uefau17.com

Apa itu Copywriting? Pengertian dan Bedanya dengan Content Writing - Hot

, Jakarta Apa itu copywriting merupakan bagian penting dalam periklanan. Produk copywriting mencoba membuat orang merasakan, berpikir, atau merespons sesuatu. Apa itu copywriting bisa menjadi alat promosi yang efektif. 

Apa itu copywriting adalah salah satu elemen paling penting dari setiap dan semua bentuk pemasaran dan periklanan. Pendek dan manis adalah salah satu ciri dari apa itu copywriting.

Copywriting yang baik adalah tulang punggung pemasaran konten yang sukses. Apa itu copywriting merupakan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas tinggi. Apa itu copywriting adalah seni dan ilmu untuk menyampaikan kata-kata secara strategis.

Berikut pengertian tentang apa itu copywriting, keistimewaan, dan bedanya dengan content writing, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu(9/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu copywriting?

Copywriting adalah tindakan atau pekerjaan menulis teks untuk tujuan periklanan atau bentuk pemasaran lainnya. Menurut The Balance, apa itu copywriting adalah keahlian menulis pesan persuasif yang mendorong orang untuk mengambil sebuah tindakan.

Copywriting adalah keterampilan (juga bidang pekerjaan) menulis promosi penjualan dan materi pemasaran lainnya untuk produk, layanan, kampanye penggalangan dana, dan banyak lagi. Inti dari pekerjaan copywriting adalah membujuk orang untuk mengambil tindakan, apakah itu membeli sesuatu, memasukkan alamat email, menyumbangkan uang, atau mengklik tombol.

Copywriter adalah pekerjaan yang membutuhkan kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa untuk meyakinkan pembaca agar mengambil tindakan, baik itu membeli produk, menggunakan jasa, atau terlibat dengan perusahaan. Sehari-hari, copywriter ditugaskan untuk menulis salinan yang jelas dan ringkas untuk iklan, materi pemasaran, dan situs web, untuk hampir semua audiens dan industri apa pun.

Produk copywriter disebut copy. Sasaran copywriter adalah meningkatkan kesadaran merek melalui teks yang pendek dan menarik. Teks copywriter sebagian besar diterbitkan di media sosial. Tetapi copywriter juga dapat menulis headline yang menarik, iklan majalah, atau skrip radio.

 

3 dari 6 halaman

Keistimewaan copy writing

Copywriting jauh berbeda dari penulisan biasa, seperti menulis artikel, posting blog, atau konten lainnya. Copywriting yang efektif berfungsi untuk mendorong tanggapan dan meningkatkan pembelian. Copywriting seperti ajakan bertindak, tetapi dalam skala yang lebih besar.

Melansir Blog Hubspot, apa itu copywriting terdiri dari kata-kata, baik tertulis atau lisan, yang digunakan pemasar untuk mencoba membuat orang mengambil tindakan setelah membaca atau mendengarnya. Copywriter mencoba membuat orang merasakan, berpikir, atau merespons.

Copywriting yang efektif ditujukan kepada audiens tertentu, menawarkan manfaat unik dan bukti kuat untuk apa yang dijual, dan pada akhirnya memandu pembaca untuk mengambil tindakan. Copywriting diperlukan di sebagian besar bisnis untuk materi pemasaran produk, layanan, kampanye penggalangan dana, dan banyak lagi.

 

4 dari 6 halaman

Perbedaan copywriting dan content writing

Tujuan

Perbedaan terbesar antara copywriting dan content writing terletak pada tujuannya. Copywriting adalah seni menjual ide, merek, atau ideologi kepada orang lain. Copywriting bersifat advertorial karena tujuannya adalah untuk mendorong pembaca agar menggunakan produk dan / atau layanan. Tujuan utama copywriter adalah membujuk pembaca sementara content writer adalah menginformasikan pembaca.

Gaya tulisan

Gaya tulisan copywriter biasanya singkat namun harus mampu menarik pembacanya untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Sementara tulisan content writer lebih panjang dan berisi informasi yang informatif. Content writer juga biasanya harus memiliki kemampuan menulis dengan baik sesuai kaidah penulisan jurnalistik.

5 dari 6 halaman

Perbedaan copywriting dan content writing

Panjang tulisan

Salah satu perbedaan utama antara copywriter dan penulis konten adalah panjang tulisan mereka. Di satu sisi, copywriter mengkhususkan diri pada konten pendek yang dapat meningkatkan kesadaran merek. Sementara content writer, membuat artikel atau posting blog yang biasanya lebih panjang karena bertujuan menginformasi pembaca.

Jenis tulisan

Copywriter berfokus pada jenis tulisan iklan yang bisa berisi promosi hingga slogan. Jenis-jenis tulisan yang dihasilkan copywriter seperti iklan, slogan, konten media sosial, konten website, kampanye email, skrip iklan televisi atau radio, skrip video, siaran pers, katalog, baliho, brosur, dan banyak lagi. Sementara content writer lebih fokus pada jenis tulisan panjang seperti blog, artikel koran, majalan, email buletin, buku, posting media sosial, podcast, dan banyak lagi.

6 dari 6 halaman

Perbedaan copywriting dan content writing

Fokus SEO

Content writer biasanya dipekerjakan untuk meningkatkan traffic website. Ini membuat content writer lebih berfokus pada SEO. Search engine optimization (SEO) adalah serangkaian proses untuk membantu meningkatkan trafik sebuah situs. Sementara seorang copywriter juga perlu menguasai SEO untuk membuat promosi yang menarik dan pengunjung baru. Namun, content writer akan lebih berfokus pada penekanan konten SEO.

Perbedaan strategi

Karena conten writer lebih sering membuat konten panjang SEO, hasil pekerjaan content writer biasanya masuk dalam strategi jangka panjang. Konten tidak selalu mudah diukur dalam jangka pendek. Strategi konten yang bagus, terutama SEO biasanya membutuhkan waktu untuk mendapatkan trafik. Sementara strategi copywriter biasanya bersifat jangka pendek. Copywriter memiliki strategi konten yang bisa menaikkan perhatian secara instan dan cepat.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat