uefau17.com

Faktor yang Memengaruhi Durasi Keluarnya Hasil Tes RT-PCR, Begini Prosesnya - Hot

, Jakarta Seiring berbagai pelonggaran yang dilakukan selama penerapan PPKM, perjalanan domestik pun kembali ramai. Perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara menetapkan kewajiban tes RT-PCR sebagai syarat untuk setiap orang boleh melakukan perjalanan.

Seperti yang telah diketahui, tidak seperti tes antigen tes RT-PCR COVID-19 membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengetahui hasilnya. Tes antigen biasanya akan keluar hasilnya cukup dengan menunggu tidak lebih dari 2 jam. 

Sementara itu, durasi keluarnya hasil tes RT-PCR bisa memakan waktu 1x24 jam. Hal ini tidak terlepas dari proses dan berbagai faktor yang memengaruhinya. Sehingga tes RT-PCR membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengetahui hasilnya. Namun, hal ini tentunya sejalan dengan hasilnya uang membuat metoden tes menjadi tes yang paling sensitif terhadap virus COVID-19.

Berikut rangkum dari covid19.go.id, Minggu (31/10/2021) tentang faktor yang memengaruhi durasi keluarnya hasil tes RT-PCR.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses Keluarnya Hasil RT-PCR

Dilansir dari covid.19.go.id, keluarnya hasil tes RT-PCR memang membutuhkan proses yang cukup panjang. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan, durasi keluarnya hasil tes adalah dalam waktu 1x24 jam yang mengacu SE Satgas No. 21 Tahun 2021 beserta Addendumnya.

Wiku juga menjelaskan, durasi keluarnya hasil tes RT-PCR ini membutuhkan beberapa proses. Proses keluarnya hasil RT-PCR tersebut di antaranya adalah:

- Pengambilan sampel

- Distribusi ke laboratorium

- Tahapan ekstraksi dan perbanyakan materi genetik

- Mengetahui CT Value

Hal ini dijelaskan oleh Wiku saat menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers di Graha BNPB, Kamis (28/10/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

3 dari 3 halaman

Faktor yang Memengaruhi Durasi Keluarnya Hasil Tes RT-PCR

Selain proses yang panjang, ada beberapa faktor lainnya yang memengaruhi durasi keluarnya hasil diagnostik. Beberapa faktor yang memengaruhi durasi keluarnya hasil RT-PCR tersebut adalah:

- Proses pengambilan sampel

- Antrian orang yang melakukan tes

Kedua faktor inilah yang akan memengaruhi apakah hasil tes akan keluar lebih cepat atau bisa lebih lama. Oleh karena itu, penggunaan tes RT-PCR sebagai syarat perjalanan ini perlu diperhatikan oleh masyarakat dalam beraktivitas. Pasalnya, aturan mobilitas yang ditetapkan adalah bentuk upaya Pemerintah agar masyarakat tetap berhati-hati beraktivitas produktif di tengah pandemi COVID-19.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat