uefau17.com

Tasyakuran adalah Kegiatan untuk Bersyukur, Simak Pula Contoh Undangannya - Hot

, Jakarta Tasyakuran adalah istilah yang kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia. Istilah ini sudah menjadi tradisi dalam masyakarat Indonesia. Umumnya, budaya tasyakuran ini benyak dilakukan di masyarakat desa yang masih menjunjung adat istiadat.

Secara umum, tasyakuran adalah kegiatan atau upacara yang dilakukan untuk mengucapkan rasa syukur, bersyukur, atau merayakan sesuatu yang dianggap sebagai berkah, nikmat, atau kebaikan. Acara ini dilakukan untuk bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikanNya.

Sebenarnya, bentuk rasa syukur dapat diwujudkan dalam berbagai macam bentuk, yang paling sederhana dengan mengucapkan hamdalah atau bersujud syukur. Namun tidak sedikit umat Islam yang menggelar tasyakuran sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

Berikut ulas mengenai pengertian tasyakuran yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (4/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tasyakuran Adalah

Secara umum, tasyakuran adalah kegiatan atau upacara yang dilakukan untuk mengucapkan rasa syukur, bersyukur, atau merayakan sesuatu yang dianggap sebagai berkah, nikmat, atau kebaikan. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian tasyakuran adalah hal bersyukur (kepada Allah SWT). Dengan kata lain, tasyakuran adalah selamatan atau kenduri sebagai pernyataan rasa syukur atas pemberian rejeki atau keselamatan dari Allah SWT.

Mengutip dari laman Desa Johorejo, tasyakuran atau tasyakur adalah kegiatan yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk memanjatkan rasa syukur atau terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena mendapatkan nikmat atau keberkahan hidup.

Hal yang sama juga dijelaskan dalam buku Resepsi Al-Qur’an dan Bentuk Spiritualitas Jawa Modern (2021) oleh Samsul Ariyadi, tasyakuran adalah perayaan baik dalam skala besar maupun kecil sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Allah SWT, atau terima kasih karena sesuatu yang telah berlangsung secara selamat dan lancar, seperti terbebas dari kesulitan, sembuh dari sakit, mendapatkan keberhasilan atau keuntungan, dan lain sebagainya.

Tasyakuran dapat berlangsung dalam berbagai bentuk, termasuk acara doa bersama, pemberian amal, makan bersama, atau acara keagamaan lainnya, tergantung pada konteks budaya, agama, atau tradisi yang berlaku. Kegiatan ini bisa dilakukan dalam berbagai momen penting, seperti pernikahan, kelahiran anak, ulang tahun, kelulusan, atau pencapaian lainnya yang dianggap berharga dan patut disyukuri.

3 dari 4 halaman

Doa Tasyakuran

1. Bacaan Doa untuk Syukuran 1

اَللهم صَلِّ عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىٰ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللهم إِنَّا نَسْئَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلىٰ رَبِّنِا تَوَكَّلْنَا. اَللهم اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَوَسِّعْ لَنَا فِى دَارِنَا هٰذَا

Arab latin: Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad wa ala aali sayyidina Muhammad. Allahumma inna nas’aluka khairal maulaji, wa khairal makhraji bismillahi wa lajna wa bismillahi kharajna wa ‘ala rabbina tawakkalna. Allahummaghfirlana dzunubana wawassi’ lana fi daarina hadza.

Artinya: "Ya Allah limpahkanlah rahmat ta’dhim atas junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad dan juga keluarga junjungan kami, yaitu Nabi Muhammad. Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar,

dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan kepada Tuhan kami, kami bersesah diri. Ya Allah ampunilah dosa-dosa kami dan lapangkanlah bagi kami di rumah-rumah kami ini."

2. Bacaan Doa untuk Syukuran 2

اَللهم بَارِكْ لَنَا فِى أَرْزَقِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى مَعِيْشَتِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى بُيُوْتِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى عُمْرِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِى أُمُوْرِنَا.

Arab latin: Allahumma barik lana fi aezaqina wa barik lana fi ma’isyatina wa barik lana fi buyutina wa barik lana fi ‘umurona wa barik lana fi umurina.

Artinya: "Ya Allah berkahilah rizki-rizki kami, berkahilah kehidupan kami, berkahilah rumah-rumah kami, berkahilah umur kami, dan berkahilah urusan-urusan kami."

3. Bacaan Doa untuk Syukuran 3

اَللهم سَلِّمْنَا وَسَلِّمْ دِيْنَنَا وَسَلِّمْ أَجْسَادَنَا وَسَلِّمْ أَمْوَالَنَا مِنْ بَلآءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الْآخِرَةِ. رَبَّنَا أَدْخِلْنَا مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنَا مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا

Arab latin: Allahumma sallimna wa sallim diinana wa sallim ajsadana wa sallim amwalana min bala’I dunya wa ‘adzabil akhirah. Robbana adkhilna mudkhola shidqi wa akhrijna mukhroja shidqi waj’al lana min ladunka shulthanan nashiiraa.

Artinya: "Ya Allah selamatkanlah kami, agama kami, fisik-fisik kami, harta benda kami dari bencana dunia dan siksa akhirat. Ya Tuhan kami,masukkanlah kami dengan cara yang benar dan keluarkanlah kami dengan cara yang benar dan berikanlah kepada kami dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong."

4. Bacaan Doa untuk Syukuran 4

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِى مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُكَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ.

Arab latin: A’udzubillahi mina syaitanir rajim. Bismillahi rahmani Rahim. Alhamdulillahi rabbil alamin. Hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi mazidah ya rabbana lakal hamdu kama yambaghi lijalaali wajhikal karimi wa’adzimi sulthanika.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Dengan pujian yang sesuai (sebanding) dengan nikmatnya dan menjamin ditambah nikmatnya. Ya Tuhan kami, segala puji bagi-Mu dan  segala apa yang patut atas keluhuran Dzat-Mu dan kemuliaan serta keagungan kuasa-Mu.”

4 dari 4 halaman

Contoh Undangan Tasyakuran

Bagi anda yang ingin melaksanakan acara tasyakuran dan bingung untuk membuat undangan tasyakuran, bisa lihat beberapa contoh undangan tasyakuran berikut ini:

1. Surat Undangan Tasyakuran Rumah Baru

Gani dan Jeni

Surabaya

 

Salam Sejahtera,

Supaya rumah baru kami ini dipenuhi dengan berkah, maka dibutuhkan doa-doa yang bagus untuk rumah baru. Melalui surat ini, kami sekeluarga ingin mengundang Bapak/Ibu untuk datang ke acara tasyakuran atau syukuran atas rumah baru kami. Acara tasyakuran ini dilakukan pada:

Hari/Tanggal: Jumat, 3 November 2023.

Waktu: Pukul 16.00 s/d selesai

Tempat: di rumah baru

Demikian surat undangan ini kami buat. Besar harapan kami agar Bapak/Ibu dapat hadir di acara tasyakuran rumah baru kami.

 

Hormat Kami,

Gani dan Jeni

 

2. Surat Undangan Tasyakuran Kelahiran Anak

Assalamualaikum Wr.Wb

Atas berkat dan ridho yang diberikan Allah SWT, kami sekeluarga mengundang Bapak/Ibu/Sdr/i untuk hadir dalam acara Aqiqah Tasyakuran kelahiran putra kami yang pertama yang bernama Anhar Putra pada 26 Oktober 2023. Acara tersebut Insya Allah akan hadir dilaksanakan pada:

Hari/tanggal: Minggu, 29 Oktober 2023

Waktu : 09.00 - Selesai

Tempat : Jln. Suka miskin No.236

Merupakan suatu kebahagiaan bagi kami sekeluarga apabila Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan untuk hadir dan bersama-sama memberikan doa keselamatan bagi putra kami. Atas kehadiran serta doa Bapak/Ibu /Saudara /i kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Hormat kami,

(Agus Mukhti)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat