uefau17.com

Tak Selalu Buruk, Ini 6 Manfaat Konsumsi Air Es Bagi Kesehatan - Hot

, Jakarta Memastikan tubuh tetap terhidrasi penting dilakukan. Cara paling sederhana menghidrasi tubuh adalah minum air putih. Biasanya air putih yang diminum berkisar pada suhu normal, hangat atau bahkan dingin. Beberapa orang percaya bahwa minum air dingin atau air es adalah kebiasaan buruk yang sebenarnya dapat membahayakan kesehatan jangka panjang.

Keyakinan ini didasarkan pada gagasan bahwa minum air es membuat perut sakit, sehingga lebih sulit untuk mencerna makanan setelah makan. Beberapa orang juga percaya bahwa tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu internal 37 ° C jika minum air yang mendekati suhu es, atau kurang dari 4 ° C.

Dalam pengobatan Tiongkok kuno, minum air es dengan makanan panas dianggap menciptakan ketidakseimbangan. Biasanya, makanan dalam budaya Cina disajikan dengan air hangat atau teh panas. Keyakinan ini tercermin dalam beberapa budaya lain di seluruh dunia.

Minum air es memang terbukti akan menimbulkan migrain atau flu. Namun, air es tak selalu buruk. Ada beberapa manfaat yang didapat saat minum air es. Berikut manfaat air es yang berhasil dari berbagai sumber, Rabu (14/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Turunkan Berat Badan

Minum air putih sebagai pengganti minuman manis baik untuk pencernaan dan menjaga berat badan yang sehat. Minum air yang dingin sebenarnya dapat membantu membakar beberapa kalori ekstra saat tubuh mencernanya karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu intinya.

Minum air hangat atau suhu ruangan tidak mendukung pembakaran kalori ekstra karena sudah sesuai dengan suhu tubuh dan mudah diserap dalam tubuh. Jika Anda bosan mengonsumsi air es tawar, Anda bisa menambahkan buah atau sayuran sebagai infused water.

3 dari 7 halaman

Cepat Kembalikan Energi

Minum air dingin selama olahraga dapat membantu menjaga tubuh rasa lelah dan gerah. Ini mungkin karena minum air dingin memudahkan tubuh mempertahankan suhu inti yang lebih rendah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum air dingin selama olagraga dapat meningkatkan kinerja dan daya tahan seseorang.

Sebagai contoh, sebuah studi tahun 2012 yang melibatkan 45 pria yang sehat secara fisik menemukan bahwa minum air dingin selama olahraga secara signifikan mengurangi kenaikan suhu tubuh inti dibandingkan dengan air suhu ruang.

Air dingin menyerap panas dan mendinginkan tubuh dari dalam. Air dingin melawan dehidrasi lebih cepat daripada air hangat, karena ia meninggalkan perut dan dengan cepat memasuki aliran darah.

4 dari 7 halaman

Tingkatkan Metabolisme

Studi dan banyak praktisi kesehatan telah mengungkapkan bahwa laju metabolisme yang cepat adalah indikator kesehatan yang baik. Air dingin meningkatkan laju metabolisme. Jadi, mitos bahwa minum air dingin menyebabkan perut kesulitan mencerna makanan sebaiknya tak perlu dipercaya.

Studi terbaru di berbagai jurnal kesehatan menyatakan bahwa minum air dingin mempercepat proses yang mengaktifkan mekanisme yang menyebabkan pembakaran kalori untuk tujuan menghasilkan panas dalam tubuh. Minum air dingin secara teratur dapat membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh.

5 dari 7 halaman

Meningkatkan Mood

Setelah menghabiskan berjam-jam di bawah sinar matahari langsung, sesi olahraga keras, dan aktivitas luar ruangan yang menghasilkan keringat, Tubuh memerlukan segelas air dingin untuk menyegarkan suasana hati. Ada daerah-daerah tertentu di lobus temporal otak manusia; terutama bertanggung jawab untuk suasana hati; yang bisa dirangsang dengan minum air dingin.

Ini juga merupakan alasan mengapa orang yang berperilaku agresif ditawari segelas air dingin, karena memicu hormon bahagia dalam tubuh dan mendinginkan agresi. Minum air dingin juga bisa merangsang produksi adrenalin. Adrenalin membantu Anda tetap waspada dan siap secara mental.

Penelitian telah menunjukkan bahwa selain kafein, minum air dingin membantu tubuh tetap fokus pada pikiran. Memiliki pikiran yang waspada dengan produksi adrenalin yang lebih baik, mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih cepat.

6 dari 7 halaman

Manfaat Kecantikan

Air dingin mempercepat proses pencerahan alami dan membantu membentuk tekstur kulit yang halus. Asupan air dingin mendorong darah mengalir ke permukaan kulit memberikan cahaya yang sehat dan pori-pori yang lebih kecil.

Telah terbukti secara ilmiah bahwa air dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kecerahan wajah dan tubuh. Air dingin dapat menyegarkan kulit wajah dan menjadi botox alami yang mampu mencegah penuaan dini. Membuat kulit lebih kencang serta mengurangi kerutan di wajah.

7 dari 7 halaman

Tingkatkan Hormon

Hormon adalah zat kimia paling penting yang diproduksi dalam tubuh manusia oleh berbagai kelenjar. Studi terbaru mengungkapkan bahwa minum air dingin memiliki dampak positif pada hormon dalam tubuh, khususnya testosteron dan estrogen.

Testosteron paling sering dikaitkan dengan dorongan seksual, dan memainkan peran penting dalam produksi sperma. Ini juga mempengaruhi massa tulang dan otot, cara pria menyimpan lemak dalam tubuh, dan bahkan produksi sel darah merah.

Sementara estrogen adalah sekelompok hormon seks yang mempromosikan pengembangan dan pemeliharaan karakteristik wanita dalam tubuh manusia. Air dingin sangat membantu dalam mempertahankan kehidupan seks yang baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat