uefau17.com

6 Fungsi Tulang Kering pada Tubuh Manusia, Lengkap Penyakit yang Menyerangnya - Hot

, Jakarta Fungsi tulang kering pada tubuh manusia sangatlah penting. Tulang kering atau biasa dikenal dengan tibia adalah satu dari dua tulang yang lebih besar dan lebih kuat yang berada di bawah lutut pada vertebrata (tulang yang satunya lagi adalah fibula), yang menghubungkan lutut dengan tulang pergelangan kaki. 

Secara umum, tulang kering ini dikenal sebagai tulang yang paling kuat dalam memikul beban berat, tibia dapat ditemukan di sebelah fibula. Termasuk tulang yang sangat penting pada tubuh manusia, fungsi tulang kering ada beragam, mulai dari penyambung antara lutut dan pergelangan pada manusia.

Dengan fungsi tulang kering pada tubuh manusia yang sangat penting tersebut, maka tulang ini juga tetap harus dijaga dan perlu diperhatikan kesehatannya. Sebab akan ada berbagai penyakit yang menyerang tulang kering.

Berikut ulas mengenai fungsi tulang kering dan penyakit yang menyerangnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Menyangga Otot Tungkai

Fungsi tulang kering atau tibia yang pertama yakni dapat menyangga otot yang berada di bagian tungkai kaki manusia. Adanya otot yang tertopang dengan baik, dapat membuat pergerakan kaki Anda menjadi lebih baik dan optimal.

2. Menyangga Berat Badan

Salah satu fungsi tulang kering bagi tubuh manusia yang lainnya adalah sebagai penyangga berat badan. Adanya tulang kering dalam kondisi yang sehat mampu membuat kaki Anda menjadi lebih kuat. Dengan memiliki kaki yang lebih kuat, maka dipastikan Anda akan mampu menopang berat badan dari tubuh Anda sendiri. Dengan begitu Anda akan dapat berdiri dengan posisi tubuh yang sempurna.

3. Dapat Menjaga Keseimbangan Tubuh

Tulang kering sangat berpengaruh pada beragam aktivitas yang dijalani oleh manusia. Dengan adanya tulang kering dalam kondisi sehat serta optimal akan membuat keseimbangan tubuh Anda terjaga. Tulang kering yang sehat akan membantu Anda untuk melakukan aktivitas antara lain seperti berlari, berjalan hingga melompat sehingga tidak membuat Anda gampang terjatuh.

3 dari 5 halaman

4. Menyambungkan Lutut dan Bagian Pergelangan Kaki

Fungsi tulang kering bagi tubuh manusia yang berikutnya adalah sebagai penyambung lutut dengan bagian pergelangan kaki. Tersambungnya lutut dan pergelangan kaki membuat Anda dapat menggerakkan pergelangan kaki. Selain itu, adanya tulang kering yang menyambungkan lutut dan pergelangan kaki juga mampu membuat pergerakannya menjadi lebih baik serta optimal.

5. Sebagai Alat Penggerak Pergelangan Kaki

Fungsi tulang kering yang selanjutnya adalah sebagai alat penggerak pergelangan kaki. Sebab, kondisi tulang kering akan memengaruhi pergerakan bebas dari pergelangan kaki manusia. Dengan memiliki tulang kering dalam kondisi yang sehat dan optimal, maka Anda akan mampu menggerakan pergelangan kaki lebih bebas.

6. Memberikan Stabilitas

Dikutip dari buku berjudul Pertolongan Pertama Kondisi Kegawatdaruratan Prehospital oleh Ns. Bayu Akbar Khayudin M.Kep, fungsi tulang kering yang selanjutnya adalah memberikan stabilitas untuk kaki bagian bawah. Ini artinya memberikan daya ungkit bagi kaki untuk mendorong tubuh melalui gerakan dan memfasilitasi gerak, seperti berjalan, berlari, memanjat, menendang, dan lain-lain.

4 dari 5 halaman

Keberadaan Tulang Kering

Dikutip dari buku berjudul Pertolongan Pertama Kondisi Kegawatdaruratan Prehospital oleh Ns. Bayu Akbar Khayudin M.Kep, tulang kering atau tibia adalah tulang panjang utama pada kaki bagian bawah. Posisi tepatnya yakni di bawah lutut dan sepanjang bagian depan kaki.

Tulang kering ini pada tubuh manusia hanya berjumlah dua. Tulang tibia merupakan kerangka yang utama dari tungkai bawah dan terletak medial dari tulang betis. Tulang kering juga merupakan tulang pipa dengan sebuah batang dan dua kali ujung. Tulang ini berisi sumsum merah yang kaya akan darah merah.

5 dari 5 halaman

Penyakit yang Menyerang Tulang Kering

Ada beberapa kondisi yang dapat menyerang tulang kering anda, mulai dari:

1. Bidai Tulang Keting atau Shin Splints

Adalah nyeri karena kerusakan otot di sepanjang tulang kering. Dua kelompok otot di tulang kering sangat peka terhadap shin splints. Lokasi nyerinya sendiri tergantung kepada kelompok otot yang terkena. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya dorongan yang sangat kuat dari otot betis, sehingga dapat melukai otot tulang kering.

2. Displasia Fibrosa

Displasia fibrosa merupakan gangguan tulang berupa tumor jinak yang bersifat nonkanker. Biasanya, penderita akan mengalami pertumbuhan jaringan fibrosa secara abnorlam yang menggantikan tulang normal.

3. Cedera Tulang

Penyakit lainnya adalah cedera tulang. Kondisi ini mampu membuat fungsi dari tulang kering menurun. Biasanya kondisi ini akan terjadi akibat adanya aktivitas meningkat sehingga memungkinkan otot, sendi dan juga jaringan tulang dipaksa bekerja terlalu keras.

4. Fraktur Stres atau Retak

Fraktur stres merupakan retakan kecil yang terjadi pada tulang karena kondisi otot yang terlalu lelah atau otot terlalu sering digunakan. Kondisi ini menyebabkan otot tidak sanggup lagi menerima tekanan tambahan.

Sehingga, akan memberikan tekanan ke tulang dan menyebabkan retakan kecil yang dapat memicu sakit pada tulang kering. Adapun gejala umum yang ditimbulkan karena penyakit fraktur stres di antaranya pembengkakan, tulang kering sakit jika disentuh, ditekan, atau mendapat beban, dan nyeri berpekanjangan.

5. Osteoporosis

Kondisi berikutnya adalah osteoporosis. Gangguan kesehatan ini merupakan kondisi tulang yang kekurangan kalsium sehingga menjadi rapuh. Pada nantinya, tulang kering yang mengalami osteoporosis akan lebih mudah patah pada usia tua atau lanjut usia. Maka asupan kalsium sangat perlu diperhatikan sejak dini supaya dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat