uefau17.com

Bounce Pass Adalah Teknik Memberi Umpan dalam Basket, Begini Cara Melakukannya - Hot

, Jakarta Bounce pass adalah istilah yang sudah tak asing lagi di dunia olahraga terutama pada permainan bola basket. Bounce pass adalah memberikan umpan berupa bola kepada teman atau tim dengan cara bola dipantulkan terlebih dahulu. 

Bounce pass adalah salah satu teknik dasar passing dalam permainan bola basket. Teknik ini bisa digunakan ketika pemain bola basket bertanding dengan lawan yang mempunyai postur tubuh lebih tinggi darinya.

Oleh karena itu, untuk bisa menghadapi lawan yang memiliki postur lebih tinggi dari anda, maka sebaiknya dalam memberikan operan kepada tim anda atau teman anda menggunakan teknik bounce pass.

Agar lebih paham, berikut ulas mengenai definisi bounce pass dan cara melakukannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (10/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Definisi Bounce Pass

Bounce pass adalah teknik passing yang dilakukan dengan memantulkan bola ke bawah kemudian diterima oleh teman satu tim, teknik ini sebenarnya untuk menghindari hadangan lawan. Alasan menggunakan teknik bola basket ini sebenarnya sama dengan chest pass namun berbeda cara melakukannya.

Kata bounce pass sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti memantul. Maka bounce pass adalah memberikan bola ke kawan dengan cara dipantulkan ke tanah. Teorinya adalah memantulkan ke tanah dengan titik pantul 2/3 jarak kita ke target kawan.

Definisi lain menjelaskan bahwa bounce pass adalah teknik memberikan umpan dengan cara memantulkan bola ke lantai menggunakan kedua tangan. Teknik ini bisa digunakan ketika pemain bola basket bertanding dengan lawan yang mempunyai postur tubuh lebih tinggi darinya.

Oleh karena itu, untuk bisa menghadapi lawan yang memiliki postur lebih tinggi dari anda, maka sebaiknya dalam memberikan operan kepada tim anda atau teman anda menggunakan teknik bounce pass.

Teknik ini memungkinkan pemain dapat mengecoh pemain tim lain dengan memantulkan bola terlebih dahulu. Posisi kedua tangan dan tekanan dari telapak tangan menentukan arah dan kecepatan bola pada saat dioper. Teknik ini memang tidak memerlukan keahlian khusus, tetapi membutuhkan latihan yang rutin dan ketepatan yang tinggi sehingga bola tidak jatuh ke tangan lawan.

3 dari 6 halaman

Teknik Awal Melakukan Bounce Pass

Teknik awal untuk bisa melakukan bounce pass ini adalah dengan mengambil posisi berdiri tegak, kedua kaki agak dibuka agar mempunyai lingkat keseimbangan badan yang sangat baik yang dapat dibantu dengan dukungan sedikit menekukkan lutut dan mencondongkan badan agak ke depan.

Kemudian kedua tangan berada di depan dada dalam posisi siap dengan siku lengan agak ditekuk. Kedua tangan memegang dengan kuat bola tersebut di depan badan tepatnya di depan dada. Selain memagang bola dengan kuat dukungan lain adalah jari-jari tangan dibuka selebar mungkin untuk menutupi sebagian dari bola dengan cengkraman yang cukup kuat sehingga tidak mudah lepas dari kontrol tangan, sementara pandangan mata tertuju ke arah sasaran yang dituju.

4 dari 6 halaman

Cara Melakukan Bounce Pass

Dikutip dari Buku Olahraga Paling Lengkap (2016) karya Sukma Aji, terdapat beberapa cara melakukan bounce pass yang bisa ada lakukan, yakni:

  1. Metode pelaksanaan (sikap permulaan yang telah dijelaskan di atas) sama dengan operan setinggi dada.
  2. Buka kedua kaki selebar bahu.
  3. Tekuk kedua lutut sedikit.
  4. Bola dilepaskan atau didorong dengan tolakan dua tangan menyerong ke bawah dari letak badan lawan dengan jarak kira-kira 1/3 dari penerima.
  5. Pandangan mata ke arah bola yang dipantulkan, kemudian ke penerima.
  6. Bila berhadapan dengan lawan, maka sasaran pantulan bola berada di samping kanan atau kiri lawan.
  7. Luruskan kedua tangan setelah bola terlepas.
  8. Di akhir, posisi telapak tangan terbuka ke arah luar.
5 dari 6 halaman

Kesalahan yang Sering Terjadi Ketika Bounce Pass

Biasanya ada beberapa kealahan dalam penggunaan teknik bounce pass dalam permainan bola basket. Berikut ini kesalahan umum yang biasanya terjadi adalah:

  1. Posisi kaki yang tidak dibuka pada saat awalan dan kaki tidak maju saat memantulkan
  2. Jarak pantulan ke lantai terlalu jauh
  3. Kekuatan lemparan yang lemah dan terlalu keras
  4. Cara memegang bola yang salah dengan menggunakan seluruh bagian telapak tangan.
6 dari 6 halaman

Perbedaan Bounce Pass dan Chest Pass

Banyak orang yang mengira bahwa teknik chest pass sama dengan bounce pass, padahal keduanya memiliki makna dan cara yang berbeda. Chest pass adalah teknik passing yang dilakukan dengan posisi bola di depan dada, teknik ini biasanya menggunakan lemparan dua tangan dengan tujuan operan lurus terhadap teman yang satu tim. Teknik ini adalah salah satu teknik bola basket yang paling sederhana dengan tingkat akurasi paling tinggi ketika melakukan operan lurus kepada teman satu tim. Tips untuk menghindari gerakan yang terbaca oleh lawan adalah menggunakan gerakan tipuan.

Sedangkan bounce pass adalah teknik passing yang dilakukan dengan memantulkan bola ke bawah kemudian diterima oleh teman satu tim, teknik ini sebenarnya untuk menghindari hadangan lawan. Alasan menggunakan teknik bola basket ini sebenarnya sama dengan chest pass namun berbeda cara melakukannya. Kelebihan teknik ini adalah anda bisa mengecoh lawan dengan operan pantulan bola namun memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan chest pass yakni tidak bisa melakukan operan jauh karena laju bola tidak secepat chest pass dan sangat sulit untuk membuat pantulan hingga jarak jauh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat