uefau17.com

4 Alasan Baju Pramuka Berwarna Cokelat yang Jarang Diketahui, Ini Penjelasan Lengkapnya - Hot

, Jakarta Setiap tahun Hari Pramuka dirayakan pada 14 Agustus. Tahun ini Gerakan Pramuka Indonesia memasuki usia yang ke 62 tahun. Pramuka merupakan singkatan dari praja muda karana yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. 

Di Indonesia sendiri, seragam wajib pramuka yang harus dikenakan oleh siswa dari jenjang Sekolah Dasar atau SD hingga Sekolah Menengah Atas atau SMA adalah identik berwarna cokelat tua dan cokelat muda, scarf warna merah putih, serta topi baret. Keputusan pemilihan warna cokelat untuk seragam pramuka tersebut, diatur dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 174 tahun 2012 tentang Pakaian Seragam Pramuka. Namun, tahukah anda mengapa seragam pramuka berwarna cokelat?

Hal tersebut bukan tanpa alasan maupun maksud, seragam atau baju pramuka berwarna cokelat dipilih karena salah satunya representasi perjuangan semasa perang kemerdekaan Indonesia. Selain itu, masih ada alasan lain mengapa baju pramuka berwarna cokelat.

Berikut ulas mengenai alasan baju pramuka berwarna cokelat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mengingatkan Pakaian Perjuangan Kemerdekaan

Dikutip dari laman resmi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, menjelaskan bahwa seragam wajib gerakan Pramuka adalah berwarna cokelat muda dan cokelat tua. Warna tersebut dipilih dari salah satu warna yang banyak dipakai oleh para pejuang kita di masa perang kemerdekaan (1945-1949).

Oleh karena itu, untuk mengingat dan menghargai jasa para pejuang kemerdekaan dipilihlah warna cokelat sebagai warna seragam pramuka. Warna seragam pramuka yang berwarna cokelat juga akan selalu mengingatkan semangat juang para pejuang..

Pemilihan warna cokelat pada seragam pramuka secara resmi sudah tercantum dalam Bab 1 Pasal 5 Ayat b di dalam Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka. Tujuannya supaya anggota pramuka tidak akan pernah melupakan para pejuang kemerdekaan yang sudah berjuang untuk negaranya. Tidak hanya itu saja, tetapi juga harus menghargai, meneladani, dan meneruskan perjuangan para pejuang.

2. Warna Tunas Kelapa

Alasan seragam atau baju pramuka berwarna cokelat lainnya adalah mirip dengan warna tunas kelapa. Tunas kelapa sendiri merupakan lambang Gerakan Pramuka. Pemilihan warna tersebut yang sesuai dengan tunas kelapa merupakan ide dari Soenarjo  Atmodipuro. Soenarjo Atmodipuro merupakan tokoh pramuka dan sehari-harinya bekerja sebagai pegawai tertinggi di Departemen Pertanian (Kementerian Pertanian). Maka itu, sangat beralasan jika lambang tersebut dipilih karena dipengaruhi latar belakang profesinya.

Ada beberapa alasan kenapa tunas kelapa dipilih sebagai tanda pengenal resmi pramuka. Beberapa alasan tersebut adalah tunas kelapa diartikan sebagai tunas penerus bangsa. Sedangkan buah kelapa artinya buah yang bisa tahan lama dan menggambarkan sifat dari anggota pramuka yang kuat jasmani dan rohani. Atas dasar itulah diputuskan warna tunas kelapa yang berwarna cokelat dipilih sebagai dasar warna baju pramuka. 

3 dari 4 halaman

3. Inisiatif Bapak Pramuka

Alasan seragam atau baju pramuka berwarna cokelat lainnya adalah adanya inisiatif dari bapak Gerakan Pramuka di seluruh dunia yakni Robert Stephenson Smyth Baden Powell. Pada saat itu beliau sedang melakukan petualangan, dan dia sering melalui medan yang sangat sulit. Salah satu medan yang dilalui adalah medan berlumpur yang membuat bajunya berubah menjadi warna cokelat. 

Pengalaman ini membuatnya merasa bajunya sudah berubah warna akibat petualangan yang dilakukan. Oleh karena itu, warna cokelat dipilih sebagai warna baju pramuka agar saat melakukan kegiatan di luar ruangan tidak mudah terlihat kotor. 

4. Warna Tanah Air Indonesia

Alasan seragam atau baju pramuka berwarna cokelat lainnya adalah karena warna tanah air Indonesia. Hal ini karena sebagian besar orang Indonesia memaknai warna cokelat pada baju pramuka merupakan kiasan dari warna tanah dan air di Indonesia. Dimana warna cokelat muda pada baju pramuka mencerminkan air yang mengalir di seluruh wilayah Indonesia. 

Sedangkan warna cokelat tua pada celana ataupun rok menyiratkan warna tanah yang ada di Indonesia. Kiasan ini cukup masuk akal tetapi masih belum diakui secara resmi. Baju pramuka yang dipadukan dengan stang leher berwarna merah putih ternyata memiliki arti bahwa putra putri Ibu Pertiwi harus selalu siap sedia untuk mempertahankan kibaran bendera di tanah airnya. 

4 dari 4 halaman

Fungsi dan Tujuan Seragam Pramuka

Melansir dari laman resmi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, seragam atau baju pramuka memiliki fungsi sebagai sarana pendidikan dan identitas bagi anggotanya guna meningkatkan citra Gerakan Pramuka. Sedangkan untuk tujuannya yakni agar para anggota Gerakan Pramuka yang mengenakannya berakhlak sesuai Satya dan Darma Pramuka, memiliki jiwa korsa, dan berdisiplin.

Selain itu, sasaran dari penggunaan seragam pramuka adalah agar terwujudnya pemakaian pakaian seragam pramuka secara benar, terciptanya ketertiban dan keindahan, dan terciptanya rasa bangga menjadi anggota Gerakan Pramuka.

Perlu anda ketahui bahwa seragam pramuka yang lengkap baik untuk lak-laki dan perempuan, terdiri dari tutup kepala, baju pramuka, rok atau celana, setangan leher, ikat pinggang, kaos kaki, sepatu, dan tanda pengenal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat