan Suasana Belajar dan Mengajar yang Menyenangkan

Setelah lingkungan kelas dan luar kelas sudah nyaman dan aman, selanjutnya cara menciptakan lingkungan yang kondusif menciptakan suasana belajar dan mengajar yang menyenangkan. Dalam hal ini guru memiliki peran yang cukup penting agar bisa meningkatkan konsentrasi dan semangat siswa saat proses belajar mengajar sedang berlangsung.

Guru yang demokratis dan simpatik memungkinkan untuk terciptanya suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Di mana hasil belajar siswa selalu dihargai sehingga siswa tidak takut salah ketika menjawab pertanyaan ataupun bertanya kepada guru. 

 

 

4 dari 4 halaman

4. Jalin Komunikasi dengan Siswa

Cara menciptakan lingkungan yang kondusif lainnya adalah menjalin komunikasi yang baik dengan siswa. Guru harus memperhatikan siswanya dengan cara sering mengajaknya ngobrol. Semakin sering melakukan komunikasi maka guru menjadi lebih mudah dalam memahami siswanya. 

Guru harus bisa memahami apa yang siswa inginkan, cara belajar seperti apa yang disukai dan apa kesulitan yang sedang dialaminya. Dengan begini maka bisa memperbaiki apa yang kurang dan meningkatkan kualitas belajar di kelas. 

5. Menggunakan Metode Pembelajaran yang Tepat

Proses belajar yang menyenangkan bisa tercipta jika metode pembelajaran yang digunakan tepat. Metode pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan dengan karakteristik siswanya. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat tidak hanya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan saja tetapi juga membuat siswa lebih semangat. 

Belajar yang menyenangkan merupakan cara belajar terbaik, tingkat pemahaman materi lebih tinggi sehingga hasil ujian menjadi lebih maksimal. Lingkungan belajar seperti inilah yang harus dirasakan oleh setiap siswa dalam belajar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat