uefau17.com

12 Makanan dan Minuman Pembersih Paru-Paru di Tengah Polusi Udara - Hot

, Jakarta Makanan dan minuman pembersih paru-paru di tengah polusi udara penting untuk anda ketahui. Tingginya polutan di DKI Jakarta dan sekitarnya membuat masyarakat mencari cara untuk meminimal efek samping udara yang terhidup oleh paru-paru.

Paru-paru merupakan organ yang memiliki peran sentral dalam sistem pernapasan manusia. Selain itu, semua sel dalam tubuh membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup dan agar bisa berfungsi dengan baik. Untuk itu, penting menjaga kesehatan paru-paru ditengah polusi udara di Jakarta yang masih berbahaya.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman herbal yang baik untuk kesehatan paru-paru, terutama bagi anda yang sering terpapar asap rokok dan polusi udara atau memiliki masalah pernapasan tertentu, seperti asma.

Berikut ulas mengenai makanan dan minuman pembersih paru-paru di tengah polusi udara di DKI Jakarta dan sekitarnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (31/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan Pembersih Paru-Paru di Tengah Polusi Udara

1. Kacang

Makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru berikutnya adalah kacang. Kacang memiliki kandungan folat yang rendah di mana dijadikan salah satu alasan kamu harus mengonsumsi kacang agar paru-paru selalu sehat.

Kacang kaya akan folat ini dapat mengurangi risiko berbagai gangguan yang berhubungan dengan paru-paru. Kamu bisa mencoba mengonsumsi aneka kacang-kacangan seperti kacang polong, almon, dan lain sebagainya.

2. Salmon

Makanan yang sebaiknya kamu makan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah salmon. Salmon memang sudah dikenal sebagai makanan super yang dapat mencegah paru-paru agar tidak terganggu.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega-3 yang dikaitkan dengan anti-inflamasi seluruh tubuh, termasuk paru-paru yang dapat mengurangi risiko asma. Mengonsumsi salmon secara rutin dipercaya dapat membantu meredakan gejala asma seperti sesak napas, demam, dan sakit kepala. Tak hanya salmon, makanan lain yang mengandung asam lemak omega-3 adalah tuna, kacang-kacangan, dan biji rami.

3. Jahe

Jahe juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Hal ini dikarenakan jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu membersihkan jalan napas dan detoksifikasi tubuh. Ini membantu membuang racun dari saluran pernapasan. Selain itu, jahe juga mengandung kurkumin yang bisa meringankan radang pada paru-paru.

4. Bawang Putih

Adanya kandungan flavonoid pada bawang putih membuat ia dipercaya bisa menjaga kesehatan paru-paru. Dimana bawang putih merangsang produksi enzim yang meningkatkan efisiensi tubuh dan paru-paru untuk menyingkirkan racun dan karsinogen.

Tak hanya itu, bawang putih juga mengandung zat yang bernama allicin. Zat ini bermanfaat untuk mencegah asma, membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada paru-paru. Tak hanya itu, bawang putih juga bersifat antioksidan, sehingga mampu untuk menghancurkan radikal bebas yang menempel di paru-paru.

5. Buah Beri

Selanjutnya datang dari aneka buah-buahan beri. Ya, kelompok buah beri seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan blackberry merupakan makanan super yang sangat baik untuk paru-paru. Pada kelompok buah beri ini dikemas dengan antioksidan, flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang melimpah. Jadi, bila kamu mengonsumsi aneka buah berry ini secara rutin, bisa bantu mengeluarkan zat karsinogen dari paru-paru, mencegah kanker, dan meringankan infeksi paru-paru.

6. Edamame

Kacang edamame mengandung senyawa yang disebut isoflavon. Makanan yang mengandung isoflavon dipercaya dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, termasuk COPD. Dikutip dari laman Healthline, sebuah penelitian pada 618 orang dewasa Jepang menemukan bahwa penderita PPOK memiliki asupan isoflavon makanan yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kelompok kontrol yang sehat. Terlebih lagi, asupan isoflavon secara signifikan dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik dan berkurangnya sesak napas.

3 dari 3 halaman

Minuman Pembersih Paru-Paru di Tengah Polusi Udara

7. Teh Hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya akibat menghirup asap atau polutan seperti asap rokok, asap pabrik, dan polutan berbahaya lainnya.

Mengutip dari laman Medical News Today, menjelaskan bahwa ada sebuah penelitian pada tahun 2018 yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya dua cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak meminumnya sama sekali.

8. Madu dengan Air Panas

Madu telah digunakan sejak zaman nenek moyang untuk menyembuhkan penyakit sistem pernapasan dan tenggorokan. Kamu pasti sudah banyak mendapat anjuran minum madu dengan air panas untuk mengatasi sistem pernapasan tersumbat. Meskipun hanya dilakukan pada hari-hari di mana kamu mengalami hidung tersumbat, hal ini juga dapat dilakukan setiap pagi untuk memastikan Anda tidak mengalami sakit tenggorokan atau batuk. Madu memiliki sifat anti-inflamasi yang membersihkan paru-paru dari polutan yang berbahaya dan bisa menghilangkan lendir.

9. Air Kayu Manis

Air kayu manis banyak khasiat penyembuhan dan antioksidan. Kayu manis memiliki komposisi yang hangat dan memberikan penyembuhan pada jaringan pada sistem pernapasan. Banyak masakan India yang berasal dari daerah utara India menggunakan kayu manis sebagai salah satu bahan utamanya. Hal ini karena kayu manis mencegah pembentukan lendir di paru-paru dan menjaga tulang serta otot tetap hangat dalam cuaca dingin. Meskipun kayu manis bersifat panas, kayu manis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan kerusakan pada paru-paru akibat asap rokok atau polutan berbahaya lainnya. Cara membuatnya adalah dengan merebus beberapa inci kayu manis dan meminumnya sebelum tidur dapat membantu detoksifikasi paru-paru.

10. Minuman Kunyit Jahe

Dunia rempah-rempah memiliki banyak sekali tumbuhan yang dapat berperan sebagai obat, salah satunya kunyit dan jahe. Kunyit telah digunakan sejak Mesir kuno sebagai obat dan salep. Komposisi anti-bakteri dan anti-inflamasinya dapat bermanfaat sebagai agen detoks yang ampuh untuk banyak penyakit salah satunya pada sistem pernapasan.

Sementara jahe juga memiliki kualitas serupa sehingga menjadikannya obat yang bagus untuk paru-paru dan usus. Jahe dan kunyit yang direbus bersamaan dalam air dengan sedikit madu akan menjadi minuman yang sangat bermanfaat yang dapat meredakan semua gejala penyakit batuk, pilek, dan flu dalam beberapa hari. Selain itu, meminum kunyit dan jahe yang direbus dalam susu juga dapat menghilangkan lendir serta membersihkan paru-paru dari polutan.

11. Teh Mulethi

Licorice atau mulethi merupakan tanaman tahunan yang ditemukan di sebagian besar hutan di India. Akar tanamannya memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan bagian kardiotoraks tubuh. Mulethi bekerja pada lendir di seluruh bagian tubuh. Fungsinya adalah mengatur pembentukan lendir di dalam tubuh. Dengan asap dan polusi, paru-paru mulai memproduksi lendir berlebih untuk membuang polutan sebagai proses pembersihan alami, namun seiring berjalannya waktu, lendir tersebut akan banyak dan menumpuk sehingga tidak bisa secara alami dikeluarkan oleh tubuh. Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi mulethi bisa membantu mengurangi efek polutan dan mengurangi pembentukan lendir di paru-paru. Dengan begitu, paru-paru mendapatkan detoksifikasi yang memungkinkan Anda bernapas lebih baik.

12. Smoothie Buah Apel, Bit, dan Wortel

Apel, bit, dan wortel adalah tiga komponen yang baik untuk kesehatan paru-paru. Buah apel yang dikonsumsi sehari sekali dapat menjauhkan penyakit paru-paru. Paru-paru selalu rentan terhadap stres oksidatif yang menyebabkan peradangan pada saluran udara paru-paru. Apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga bisa membantu menghilangkan stres dan meningkatkan fungsi paru-paru.

Sedangkan bit juga bermanfaat bagi paru-paru karena mengandung senyawa yang disebut nitrat, yang menjaga kinerja paru-paru tetap prima dan membantu kamu bernapas lebih baik. Wortel mirip dengan bit, yang memiliki vitamin A dan C serta likopen. Nutrisi ini bersifat antiinflamasi dan bisa menyembuhkan kerusakan paru-paru akibat polutan berbahaya. Cara membuatnya adalah dengan menggiling buah apel, bit, dan wortel menjadi smoothie untuk diminum setiap pagi, minuman ini dipercaya dapat mempercepat detoksifikasi paru-paru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat