uefau17.com

9 Cara Mengobati Telinga Berdengung Secara Alami, Aman dan Mudah Dilakukan - Hot

, Jakarta Telinga berdengung merupakan kondisi yang sering dialami. Meskipun kondisi ini bukan merupakan gangguan kesehatan yang berbahaya, namun telinga berdengung secara terus menerus dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Gangguan telinga berdengung ini disebut dengan istilah tinnitus yang kerap menimbulkan rasa tidak nyaman bagi para penderitanya. Tinnitus merupakan sensasi telinga berdengung yang bisa berlangsung dalam waktu yang lama atau dalam waktu singkat. Kondisi ini bisa terjadi di telinga bagian kanan maupun kiri. Tinnitus sendiri bukan suatu penyakit, melainkan hanya gangguan di dalam organ telinga yang disebabkan oleh kondisi tertentu.

Seseorang yang mengalami gangguan telinga berdengung, sebaiknya segera melakukan penanganan. Sebab bisa jadi telinga berdengung merupakan gejala atau tanda dari kondisi yang lebih serius. Ada berbagai cara mengobati telinga berdengung secara alami.

Berikut ulas mengenai cara mengobati telinga berdengung secara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membersihkan Kotoran di Liang Telinga

Cara mengobati telinga berdengung secara alami yang pertama adalah dengan membersihkan kotoran di liang telinga. Pada umumnya, penyebab telinga berdengung ada beragam, salah satunya kotoran telinga yang telah menumpuk. Kondisi jika tidak segara diatasi bisa meningkatkan risiko telinga mengalami penyakit tertentu.

Cara mengobati telinga berdengung karena kotoran telinga menumpuk adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Cara menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan telinga cukup mudah. Panaskan sedikit minyak kelapa dan gunakan pipet tetes untuk memasukkan minyak ke liang telinga. Setelah itu tunggu sekitar lima menit dan bersihkan menggunakan kapas pembersih telinga.

2. Menggunakan Alat Bantu Dengar

Dikutip dari laman Mayo Clininc, jika tinnitus Anda disebabkan oleh gangguan pendengaran akibat kebisingan atau terkait usia, menggunakan alat bantu dengar dapat membantu memperbaiki gejala Anda. Alat bantu dengar yang ditujukan bagi pasien dengan tinnitus ini dikenal dengan istilah masking hearing aid. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk menentukan jenis alat bantu dengar yang paling cocok untuk kondisi Anda.

3. Menggunakan Terapi Suara

Cara mengobati telinga berdengung yang berikutnya adalah dengan menggunakan terapi suara. Metode ini menggunakan suara dari luar untuk mengubah persepsi atau reaksi pasien terhadap munculnya suara denging. Terapi ini tidak menyembuhkan kondisi telinga berdenging sebelah kiri atau kanan secara khusus.

3 dari 4 halaman

4. Menguap

Cara mengobati telinga berdengung secara alami yang berikutnya adalah menguap. Cara ini dapat diterapkan dengan mudah di rumah. Dengan menguap dapat membantu anda mengobati telinga yang berdengung saat berkendara. Biasanya telinga berdengung karena berkendara disebabkan saat berada di dataran tinggi.

5. Atur Pernapasan

Cara mengobati telinga berdengung secara alami yang berikutnya adalah mengatur pernapasan. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil napas yang dalam, kemudian hembuskan secara perlahan melalui mulut tertutup sambil memencet atau menutup hidung (valsava manuver).

Dengan cara ini, tidak ada udara yang ditiup keluar, tapi Anda akan mendorong udara dengan lembut ke dalam tabung Eustachian. Jika Anda melakukan ini, Anda akan merasakan telinga Anda berbunyi ‘pop’ sebagai tanda bahwa udara didorong masuk ke dalam telinga bagian tengah.

6. Mengisap Permen

Cara mengobati telinga berdengung secara alami yang berikutnya adalah mengisap permen. Saat berkendara jauh dan telinga mulai berdengung, langkah cepat yang bisa anda lakukan adalah dengan mengisap permen. Hal ini dipercaya mampu mengeluarkan udara yang berada di telinga. Selain itu, mengisap permen saat pesawat mulai mendarat memungkinkan udara mengalir hingga tabung Eustachius. Ini juga berlaku saat Anda menelan, menguap, atau mengunyah. 

4 dari 4 halaman

7. Menghindari Suara Keras

Cara mengobati telinga berdengung secara alami yang berikutnya adalah menghindari suara yang sangat keras. Dengan mendengar atau terpapar suara yang keras akan menyebabkan seseorang mengalami hilang pendengaran atau tuli atau bahkan masalah telinga lainnya. Untuk itu, sebisa mungkin anda menghindari suara yang sangat keras seperti suara mesin berat atau alat konstruksi, suara tembakan, kecelakaan mobil, atau konser yang keras. Atur volume pada saat mendengarkan musik atau menelepon, jangan sampai terlalu keras atau terlalu lama.

8. Jangan Memakai Cotton Bud untuk Membersihkan Telinga

Cara mengobati telinga berdengung secara alami yang berikutnya adalah jangan menggunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran telinga yang tersumbat. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya sumbatan pada telinga, infeksi telinga, dan kerusakan telinga. Jangan masukkan apa pun ke dalam liang telinga Anda untuk mencegah iritasi atau bahaya pada telinga dalam. Hal ini tidak akan membantu mengatasi telinga berdenging. Jika telinga merasa berdengung secara terus menerus, maka segera periksakan ke dokter.

9. Tes Pencitraan (CT scan atau MRI)

Selanjutnya, cara mengobati telinga berdengung yang terakhir ini dilakukan jika memang dokter tidak bisa mengidentifikasi penyebab telinga berdengung dengan pemeriksaan fisik dan kondisi telinga berdengung terjadi secara terus menerus hingga mengganggu penderitanya. Dokter bisa melakukan cara mengobati telinga berdengung ini melalui bagian dalam tubuh pasien, tentunya untuk menemukan hal-hal yang bisa saja menjadi penyebab telinga berdengung. Dengan begitu, diharapkan penyebab telinga berdengung dapat segera diatasi. Setelah menemukan penyebab telinga berdengung, dokter akan memberikan penanganan dan obat untuk mengurangi frekuensi dengung yang dihasilkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat